Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

No Comments
Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan - Apakah kamu pernah mengalami radang tenggorokan? Faringitis atau sakit tenggorokan dapat disebabkan karena infeksi bakteri dan virus seperti pada kasus pilek.
Secara alamiah, kekebalan tubuh terhadap sakit tenggorokan baru terbentuk ketika kita dewasa, sehingga umumnya penyakit satu ini banyak menyerang pada anak-anak dan remaja.

Gejala Sakit Tenggorokan

  • Sakit kepala.
  • Pembesaran kelenjar pada leher.
  • Tonsil/amandel yang membengkakakibat radang.
  • Nyeri otot.
  • Batuk.
  • Hidung beringus.
  • Iritasi.
  • Gatal di tenggorokan.

Penyebab Sakit Tenggorokan

Ada banyak sekali bakteri dan virus yang menjadi penyebab sakit tenggorokan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya seperti:
  • Parainfluenza virus, coronavirus, dan rhinovirus (penyebab-penyebab paling umum)
  • Virus influenza tipe A dan tipe B yang juga sering menyebabkan pilek/flu
  • Adenovirus yang sering pula menyebabkan radang mata
  • Virus herpes tipe 1 sebagai penyebab luka melepuh di sekitar bibir
  • Beberapa tipe bakteri streptokokal sebagai penyebab infeksi streptokokal
  • Virus Epstein Bar (EBV) sebagai penyebab demam kelenjar
  • Cacar air
  • Difteri: penyakit pernapasan parah.
Sebetulnya sakit tenggorokan yang kamu alami akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3-4 hari tanpa konsumsi obat,beda tipis dengan cara meredakan sakit gigi hehehe. Namun apabila gejala yang muncul sangat menganggu aktivitas, berikut ada beberapa obat sakit tenggorokan alami yang bisa kamu coba:

Obat Alami Sakit Tenggorokan

1.Buah Pisang
Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Ketika radang tenggorokan menyerang pastinya untuk menelan makanan sangat sakit. Beberapa dokter menyarankan agar kamu mengonsumsi makanan lembut terlebih dulu. Salah satu makanan lembut kaya nutrisi yang direkomendasikan adalah buah pisang.

Selain memiliki tekstur lembut, buah pisang juga memiliki kandungan potasium tinggi yang sudah terbukti mampu mengurangi peradangan, menangkal radikal bebas, dan bahkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Agar tak bosan mengonsumsinya, kamu bisa juga membuat jus buah pisang.

2.Teh Jahe
Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Minum teh saja sudah nikmat apalagi jika ditambah dengan jahe. Jahe memiliki sifat ekspektoran, yang berarti membantu melonggarkan dan mengeluarkan lendir dari sistem pernapasan Anda (termasuk lendir ekstra di tenggorokan). Jahe meningkatkan oksigen ke sel-sel, membilas racun, dan mempercepat proses penyembuhan. Caranya anda potong satu inci jahe yang telah dimemarkan lalu rebus kurang lebih selama tiga menit. Campurkan jahe tersebut dengan teh yang telah dibuat sebelumnya. Lalu nikmati.

3.Bawang Putih
Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Anda mungkin menghindari makan bawang putih karena selain rasanya yang aneh jika dimakan mentah, namun juga bisa menimbulkan bau mulut tak sedap. Namun bawang putih adalah obat alami yang ampuh mengobati radang tenggorokan. Bawang putih mengandung allicin, senyawa yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan radang dan melawan kuman yang menyebabkan rasa sakit dan iritasi. Caranya cukup mudah, iris bawang putih secukupnya lalu gigit dan hisap sari yang keluar dari bawang putih. Lakukan secukupnya, sekali dalam satu hari.

4.Air Garam
Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Cara lain untuk mengatasi rasa sakit dan peradangan di tenggorokan yakni berkumur dengan air garam hangat. Air hangat akan memiliki efek menenangkan pada tenggorokan dan garam akan membantu membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan. Caranya: Tambahkan setengah sendok teh garam ke gelas kecil berisi air hangat. Aduk merata hingga garam larut. Lalu berkumurlah dengan larutan ini selama beberapa detik dan kemudian buang. Lakukan hal ini secara rutin selama beberapa hari.

5.Kayu Manis Bubuk
Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Kayu manis juga dapat membantu mengobati radang tenggorokan. Mengandung sifat antimikroba dan anti-inflamasi kuat untuk meringankan radang tenggorokan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar pulih lebih cepat. Caranya: Masukkah setengah sendok makan bubuk kayu manis ke dalam cangkir air panas mendidih. Biarkan campuran selama 10 menit. Campurkan satu sendok teh madu. Lalu minum ramuan ini 3-4 kali dalam sehari hingga sembuh.

6.Jeruk Lemon
Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Jeruk lemon sangat kaya manfaat, mulai sebagai antioksidan, mengobati gangguan asam lambung, mencegah sesak nafas, dan juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit tenggorokan secara alami. Kandungan astringen di dalam buah lemon dapat meredakan dan mengobati sakit tenggorokan. Cara pemanfaatannya mudah, yaitu campurkan 1 sendok teh air perasan lemon ke dalam segelas air matang. Perasan air lemon dapat membantu meredakan inflamasi dan membantu membunuh kuman-kuman di tenggorokan. Selain itu juga ampuh menghilangkan lendir pada tenggorokan sama seperti jeruk nipis, yang mana biasanya tenggorokan akan segera terasa lega begitu dahak dapat dikeluarkan

7.Madu
Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Madu dipercaya dan telah diteliti mengandung sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur yang tentunya dapat membantu tubuh melawan infeksi kuman di tenggorokan, oleh karenanya cocok untuk mengobati panas dalam maupun jenis sakit tenggorokan lainnya. Cara meminumnya mudah, campurkan satu sendok makan madu dengan segelas air hangat (jangan air panas karena akan merusak nutrisi madu). Bila suka, Anda juga dapat coba mencampurnya dengan air teh atau perasan lemon. Konsumsi secara teratur sehari 2-3 kali hingga sakit tenggorokannya sembuh.

8.Mengkonsumsi Sup Ayam
Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Ketika anda mendengar kata sup ayam, mungkin terkesan makanan yang biasa saja. Tapi anda perlu tahu bahwa sup ayam memiliki manfaat yang sangat baik untuk menenangkan radang tenggorokan. Hal ini lantaran kaldu ayam mengandung zat bernama natrium yang mempunyai sifat anti-inflamasi yang mampu mengurangi radang tenggorokan. Selain karena zat natrium yang berguna untuk menyembuhkan radang, mengkonsumsi sup yama membantu meringankan kerja tenggorokan untuk menelan dan meringankan rasa sakitnya.

9.Kunyit
Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Selain sebagai bumbu untuk para ibu memasak, kunyit juga bisa menjadi salah satu ramuan yang ampuh untuk menumpas rasa sakit di tenggorokan. Bahan tambahan untuk mengolah kunyit menjadi obat sangat mudah di temukan. Bahan yang harus Anda siapkan seperti 2 ruas jari kunyit, 1 sdt garam. Caranya dengan, kupas kunyit hingga bersih, potong dengan halus, siapkan air 300 ml. Siapkan kompor, dan panci. Rebus kunyit tambahkan garam. Setelah mendidih diamkan hingga air rebusan menjadi hangat. Kumur dengan menggunakan air rebusan secara teratur 3 hingga 4 kali sehari.

10.Perbanyak Minum Air Putih
Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Yang terakhir namun sangat penting adalah memastikan agar tubuh Anda tidak kekurangan cairan. Minum air yang cukup akan membuat mukosa atau dinding tenggorokan Anda selalu lembap, mengencerkan dahak bila terdapat dahak yang kental dan membantu tubuh melawan infeksi kuman. Minumlah air sehingga warna urin tetap kuning muda atau jernih. Untuk menjaga agar tidak jatuh ke dalam keadaan dehidrasi, Anda tidak melulu harus minum air putih, namun juga boleh minum air teh, air dari makanan seperti sup atau juga susu, terserah Anda.
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar