Ini Dia Cara Yang Sangat Ampuh Mengobati Diare


Ini Dia Cara Yang Sangat Ampuh Mengobati Diare

Diare adalah salah satu penyakit yang sering menyerang kita,dimana tinja berubah menjadi lembek atau cair yang biasanya terjadi paling sedikit tiga kali dalam 24 jam. Biasanya buang air besar yang sangat normal adalah 1-3 kali per hari dan banyaknya 200-250 gram sehari. Jika lebih dari itu, maka seseorang sudah dapat dikatakan mengalami diare.

Dari banyaknya jenis bakteri, ada empat jenis bakteri yang biasa ditemui dalam kasus-kasus diare di berbagai belahan dunia, antara lain ; campylobacter, salmonella, shigella, dan E.Coli.

Bakteri campylobacter  dapat menginfeksi manusia dan hewan, khususnya unggas. Infeksi campylobacter biasanya tidak terjadi langsung dari penderita ke manusia, namun melewati media perantara yang berupa makanan.

Bakteri salmonella merupakan bakteri yang sering ditemukan pada daging mentah atau pada produk-produk berbahan dasar susu.Salmonella juga sering ditemukan pada hewan reptilia. Bakteri ini bisa menyebabkan sakit perut yang hebat.

Bakteri shigella yaitu bakteri yang seringkali menyebabkan diare yang disertai dengan darah.Tidak seperti bakteri penyebab diare lainnya,Shigella dapat berpindah dari manusia ke manusia.

Dan yang terakhir adalah bakteri E.coli,bakteri ini tidak terlau berbahaya, dan seringkali hidup dalam saluran pencernaan manusia. Namun, beberapa jenis bakteri ini dapat mengeluarkan racun yang menimbulkan infeksi yang akut, dan menyebabkan diare.

Baca Juga : Cara mengatasi diare pada balita

Pada umumnya diare yang terjadi pada orang dewasa biasanya terjadi ringan dan tidak menimbulkan bahaya, namun hal ini berpotensi lebih berbahaya jika terjadi pada anak kecil atau balita.Salah satu komplikasi yang terjadi adalah dehidrasi, syok, dan berlanjut dengan kematian.

Beberapa jenis penyakit diare, antara lain ;

1. Diare akut, ini bila berlangsung kurang dari 1 minggu

2. Diare persisten, ini bila berlangsung lebih dari 14 hari dan disebabkan oleh infeksi, misalnya diare akibat virus karena pelaksanaan yang kurang baik sehingga berlanjut hingga lebih dari 14 hari

3. Diare kronik, ini bila berlangsung lebih dari 14 hari dan bukan disebabkan oleh virus, misal akibat gangguan fungsi usus dalam mencerna makanan, adanya suatu zat makanan yang tidak dapat diserap tubuh, dan sebagainya

4. Disentri, yaitu diare yang disertai lendir dan darah. Disentri disebabkan oleh bakteri Shigella atau parasit Entamoeba histolotica

5. Kolera, yaitu diare cair yang hampir tidak dapat ditemukan ampas tinja sama sekali (watery diarrhea). Kolera sering kali menimbulkan wabah dan sangat cepat menimbulkan dehidrasi sehingga menyebabkan penderitanya meninggal. Kolera disebabkan oleh bakteri Vibrio cholerae.


Berikut adalah beberapa cara yang benar untuk mengatasi diare agar diare tidak berkepanjangan;

a. Minum banyak air

Air yang dimaksud disini adalah seperti ; air putih, kuah kaldu, kuah sayur bening, jus, atau bisa juga dengan air gula dicampur garam.Tapi jika anak atau bayi yang diare, jangan berikan jus buah atau minuman berkarbonasi. Jika anak masih disusui, lanjutkan menyusui seperti biasa.

b. Hindari makanan tertentu

Yang dimaksud makanan tertentu disini adalah seperti produk susu, makanan berlemak, makanan tinggi serat atau makanan berbumbu tajam serta makanan pedas selama beberapa hari hingga diare teratasi.

c. Pilih makanan yang mudah dicerna

Makanan yang dimaksud adalah makanan semipadat dan makanan rendah serat.Makanlah secara bertahap hingga buang air besar kembali normal.Misalnya; roti, biskuit, telur, nasi atau ayam.

d. Minum obat diare

Di apotik atau toko obat banyak sekali obat-obat diare,tapi alangkah baiknya jika konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

e. Gunakan probiotik

Probiotik juga dapat meningkatkan jumlah bakteri sehat untuk melawan bakteri jahat dalam saluran pencernaan. Bakteri yang menguntungkan juga dapat ditemukan dalam yogurt dan keju.


Selain itu,diare juga dapat di obati dengan bahan-bahan alami dan mudah didapatkan. Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa kita gunakan untuk mengatasi diare ;

Kunyit

Cara menggunakan kunyit sebagai obat diare yaitu ; ambil kunyit sebanyak kurang lebih 150 gr,kapur sirih 1 sendok teh dan 1 gelas air putih. Bersihkan kunyit dan rebus dalam 1 gelas air sampai tersisa 1/3 gelas.Campurkan kapur sirih dan aduk sampai merata. Kemudian setelah dingin saring air tersebut untuk diminum.Minum 3 kali dalam sehari sampai diare sembuh.

Jambu biji

Buah dan daun jambu biji sudah terbukti dan sangat ampuh dalam mengatasi diare.Caranya cukup mudah yaitu ; bisa dengan makan buah jambu biji atau mengunyah daun jambu biji langsung.Atau bisa juga ambil daun jambu biji yang masih muda,daunnya ditumbuk dengan ditambahkan sedikit garam.

Akar jeruk nipis

Kebanyakan orang menggunakan sebagai obat bukan akar tapi buah jeruk nipis. Ternyata akar jeruk nipis juga dapat dijadikan sebagai obat diare. Caranya cukup mudah yaitu cuci bersih 4 potong akar jeruk nipis dalam 6 gelas air,rebus hingga tersisa 4 gelas. Setelah dingin, airnya disaring lalu diminum 2 kali sehari setiap pagi dan sore.

Daun singkong

Selain untuk dimasak sebagai lalapan yang enak,daun singkong ternyata bisa juga berguna untuk mengobati diare secara alami. Caranya: Siapkan satu ikat daun singkong muda lalu rebus dengan 4 gelas air. Setelah air tersisa 2 gelas, angkat dan dinginkan.daunya bisa dimakan sebagai lalap,dan air sisa rebusannya diminum sebagai ramuan alami obat diare. Minum 2 kali sehari pagi dan malam.

Air kelapa muda

Pilih kelapa yang masih muda dan lbh bagus kelapa ijo,ambil air kelapa muda dan tambahkan sedikit garam.Aduk sampai larut kemudian minum beberapa kali dalam sehari.

Sekian yang dapat saya share kali ini,ingat...lebih baik mencegah daripada mengobati. Selalu konsultasi dengan dokter jika ingin menggunakan obat dari apotik. Semoga tulisan saya kali ini bermanfaat,SALAM SEHAT.

“Menulis buat saya dapat merangsang pemikiran, jadi tetaplah menulis dan lawan keterbatasan walau sedikit kemungkinan”.

Bagikan Artikel

Baca Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Bagaimana Isi Artikel Ini..??