5 Jurusan Kuliah Yang Sepi Peminat Tapi Sangat Menjanjikan


5 Jurusan Kuliah Yang Sepi Peminat Tapi Sangat Menjanjikan

5 Jurusan Kuliah Yang Sepi Peminat Tapi Sangat Menjanjikan - Banyak yang tidak menyadari bahwa memilih jurusan kuliah yang populer justru memperkecil kemungkinan kita untuk diterima.Belum lagi nanti lulusannya akan banyak banget sehingga persaingan untuk lapangan kerja pun makin sempit.

Sebenarnya di Indonesia masih banyak jurusan kuliah yang menjanjikan dan masih sepi peminatnya.Dengan masuk ke jurusan seperti ini bukan hanya peluang diterima kuliahnya yang lebih besar tapi juga peluang untuk bekerja di bidang itu, karena lulusannya enggak banyak.

Kebanyakan calon mahasiswa baru saat ditanya mengenai rencana kuliah lebih cenderung menyebut jurusan-jurusan yang termasuk favorit, misalnya kedokteran, teknik, farmasi, dan ilmu politik.Tapi, jurusan favorit tersebut belum tentu menjamin masa depan yang lebih baik atau mendapatkan gaji yang lebih besar loh.

Mungkin kita tidak pernah menduga sebelumnya bahwa jurusan-jurusan yang saya share ini memiliki potensi yang besar dalam lima tahun kedepan.Tidak hanya itu lulusan dari jurusan ini juga akan mendapat gaji yang tinggi lebih dari lulusan lainnya,keren kan..?

Ini dia 5 jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan masa depan ;

1.PETERNAKAN

5 Jurusan Kuliah Yang Sepi Peminat Tapi Sangat Menjanjikan

Program Studi Ilmu Peternakan mempelajari semua kegiatan terkait peternakan.Mahasiswa nantinya akan mempelajari tentang Teknologi produksi,Teknologi Pakan,Teknologi Pengolahan,serta Manajemen dan perencanaan usaha.Tidak hanya itu saja kita juga bisa mewujudkan usaha peternakan yang berkelanjutan.

Besar sekali manfaat dan prospek kerja yang sangat luas bagi lulusan ilmu peternakan.Setelah menjadi Sarjana Peternakan, kita bisa bekerja di Industri Produksi Peternakan, Industri Pakan Ternak, Industri Obat Hewan, Industri Pengolahan Pangan Asal Ternak, dan Industri Pengelolaan Limbah.
Peluang kerja di instansi pemerintahan juga sangat luas, antara lain di Kementerian Pertanian, Kementerian Koperasi, Kementerian Perindustrian, Kementerian Lingkungan Hidup, Lembaga Pendidikan, dan Lembaga Riset.Selain itu, lulusan dapat berkiprah di Wildlife dan Agrowisata, Perbankan, Koperasi, Media Masa, Konsultan Agrobisnis, dan Konsultan Lingkungan.


2.KEHUTANAN

5 Jurusan Kuliah Yang Sepi Peminat Tapi Sangat Menjanjikan

Banyak orang berpikir bahwa prospek kerja bidang kehutanan kurang cerah.Lapangan kerja lulusan jurusan kehutanan dipandang sangat kurang sehingga jurusan kehutanan kurang diminati oleh pelajar-pelajar yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Kenyataannya, hutan Indonesia masih ada, walaupun hampir seluruhnya berada di dalam kawasan konservasi dan hutan-hutan tanaman industri. Pada bagian-bagian hutan ini banyak lulusan jurusan kehutanan dapat mengarahkan masa depannya.


Institut Pertanian Bogor memiliki berbagai study pemintaan yang kebanyakan memang condong ke ilmu alam, beberapa orang mungkin meremehkan, namun jangan salah ternyata mereka memiliki prospek yang bagus di masa yang akan datang,seperti diantaranya adalah bidang studi kehutanan. 

Kamu mungkin bertanya-tanya apa pentingnya belajar ilmu kehutanan, bahkan mungkin nantinya kita hanya akan bekerja di dalam hutan dengan binatang yang menemani, jangan salah ternyata kajian yang satu ini memiliki prospek yang sangat bagus,diantaranya :

Birokrat 
Pegawai Negeri Sipil (PNS) di:
  • Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK)
  • Dinas Kehutanan Provinsi/Kabupaten/Kota
  • Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS).
  • Di kehutanan juga mempelajari tentang konservasi tanah dan air looh. Makanya ntar bisa kerja di BPDAS.
  • Instansi pemerintah lainnya 
BUMN (Badan Usaha Milik Negara)
  • Perum Perhutani
  • PT. Inhutani
BUMS (Badan Usaha Milik Swasta)
  • BUMS Kehutanan dan agro lainnya
  • BUMS bidang non Kehutanan
Wirausahawan
  • Pengusaha kayu/pemilik industri kayu
  • Pengusaha hutan (HPH/HTI/RE)
  • Pengusaha wisata alam
  • Mmebel/furniture
  • Pengusaha ukiran kayu
  • Pengusaha air minum (sumber dari mata air di hutan yang dikomersilkan)
Akademisi
  • Dosen
  • Guru di SMK Kehutanan
Konsultan kehutanan
Salah satu contohnya adalah CV. Kurnia Sylva, sebuah perusahaan Konsultan Kehutanan milik Bapak Poedji Churniawan (Iwan), alumni FKT UGM angkatan 1986.


3.TEKNOLOGI PANGAN

5 Jurusan Kuliah Yang Sepi Peminat Tapi Sangat Menjanjikan

Teknologi Pangan adalah salah satu jurusan kuliah yang belakangan ini sedang naik daun.Selain karena prospek industri teknologi memang semakin menjanjikan, juga karena industri makanan lagi ngetren.Pertumbuhan populasi dunia pun semakin tinggi, sementara zaman sekarang, jarang banget ada orang yang setiap hari makan makanan yang langsung dicomot dari kebon, alias nggak melewati proses pengolahan dulu.Nah, proses pengolahan pangan itulah bidangnya mahasiswa Teknologi Pangan.

Secara umum, ilmu teknologi pangan mempelajari segala proses pengolahan bahan pangan menjadi makanan yang bisa dikonsumsi. Proses yang disebut meliputi sortasi, pengawetan, pengemasan, distribusi, dengan menjaga dan memastikan hasil akhir aman untuk dikonsumsi dan tetap bergizi.

Fokus utama dari ilmu teknologi pangan ialah pada panganan dalam kemasan.Meski demikian, kamu juga akan mendapat pengetahuan soal proses panganan lainnya.

Kemampuan lulusan program studi Teknologi Pangan dalam mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu dan teknologi pangan mencakup:
  1. Karakterisasi bahan pangan
  2. Pemilihan bahan baku industri pangan
  3. Analisis bahan dan produk pangan, evaluasi gizi dan komponen fungsional bahan pangan
  4. Pengembangan formulasi produk pangan termasuk pangan fungsional
  5. Pemisahan, pemurnian dan isolasi komponen bahan pangan khususnya komponen bioaktif pangan
  6. Pengawasan dan jaminan mutu pangan
  7. Perancangan dan evaluasi unit operasi pengolahan pangan beserta peralatannya
  8. Perancangan proses dan lay out industri pangan (perancangan pabrik industri pangan)
  9. Penulisan ilmiah dan dapat mempublikasikannya.
Dengan kualifikasi yang dimilikinya, lulusan program studi Teknologi Pangan diperlukan untuk menempati berbagai posisi penting baik di pemerintahan maupun swasta, antara lain:
  • Staf Pengembang Produk (R and D),
  • Processing Enggineer,
  • Wirausaha,
  • Staf Quality Control,
  • Akademisi.

4.ILMU TANAH

5 Jurusan Kuliah Yang Sepi Peminat Tapi Sangat Menjanjikan

Ilmu tanah adalah pengkajian terhadap tanah sebagai sumber daya alam. Dalam ilmu ini dipelajari berbagai aspek tentang tanah, seperti pembentukan, klasifikasi, pemetaan, berbagai karakteristik fisik, kimiawi, biologis, kesuburannya, sekaligus mengenai pemanfaatan dan pengelolaannya.

Di Jurusan Ilmu Tanah ini kita tentunya akan belajar tentang Ilmu Tanah dan hal-hal yang bersangkutan dengan tanah maupun pertanian. Misalnya, Irigasi lahan pertanian, cuaca dan iklim, klasifikasi tanah, mikrobiologi tanah, kimia analitik, geologi dan mineralogy, pemetaan lahan,dll. 

Belajar Ilmu Tanah ini termasuk mengasyikan terutama untuk kamu yang suka pendakian dan field trip. Karena di Ilmu Tanah ini kita akan banyak melakukan field trip atau perjalanan ke lapangan untuk mengambil sampel tanah (yang selanjutnya akan diteliti di laboratorium), penelitian lahan, penelitian cuaca/iklim, atau pemetaan lahan.

Secara sederhana, posisi ilmu tanah berada pada 2 konsentrasi keilmuan, yaitu termasuk dalam bidang ilmu kebumian (satu rumpun dengan Geologi & Geografi) dan bidang ilmu pertanian.Mata kuliah yang didapat juga terbagi pada dua konsentrasi tersebut.Sehingga seorang sarjana pertanian jurusan ilmu tanah cukup lengkap membekali dirinya dengan kedua konsentrasi tersebut.

Lulusan dapat bekerja di bidang Pertanian, Badan Pertanahan, Perkebunan, Surveyor Tanah, Peneliti, Departemen Lingkungan Hidup, Departemen Pertanian, Departemen Kehutanan, Pertambangan, Perusahaan Swasta, dosen/staf pengajar, dll.


5.ILMU PERPUSTAKAAN

5 Jurusan Kuliah Yang Sepi Peminat Tapi Sangat Menjanjikan

Saat mendengar ilmu perpustakaan pasti dalam pikiran kita terbayang sebuah ruangan berisi penuh buku dan sepi.Tapi bayangan itu pasti akan berubah ketika kita tahu apa saja yang kita pelajari disini.Jurusan ini nggak cuma mempelajari tentang buku aja.Karena ilmu perpustakaan ingin menjadikan lulusannya tidak hanya ahli di bidang perpustakaan tetapi lebih tepatnya menjadi seorang yang dapat mengolah dan menyampaikan informasi dengan kemasan yang lebih modern. Sehingga banyak mata kuliah yang menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan ilmu perpustakaan sendiri.

Mata kuliah yang dipelajari dalam prodi ini antara lain : Manajemen perpus, komunikasi informasi, katalogisasi, ilmu dokumentasi, pengantar ilmu perpustakaan, ilmu dokumentasi, preservasi dan konservasi, pengantar ilmu informasi, temu kembali informasi, kemas ulang informasi, English for librarian. Karena saat ini zaman sudah makin berkembang sehingga banyak matakuliah yang menyesuaikan dengan berkembangnya zaman seperti : Teknologi informasi, Computer Operating Sistem (Linux, DOS, Windows), temu balik elektronik, aplikasi database, automasi pusdokinfo, manajemen sistem informasi, perencanaan dan design perpus, design web, dan multimedia.

Prospek Lulusan ;
Jadi lulusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi nggak usah takut nganggur.Jangankan nganggur, belum lulus saja sudah banyak tawaran untuk kerja disana-sini.Makanya nggak heran ada beberapa mahasiswa ilmu perpustakaan yang keasyikan kerja sampe lupa skripsi.

Banyak sekali bidang-bidang keahlian yang nantinya akan kita kuasai ketika lulus dari jurusan ini.Maka dari itu prospek kerja lulusan Jurusan ini sangat beragam dan banyak dibutuhkan di instansi pemerintah, swasta tingkat nasional dan internasional, dan jika kemampuan bahasa asing cukup baik, bisa mendapat kesempatan untuk bekerja di perusahaan asing dalam negeri maupun luar negeri.

Jadi PNS-pun juga oke banget, karena lulusan jurusan ilmu perpustakaan adalah salah satu lulusan yang paling dimanja di instansi pemerintah, selain mendapat kemungkinan untuk disekolahkan kembali (S2 di dalam atau luar negeri), pustakawan mendapat intensif tunjangan kelangkaan profesi loh.

Hanya itu saja dulu ya guys yang bisa saya share,semoga bermanfaat.Jangan pernah takut apalagi malu untuk mengambil jurusan-jurusan yang sedikit peminatnya.Intinya sedikit peminat berarti sedikit persaingan di masa depan,tetap semangat menggapai mimpi.

“Menulis buat saya dapat merangsang pemikiran, jadi tetaplah menulis dan lawan keterbatasan walau sedikit kemungkinan”.

Bagikan Artikel

Baca Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Bagaimana Isi Artikel Ini..??