Kenali Penyakit Stroke,Gejala Stroke,Dan Cara Mencegah Stroke

No Comments
Kenali Penyakit Stroke,Gejala Stroke,Dan Cara Mencegah Stroke

Penyakit stroke mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita, penyakit stroke sangat menakutkan dan sangat berbahaya. Penyakit stroke adalah salah satu penyakit kronis dan bisa menyebabkan komplikasi berbahaya bagi tubuh manusia. Untuk itu kita harus mengetahui sejak dini penyakit stroke ini dan mencegahnya agar keluarga kita tidak terkena penyakit stroke.

Pada tulisan saya kali ini, saya akan berbagi pengetahuan tentang mengenal sejak dini penyakit stroke,stroke ringan, penyebab stroke,gejala stroke dan juga cara mengatasi penyakit stroke. Sebenarnya penyakit stroke pada tahap awal itu sangat sederhana, tetapi akan sangat berbahaya apabila tidak dilakukan penanganan secara cepat dan tepat.

Data yang sempat diambil hingga akhir tahun 2013, jumlah penderita stroke di Indonesia sudah mencapai 600.000 orang dengan angka 13.500 jiwa meninggal dunia akibat serangan penyakit stroke tersebut. Sementara sisanya mengalami cacat fisik baik cacat ringan maupun berat. Oleh karena itu, pengobatan atau pencegahan sejak dini menjadi langkah penting untuk melawan penyakit stroke.
Baca Juga : Jenis-Jenis Penyakit Mata dan Gejala Yang Timbul
Penyakit storke disebabkan oleh beberapa faktor antara lain ; faktor pada resiko perilaku dan juga faktor pada resiko medis. Pada faktor resiko perilaku, bisa disebabkan oleh gaya hidup atau bisa juga karena pola makan yang tidak sehat. Salah satu contohnya yaitu kebiasaan merokok atau suka mengkonsumsi makanan siap saji. Faktor pada resiko perilaku lainnya yaitu kurang adanya pergerakan pada tubuh (olahraga) yang dapat memicu obesitas.

Sedangkan faktor resiko medis misalnya dengan adanya penyakit tekanan darah tinggi, dan beberapa penyakit lainnya seperti gangguan jantung, stroke, dan bahkan juga migren.

Gejala-gejala umum yang timbul akibat serangan stroke, antara lain ;
  • Mata tiba-tiba terasa kabur (bisa sebelah atau bisa juga dua-duanya)
  • Mendadak kehilangan keseimbangan sehingga sulit berjalan
  • Seringkali merasa pusing secara tiba-tiba dan sakit kepala
  • Merasakan kebas atau mati rasa dan lemas pada tangan,kaki,muka
  • Timbul rasa bingung secara tiba-tiba dan bahkan sulit berbicara dan mengerti suatu hal
  • Merasakan panas atau mual-mual dan bahkan bisa muntah
  • Pingsan (kehilangan kesadaran)

Berikut langkah mudah dan ringan untuk menghindari penyakit stroke ;

a. Mengkonsumsi makanan dan minuman sehat
Kita mungkin bosan ya mendengar hal seperti ini, padahal ini sangat penting kita terapkan agar kita terhindar dari penyakit mematikan ini. Biasakan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah, begitu juga dengan minum air putih yang banyak setiap hari.

b. Mengurangi makan garam
Garam dapat meningkatkan tekanan darah, jadi kurangilah mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kadar garam yang tinggi.

c. Berhenti merokok
Kebiasaan merokok dapat menyebabkan pengerasan dinding pembuluh darah sehingga membuat darah gampang menggumpal.

d. Mengendalikan stres dan depresi
Kita harus mampu mengatasi stres dan juga depresi karena dapat memicu serangan stroke.

e. Rutin periksa berat badan
Kelebihan berat badan atau obesitas sangatlah berpengaruh pada munculnya penyakit stroke.

f. Berolahraga secara teratur dan istirahat yang cukup
Berolahraga memang sangat banyak sekali manfaatnya, selain menjaga kesehatan, rutin berolahraga dapat mencegah kita dari berbagai jenis penyakit.

g. Jauhi minuman alkohol
Minuman beralkohol dapat menyebabkan tekanan darah semakin meningkat dan jika itu terjadi, besar kemungkinan untuk terkena stroke.

Ada beberapa bahan-bahan alami yang baik dikonsumsi oleh penderita stroke ;

Ubi jalar 
Fitonutrien yang ada dalam kandungan ubi jalar dapat berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah dan dapat memperbaiki sel yang rusak. 

Bunga Mawar dan daun Dewa 
Bunga mawar juga ternyata berguna jika kita terkena stroke, begitu juga dengan daun dewa yang mengandung flavonoid, saponin serta minyak atsiri.

Minyak Zaitun 
Didalam minyak zaitun terkandung omega-9 dan juga vitamin D yang berguna untuk menurunkan kolesterol serta untuk mencegah kelumpuhan tulang. 

Bawang Putih 
Bawang putih dapat menurunkan kadar lemak yang ada di dalam darah.

Daun Sambiloto
Seduh beberapa lembar daun sambiloto dengan menambahkan sedikit madu, minum setiap hari

Buah Apel 
Kandungan yang ada di dalam apel dapat bermanfaat untuk meredakan inflamasi yang membuat pembuluh darah mengeras. konsumsi buah apel setiap hari dapat mencegah penyakit stroke.

Bayam 
Asam folat pada bayam sangat bagus untuk kesehatan otak, dan dapat membantu memperbaiki pembuluh darah yang rusak atau pecah.

Kecambah 
Kecambah mengandung vitamin A, C, dan E yang meningkatkan sistem kekebalan. 

Sekian yang dapat saya share kali ini tentang penyakit stroke, semoga bermanfaat dan kita semua terhindar dari penyakit mematikan seperti stroke. 

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Kenali Penyakit Stroke,Gejala Stroke,Dan Cara Mencegah Stroke. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar