Sabtu, 08 April 2017

Mengatasi Mata Merah Secara Alami

Mengatasi Mata Merah Secara Alami

Mata merah atau belekan bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti iritasi, infeksi, debu atau bahkan luka. Yang terpenting saat terjadi mata merah adalah untuk menahan diri tidak menguceknya dan cari obatnya.Jika kamu ragu menggunakan obat mata yang ada di pasaran, ada alternatif lain yang jauh lebih aman yaitu cara mengatasi mata merah secara alami dan belekan tanpa obat. Siapa tahu saja cocok dan benar-benar ampuh.

Tapi ingat, kalau dalam beberapa hari tidak sembuh-sembuh juga, jangan ragu untuk segera memeriksakannya ke Dokter, siapa tahu saja penyakit pada mata kamu sudah terlanjur parah. Dan pengobatan mata secara alami dianggap sudah tidak bisa lagi untuk mengatasinya.

Penyebab mata merah :
Penyebab mata merah yang paling sering adalah karena pembuluh darah pada permukaan mata meradang. Hal ini biasanya disebabkan karena iritasi akibat:
  • Udara yang panas/kering
  • Terpapar sinar matahari
  • Debu
  • Reaksi alergi
  • Influenza
  • Bakteri dan virus
  • Batuk.
Mata yang lelah atau Anda dalam kondisi batuk dapat menyebabkan suatu kondisi gangguan mata yang dikenal sebagai perdarahan subkonjungtival. Ketika ini terjadi, bercak darah akan muncul pada mata. Meskipun kondisi ini tampak serius, jika tidak disertai rasa nyeri, biasanya akan sembuh sendiri atau jernih kembali dalam waktu paling lama 10 hari.



Ada 5 bahan yang mudah di dapat dan alami yang biasa digunakan untuk mengatasi mata merah ;


1.Air Susu Murni
Mengatasi Mata Merah Secara Alami

Susu murni yang merupakan senjata mujarab dalam mengatasi masalah mata merah dan gatal. Caranya dengan menggunakan kapas dan berikan beberapa tetes susu murni. Kemudian, taruh kapas yang telah diberikan susu murni di bagian mata selama waktu yang ditentukan. Sebaiknya lakukan cara ini secara rutin supaya mata yang tadinya teriritasi bisa sembuh seperti sedia kala.


2.Air Sirih
Mengatasi Mata Merah Secara Alami

Air rebusan sirih yang dikenal sebagai kaya akan manfaat kesehatan sekaligus untuk obat gangguan pada indera penglihatan mata. Cukup merebus air rebusan dari daun sirih ke dalam air yang bersih. Tunggu hingga mendidih atau tinggal setengahnya saja. Kemudian, berikan air rebusan tersebt untuk membersihkan mata akibat iritasi tertentu. Ada baiknya cara ini diterapkan secara rutin sampai mata merah benar-benar sembuh.

3.Air Mawar
Mengatasi Mata Merah Secara Alami

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan air mawar. Cara ini merupakan cara peraktis dan efektif untuk mengobati mata merah. Caranya sangat mudah sekali yaitu anda cuci mata anda dengan air mawar 2 sampai 3 kali dalam sehari, maka mata merah akan hilang secara perlahan.

4.Mentimun
Mengatasi Mata Merah Secara Alami

Mentimun juga bisa Anda manfaatkan untuk memberikan kenyamanan pada mata merah Anda. Caranya, letakkan irisan mentimun pada kedua mata yang telah ditutup. Irisan mentimun tersebut akan memberikan rasa sejuk pada mata. Selain itu, Anda yang memiliki masalah dengan mata panda juga bisa memperoleh manfaat mentimun untuk menghilangkan mata panda di kedua mata Anda.

5.Lidah Buaya
Mengatasi Mata Merah Secara Alami

Lidah buaya adalah bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk meredakan mata merah. Caranya, campurkan gel lidah buaya dengan air dingin. Kemudian gunakan campuran gel lidah buaya dan air tersebut untuk mencuci mata merah. Kandungan antiseptik pada lidah buaya akan mencegah iritasi yang lebih parah. Selain itu, sensasi dingin dari lidah buaya akan memberikan rasa nyaman sekaligus meredakan rasa panas sebagai salah satu gejala dari mata merah.

Demikianlah cara mengatasi mata merah secara alami yang mudah dan murah didapatkan. Dengan selalu menjaga kelembaban dan kebersihan mata juga bisa menghindari mata dari berbagai infeksi dan iritasi. Oleh sebab itu selalu membersihkan mata akan aman bagi kesehatannya, jika perlu gunakan obat tetes mata yang bisa dibawa kemana-mana dan bisa digunakan kapan saja sebagai pertolongan pertama ketika terjadi iritasi ringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar