Sabtu, 06 Mei 2017

Ini Dia Cara Jitu Mengatasi Susah Tidur

Ini Dia Cara Jitu Mengatasi Susah Tidur

Tidur merupakan aktivitas yang cukup penting bagi tubuh kita, tanpa tidur anda akan mengalami berbagai macam gangguan kesehatan.

Seperti yang telah diungkapkan oleh para peneliti di Chicago University Amerika Serikat, seseorang yang tidak tidur secara 3 hari berturut-turut, sistem hormonal dan metabolisme mereka akan mengalami gangguan.

Tidak hanya sampai disitu saja, penelitian tersebut juga menyimpulkan bahwa seseorang yang kurang tidur akan lebih beresiko terkena penyakit jantung (penyakit pembunuh nomor 1 di dunia).

Memang tidur merupakan hal yang cukup sepele, namun bagi sebagian masyarakat tidur sangatlah berharga sekali, khusunya bagi mereka yang mengalami insmonia.Seperti saya misalnya,meski memiliki kamar yang nyaman dengan pendingin yang memadai, waktu yang juga luang, tidur tak juga bisa didapat.

Penyakit susah tidur yang dikenal dengan insomnia ini memang bukan gangguan sembarangan. Ada yang bilang insomnia sebenarnya bukan penyakit,itu hanyalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur (mudah atau sering terbangun) walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional tubuh saat bangun.

Penyebab insomnia umumnya berupa stres, faktor psikologis, perubahan jam kerja, salah minum obat atau pengaruh obat tertentu dan sebagainya. Meski mungkin banyak yang menganggap tidur masalah sepele, jika sudah menjadi gangguan, kesulitan tidur ini bisa berbahaya. Mereka yang kurang tidur sudah jelas memengaruhi kesehatannya. Selain itu, tidur sebenarnya juga obat.

Berikut adalah kiat ringan untuk membantu siapa saja yang mengalami susah tidur ;

1. Cek alat-alat elektronik

Begitu sibuknya sampai kita menjadikan kamar tidur sekaligus tempat kerja. Komputer dipasang juga di dalam kamar. Begitu pun dengan televisi. Mungkin kedua alat elektronik ini telah mengganggu tidur kita. Karena itu, jika hendak tidur matikan alat elektronik terlebih dulu.

Perlengkapan elektronik yang berada di kamar tak hanya dua benda itu. Kita memiliki telepon seluler di mana kita tak bisa mengontrol panggilan atau pesan yang masuk. Kadang meski bunyi nada panggil sudah dimatikan, cahaya berkilat-kilat dari layar handphone itu bisa mengganggu. Apalagi ada handphone yang memiliki lampu standby yang berkedip setiap saat. Karena itu, letakkan alat komunikasi itu pada posisi yang tak akan mengganggu kita tidur.


2. Kurangi cahaya berlebihan

Menurut salah satu jurnal kesehatan yang berasal dari Amerika Serikat, sekitar 40 % penduduk negara tersebut mengalami susah tidur akibat gemerlap lampu. Bahkan survey tersebut juga menyebutkan bahwa 10 % orang yang tidur dengan lampu menyala, mereka akan lebih beresiko terkena penyakit-penyakit tertentu.

Maka dari itu mengurangi cahaya lampu bisa menjadi cara mengatasi sulit tidur yang efektif. Bila perlu matikan lampu tidur Anda agar bisa mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Selain itu perhatikan pula tirai jendela yang ada di kamar Anda, pastikan tirai tersebut selalu tertutup agar cahaya kendaraan dari luar tidak menyebabkan tidur Anda menjadi terganggu.


3. Hindari makan sebelum tidur

Makan merupakan hal sepele, tetapi saya sarankan Anda tidak makan 45 menit sebelum tidur. Sebab ketika makanan yang Anda konsumsi masuk kedalam tubuh, perut akan lebih aktif dalam mencerna makanan tersebut.Sehingga munculah gejala insomnia atau sulit tidur.

Ada baiknya Anda hindari makan minimal 60 menit sebelum tidur malam. Sebagai gantinya, silahkan konsumsi 4 gelas air putih saja.


4. Perhatikan kesegaran udara

Kersegaran udara sangatlah menentukan kualitas tidur Anda. udara yang kotor dan penuh dengan polusi sangatlah buruk bagi kualitas tidur, bahkan bisa menyebabkan gangguan sistem pernapasan.

Sangat penting kirannya Anda selalu menjaga kesegaran udara. Apabila kamar Anda tertutup rapat, silahkan buka sedikit jendela agar oksigen segar bisa masuk kedalam kamar.

Lebih baik lagi apabila Anda juga mengatasi susah tidur dengan alat pembersih udara. Dengan menggunakan alat tersebut selama 30 menit saja, Anda akan mendapatkan kualitas tidur yang sebenarnya.


5. Coba teknik pernapasan

Mungkin waktu kecil kita diajarkan untuk menghitung domba jika sulit tidur, namun kadang cara ini tidak ampuh untuk beberapa orang.Mungkin teknik pernafasan ini bisa dicoba.

Ada teknik pernafasan yang disebut 4-7-8 teknik yang membantu untuk tidur lebih cepat. Yang harus dilakukan adalah untuk pertama bernapas dalam melalui hidung selama 4 detik, kemudian tahan napas selama 7 detik, dan kemudian meniup udara keluar dari mulut Anda selama 8 detik. Kamu akan segera jatuh tertidur dalam waktu kurang dari 15 detik, setelah mengulangi metode ini tiga kali.


6. Olahraga yang teratur

Dengan olahraga yang teratur telah terbukti bisa meningkatkan kualitas tidur, selama anda melakukannya jangan terlalu dekat dengan waktu tidur anda. Biasanya olahraga yang saya lakukan sebelum tidur yaitu push-up atau sit-up aja, karena akan membuat tidur menjadi lebih nyaman.


7. Hindari tidur dengan hewan peliharaan dan anak-anak

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Mayo Clinic Dr John Shepard menemukan bahwa sekitar 53 persen pemilik hewan peliharaan yang tidur dengan hewan peliharaan mereka akan mengalami gangguan tidur setiap malam. Selain itu, sekitar 80 persen orang dewasa yang tidur bersama anak-anak akan mengalami kesulitan mendapatkan tidur malam yang baik.

Oleh karena itu di luar negeri, sejak kecil anak-anak sudah memiliki box tempat tidur dan kamar mereka sendiri. Hal ini bukan hanya untuk membuat orang dewasa bisa memiliki tidur berkualitas, tetapi juga melatih sikap mandiri dan toleransi pada anak.


8. Perhatikan posisi tidur dan bantal

Posisi terbaik saat tidur adalah telentang. Posisi ini akan menjaga tulang belakang dan leher kamu pada garis lurus, sehingga mampu mengurangi ketegangan dan mencegah terjadinya kram. Saat akan tidur, posisikan bantal kamu untuk menjaga agar leher dan tulang belakang tetap sejajar. jangan sampai tertidur dengan posisi leher tertekuk atau tengkurap.


9. Mandi air hangat

Setelah seharian beraktivitas, janganlah langsung tidur terlebih dahulu, sempatkan 90 menit sebelum tidur untuk mandi atau berendam dengan air hangat. Tubuh kita membutuhkan suhu tubuh yang nyaman dan relaksasi agar tidur lebih nyenyak.

Berendamlah dengan air bersuhu 32-37 derajat Celsius selama 10-20 menit agar suhu tubuh kita stabil karena hangatnya air dapat melebarkan pembuluh darah. Air hangat pun dapat melemaskan otot-otot yang kaku akibat beraktivitas. Cobalah semprotkan air hangat dengan menggunakan shower ke bagian tubuh yang menurut anda pegal, maka otot yang kaku akan meregang dengan bantuan tekanan dari semprotan dari shower tersebut.

Jika anda rajin melakukan hal itu di malam hari sebelum tidur, maka anda akan memiliki kualitas tidur yang baik.


10. Dengerin musik

Anda penggemar musik? anda juga menggunakan musik sebagai cara untuk menghilangkan insomnia. Musik yang anda dengarkan dapat mengirimkan transmisi ke otak yang dapat membuat anda tertidur. Namun, tidak semua jenis musik bisa seperti itu. Musik-musik lembut seperti klasik dan nuansa mellow yang dapat membantu anda terlelap. Anda juga dapat mendengarkan suara-suara alam seperti desiran ombak, hembusan angin pegununan atau bunyi hutan yang membuat Anda merasa nyaman.

Jadi, sebelum setelah anda berendam dengan air hangat, persiapkan juga daftar lagu pengantar tidur favorit anda. Biarkan diri anda hanyut dalam musik tersebut dan anda akan segera terlelap ke dalam mimpi.


11. Hindari minum kopi

Kopi yang diminum di malam hari akan menyetel ulang jam internal tubuh yang bertugas mengatur berbagai fungsi biologis dan gen menurut siklus harian pada malam atau siang hari.

Bukti penelitian menunjukkan bahwa efek kafein lebih dari sekadar membuat seseorang sulit untuk tidur. Dilansir dari laman Independent, para ilmuwan melaporkan, minum kopi dengan kandungan setara double espresso, tiga jam sebelum tidur, dapat mengubah jam tubuh kembali ke satu jam lebih awal.

Kafein menyetel ulang jam tubuh dengan menunda kenaikan tingkat melatonin, hormon utama tidur di tubuh. Tingkat melatonin yang berfluktuasi membantu menentukan waktu alami tubuh untuk tidur dan bangun dari tidur.

Saatnya untuk ucapkan selamat tinggal dengan insomnia guys! Semoga anda dapat memiliki kualitas tidur yang baik agar dapat beraktivitas dengan maksiml keesokan harinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar