Obat alami cacar air

No Comments
Obat alami cacar air
Cacar air
Obat alami cacar air - Cacar air secara medis disebut varisela, umumnya diderita oleh anak-anak berusia di bawah 10 tahun. Penyakit ini juga bisa menyerang orang dewasa dan umumnya gejala yang muncul lebih berat daripada anak-anak. Hampir semua orang dewasa yang pernah mengidap cacar air tidak akan tertular lagi.

Penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster ini umumnya ditandai dengan kemunculan ruam pada kulit sebagai gejala utamanya. Ruam tersebut akan berubah menjadi bintil merah berisi cairan yang terasa gatal yang kemudian akan mengering, menjadi koreng, dan terkelupas dalam waktu 7 hingga 14 hari. Bagian-bagian tubuh yang biasa ditumbuhi bintil cacar air adalah wajah, belakang telinga, kulit kepala, dada, perut, lengan, serta kaki.

Proses perjalanan virus Varicella zoster masuk ke tubuh penderita umumnya adalah melalui saluran dan rongga pernafasan bagian atas, setelah itu virus mulai bergerak dengan cara multifikasi atau memperbanyak diri, kemudian menyebar ke seluruh jaringan yang merupakan saluran dari darah dan getah bening.Bila penderita tidak memiliki sistem imunintas (kekebalan tubuh) dan daya tahan tubuh yang kurang baik maka virus akan menyebar keseluruh tubuh terutama pada bagian kulit dan mukosa.

Masa inkubasi cacar air mulai dari proses masuknya virus Varicella zoster kedalam tubuh sampai timbulnya gejala dan ciri khas umumnya berkisaran antara 2-3 minggu, namun semua sangat tergantung pada kondisi tubuh penderita.

BACA JUGA : CARA MENGATASI SAKIT TENGGOROKAN

Tanda awal atau (prodromal) pada penderita cacar air pada anak-anak adalah timbulnya rasa sakit kepala, demam, lemah, lesu, dan nyeri sendi selama beberapa hari, setelah itu muncullah bercak- bercak pada kulit atau seperti bisul yang berisi air dengan dinding yang tipis (plentingan) yang umumnya muncul di bagian perut, dada, dan punggung, kemudian diikui dibagian anggota gerak tubuh dan wajah.

Sedangkan masa inkubasi untuk orang dewasa ternyata bisa lebih parah, dimana temperature suhu tubuh bisa naik sampai 35-40 derajat celcius, dimana pada waktu tertentu disertai dengan perasaan menggigil, badan terasa sakit semua seperti habis dipukuli, terasa nyeri diseluruh persendian tubuh, masa ini bisa berlangsung sekitar 1 minggu.

Setelah itu muncullah ruam, bercak atau plentingan pada beberapa bagian tubuh dalam jumlah yang sedikit, namun seiring dengan perjalanan waktu plentingan tersebut semain banyak dan biasanya hampir memenuhi seluruh tubuh, termasuk bagian mata, rongga mulut, hidung, dan telinga. Bisa juga terjadi komplikasi jika memang parah.

Penyakit cacar air yang ditangani dengan cepat dan tepat dapat sembuh dalam waktu 2-3 minggu, namun untuk proses penghilangan bekas plentingan biasanya dibutuhkan waktu tambahan waktu 2 minggu lagi.Berikut saya share beberapa obat alami untuk cacar air yang mudah didapat : 

Obat Alami Cacar Air

1.Jagung muda
Obat alami cacar air
Salah satu cara mengobati penyakit cacar air adalah dengan menggunakan jagung muda atau yang di sebut "janten". Cara ini alami, aman dan ampuh karena saya sendiri juga telah membuktikannya.

Pada saat saya terkena penyakit cacar air atau cangkrang ini, kedua orang tua saya mencarikan obat untuk menyembuhkan penyakit ini, kemudian oleh salah seorang tetangga saya di beri tahu untuk mengobati penyakit cacar air ini dengan menggunakan jagung muda.

Cara menggunakannya :
  • Pertama kita siapkan bahannya yaitu jagung muda secukupnya.
  • Kemudian pisahkan antara jagung dan batang jagung (bahasa jawanya janggel) dan haluskan dengan di blender atau di tumbuk (bagi yang tidak punya blender).
  • Setelah itu oleskan ke seluruh tubuh sampai merata, usahakan juga agak tebal agar lebih cepat penyerapan sari-sari jagung dalam kulit.
  • Biarkan sampai kering dengan sendirinya dan jangan di bersihkan sebelum kering.
2.Jus buah mengkudu
Obat alami cacar air

Kandungan mengkudu telah terbukti baik dan membuatnya dijadikan obat dari berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, liver, dan gangguan fungsi empedu. Buah dan daun mengkudu juga dijadikan sebagai obat cacar air dan sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Namun bagaimana cara pengolahan yang baik agar kita dapat mengambil manfaat daun dan buah mengkudu secara maksimal?

Pertama-tama, siapkan 2 buah mengkudu matang yang ukurannya sedang.
Setelah itu, blender dengan menambahkan sedikit air saja, saring dan buang ampasnya. Anda juga bisa menggunakan parutan. Parut buah mengkudu, peras hingga habis air sarinya, lalu buang ampas buahnya. Atau, anda bisa menggunakan mesin juicer agar dapat langsung mendapat sari buahnya.

Minum air sari buah mengkudu tersebut 2-3 kali sehari sebanyak setengah gelas saja. Untuk anak-anak, jika kesulitan membuat anak-anak meminumnya karena rasanya yang pahit, bisa ditambahkan madu agar rasa pahitnya sedikit berkurang.

Untuk daun mengkudu, ambil beberapa lembar daun mengkudu yang masih muda atau yang berada di pucuk ranting. Cuci hingga bersih, lalu tumbuk hingga halus. Setelah itu, tambahkan garam sejumput saja. Tempelkan pada ruam-ruam di permukaan kulit hingga kering. Ulangi setiap sehabis mandi air hangat.

3.Temulawak
Obat alami cacar air

Temulawak sudah tidak asing lagi bagi kita.Tanaman yang termasuk dalam keluarga jahe-jahean ini banyak tumbuh di pulau Jawa, Kalimantan, dan Maluku. Umbi temulawak berwarna kuning gelap atau coklat muda dengan ukuran tertentu, bau harumnya khas, dan rasanya sedikit pahit namun agak pedas.
Temulawak memiliki beberapa kandungan senyawa kimia yang berfungsi sebagai obat cacar air. Kandungan tersebut antara lain minyak atsiri, kamfer, glukosida, dan karbinol sebagai acnevulgaris atau anti ruam.
Selain itu terdapat pula kurkumin sebagai anti inflamasi (anti radang) dan anti hepototoksik (anti racun). Lalu ada juga fellandrean dan turmerol sebagai minyak penguap sebagai ‘pemanas’ ruam cacar air agar cepat pecah dan kering.

Cara menggunakannya :
Ambil sebanyak 15 gram kencur, 15 gram asam jawa, dan air sebanyak 600ml. Lalu cuci hingga bersih, dan potong kecil-kecil kencur tadi. Setelah itu, campurkan ketiga bahan tadi dan rebus hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Nah, ramuan tadi bisa Anda minum sebanyak 2-3 kali sehari.

4.Kacang hijau
Obat alami cacar air

Dengan menggunakan kacang hijau juga akan membuat cacar air menjadi cepat kering. Caranya adalah dengan merendam kacang hijau secukupnya kemudian ditumbuk halus. Tumbukan kacang hijau tersebut dibalur keseluruh badan yang terdapat cacar air. Diamkan hingga kering beberapa saat lalu bersihkan badan dengan air.

Itulah beberapa macam obat untuk cacar air secara alami yang bisa anda gunakan di rumah. Masing-masing akan memiliki keberhasilan yang berbeda-beda, tergantung dengan tingkat keparahan dari penyakit cacar air, penyebaran bentol atau bintil cacar air dan juga tingkat ketelatenan dalam melakukan pengobatan menggunakan berbagai macam seperti yang telah disebutkan di atas.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Obat alami cacar air. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar