Mengatasi Mata Merah Secara Alami

No Comments
Mengatasi Mata Merah Secara Alami

Mengatasi Mata Merah Secara Alami - Mata merah atau sering disebut belekan biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti infeksi, iritasi, debu atau bahkan karena luka. Yang terpenting saat terjadi penyakit mata merah adalah agar menahan diri untuk tidak menguceknya dan mencari obatnya. Jika kamu ragu menggunakan berbagai obat mata yang dijual di pasaran, ada alternatif lain nih yang mungkin bisa mengobati mata merah kamu. Simak ulasan berikut ya, tentang cara mengatasi mata merah menggunakan bahan-bahan alami.

Tapi perlu diingat jika dalam beberapa hari tidak membaik atau gak sembuh-sembuh juga, jangan ragu lagi untuk segera memeriksanya ke dokter untuk menghindari hal-hal yang terlanjur parah. Atau jika pengobatan mata secara alami sudah sudah tidak mampu untuk mengatasinya.

Penyebab mata merah

Biasanya penyebab mata merah beragam, tetapi yang paling sering terjadi adalah karena pembuluh darah yang terletak dipermukaan mata menjadi meradang. Hal seperti ini biasanya disebabkan oleh adanya iritasi akibat:
  • Suhu udara yang panas / kering
  • Terpapar langsung oleh sinar matahari
  • Debu / polusi udara
  • Bisa juga sebagai reaksi alergi
  • Influenza
  • Virus atau bakteri
  • Batuk berkepanjangan
Mata dalam kondisi lelah atau Anda dalam kondisi sakit seperti batuk juga dapat menyebabkan suatu kondisi gangguan pada mata yang dikenal dengan sebutan pendarahan subkonjungtival. Ketika hal ini terjadi, bercak darah akan terlihat atau muncul pada mata. Meskipun kondisi seperti ini tampak serius, jika tidak disertai oleh rasa nyeri, biasanya akan sembuh dengan sendirinya atau mata akan jernih kembali dalam beberapa hari saja.

Obat Alami Mata Merah

1.Air Susu Murni
Mengatasi Mata Merah Secara Alami

Mengatasi mata merah secara alami menggunakan susu murni bisa menjadi salah satu solusi yang baik. Susu murni ini merupakan senjata yang mujarab dalam mengatasi mata merah dan juga mata gatal. Caranya dengan memakai kapas bersih yang diteteskan dengan susu murni. Kemudian, letakkan kapas bersih yang telah diteteskan susu murni tersebut pada bagian mata selama beberapa menit. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2.Air Sirih
Mengatasi Mata Merah Secara Alami

Cara mengatasi mata merah secara alami selanjutnya yaitu dengan menggunakan air sirih. Air rebusan sirih dikenal sangat kaya akan manfaat untuk kesehatan sekaligus untuk obat yang sangat mujarab untuk mata merah. Caranya juga cukup mudah, cukup merebus daun sirih dengan air, tunggu hingga rebusan daun sirih mendidih atau airnya tinggal setengahnya saja. Kemudian, air rebusan sirih tersebut digunakan untuk membilas atau membersihkan mata merah kamu dengan bantuan kain yang bersih. Lakukan secara rutin agar mata merah kamu cepat kembali normal.

3.Air Mawar
Mengatasi Mata Merah Secara Alami

Cara selanjutnya untuk mengatasi mata merah secara alami yaitu dengan memanfaatkan air mawar. Cara ini juga merupakan cara cara yang praktis dan sangat efektif untuk mengatasi mata merah. Caranya juga sangat mudah sekali yakni dengan mencuci mata merah kamu dengan air mawar. Lakukan hingga 2 sampai 3 kali dalam sehari agar mata merah kamu cepat pulih kembali.

4.Mentimun
Mengatasi Mata Merah Secara Alami

Mentimun juga bisa kamu manfaatkan untuk mengobati mata merah Anda. Caranya sangat mudah yaitu, letakkan irisan tipis mentimun pada kedua mata yang posisinya tertutup. Irisan mentimun itu akan memberikan rasa adem pada mata. Selain itu, Anda yang mempunyai masalah mata lainnya seperti mata panda juga bisa mendapatkan manfaat mentimun untuk memudarkan mata panda pada kedua mata Anda.
Baca Juga : Cara Mengatasi Mulut Kering Dengan Obat Rumahan
5.Lidah Buaya
Mengatasi Mata Merah Secara Alami

Lidah buaya merupakan bahan alami berikutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi mata merah. Caranya, campurkan gel lidah buaya dengan air yang dingin. Kemudian cuci mata Anda menggunakan campuran air dingin dengan gel lidah buaya tadi. Kandungan antiseptik yang ada pada lidah buaya berfungsi untuk mencegah iritasi yang parah. Selain itu, sensasi dingin yang bersumber dari lidah buaya akan memberikan rasa sejuk dan nyaman sekaligus menurunkan rasa panas yang biasa terjadi sebagai salah satu gejala mata merah.

Itulah cara mengatasi mata merah secara alami yang sangat mudah dilakukan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kelembaban atau kebersihan mata agar terhindar dari berbagai gangguan mata, terutama iritasi mata atau mata merah. Untuk berjaga-jaga, selalu sediakan obat tetes mata yang bisa dibawa kemanapun Anda pergi sebagai pertolongan pertama jika mengalami iritasi atau mata merah.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Mengatasi Mata Merah Secara Alami. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar