Kenali Penyebab, Gejala, Dan Obat Tekanan Darah Tinggi

Penyebab,Gejala, dan Obat Darah Tinggi

Tekanan Darah Tinggi - Tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah salah satu penyakit yang banyak dialami oleh orang-orang diseluruh dunia, bahkan angka kematian cukup tinggi akibat penyakit yang satu ini. Bukan hanya dialami oleh orang tua saja, tekanan darah tinggi juga banyak terjadi pada usia muda. Faktor utama yaitu disebabkan oleh gaya hidup anak muda zaman sekarang yang gemar mengkonsumsi makanan siap saji.

Selain mengkonsumsi makanan siap saji, anak muda zaman sekarang selalu bermalas-malasan untuk melakukan pergerakan tubuh atau olahraga, sehingga akhirnya banyak anak muda yang mengalami obesitas. Padahal Resiko tertinggi terkena penyakit darah tinggi atau hipertensi adalah mereka yang terkena obesitas, bahkan selain tekanan darah tinggi, penyakit diabetes juga sangat rentan terjadi pada orang yang memiliki berat badan lebih.
Baca Juga : Kenali Penyakit Stroke Dan Cara Mencegahnya
Tekanan darah tinggi atau hipertensi memang terkadang susah untuk dideteksi, tetapi setidaknya kita bisa mengetahui dengan adanya gejala atau penyebab darah tinggi.

Beberapa Penyebab Tekanan Darah Tinggi :

a. Kelebihan Berat Tubuh
Masalah kelebihan berat tubuh sangat berpengaruh terhadap penyakit tekanan darah tinggi. Berat tubuh yang dimaksud yaitu berat tubuh yang sudah jauh dari ideal.

b. Jarang Olahraga
Olahraga yang tidak teratur atau tidak rutin juga dapat menjadi penyebab penyakit tekanan darah tinggi.

c. Sering Mengkonsumsi Makanan Tinggi Lemak
Banyak sekali makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi seperti pada daging, ataupun makanan yang digoreng. Karena banyak jenis makanan enak dan juga digoreng dan sering dibeli untuk dijadikan makanan sehari-hari, kebiasaan tersebut secara tidak sadar akan menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi.

d. Sering Mengkonsumsi Makanan Tinggi kadar Garam (asin)
Sebagaimana kita tahu bahwa makana asin adalah makanan yang dibuat dengan kadar garam yang sangat tinggi, baik untuk mengawetkan makanan ataupun untuk menambahkan rasa pada makanan. Mengkonsumsi dengan lebih atau sering makanan asin bisa menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi.

e. Sering Minum Kopi
Minum kopi melebihi satu gelas perhari dapat memicu timbulnya penyakit darah tinggi, karena mengkonsumsi kopi terlalu banyak bukan hanya mengganggu siklus tidur saja, tetapi juga bisa menjadi penyebab tekanan darah tinggi.

f. Faktor Usia
Semakin tua usia seseorang, semakin tinggi pula peluang menjadi korban tekanan darah tinggi. Orang yang lebih tua biasanya berisiko memiliki tekanan sistolik tinggi. Penyebabnya adalah karena pengerasan pembuluh darah yang semakin menjadi ketika usia semakin lanjut

g. Faktor Keturunan
Jika dalam keluarga ada sejarah tekanan darah tinggi, Anda harus mulai menmperhatikan kesehatan. Tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh faktor keturunan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan meski pada usia dini.

h. Konsumsi Alkohol
Mabuk padahal baru meminum dua gelas minuman keras? Itu adalah peringatan dari tubuh bahwa Anda harus segera berhenti minum. Minum terlalu banyak alkohol berdampak buruk bagi tubuh dan keseluruhan kesehatan. Untuk menjaga agar tekanan darah tetap normal, hindarilah alkohol sebisa mungkin.

i. Akibat Stress
Tambahan stres karena ketegangan di kantor juga merupakan salah satu alasan mengapa seseorang memiliki tekanan darah yang tinggi. Keluarlah dari situasi yang pemicu stres, tetap tenang, dan buatlah diri Anda rileks.

Gejala-Gejala yang Timbul Karena Tekanan Darah Tinggi :
  • Merasa cepat lelah dan letih
  • Mengalami sulit Buang Air Besar (kadang terjadi)
  • Penurunan berat badan
  • Sering merasa gelisah, Sering merasa lapar
  • Sering sakit pada bagian belakang kepala saat bangun tidur
  • Sulit untuk berkonsentrasi bahkan sering lupa
  • Mudah marah dan perasaan nya yang sangat sensitif
  • Kadang susah tidur, Mimisan.
  • Pandangan mata menjadi kabur
  • Rasa ingin mual dan muntah
Dengan mengetahui gejala-gejala yang timbul akibat tekanan darah tinggi, mambantu kita untuk menghindari dampak buruk dan resiko serangan darah tinggi yang berbahaya untuk tubuh kita, komplikasi terjadi apabila sudah dalam tahap yang sangat serius. Penyakit ini akan menjadi sangat mengerikan karena bisa melumpuhkan semua organ tubuh dan mengakibatkan komplikasi penyakit yang berbahaya pada organ vital.

Ada beberapa tips untuk mencegah tekanan darah tinggi :
  • Hindari stress yang berlebihan karena hal itu dapat meningkatkan tekanan darah.
  • Apabila sudah terlanjur mengidap penyakit yang erat kaitannya dengan darah tinggi seperti kencing manis, kolesterol berlebih, dan juga kelainan jantung, kita harus bisa mengendalikan semua penyakit tersebut dengan cara  menjaga pola makan, serta menghindari makanan dan minuman yang beresiko meningkatkan tekanan darah.
  • Mengkonsumsi makanan sehat rendah lemak dan kaya sumber vitamin serta mineral alami seperti buah dan sayur.
  • Tidur dengan kualitas yang baik dan waktu yang cukup yaitu selama minimal 8 jam dalam sehari.
  • Mengusahakan supaya berat badan tidak berlebih (obesitas) dengan cara melakukan diet sehat serta berolahraga secara teratur.
  • Melakukan gaya hidup sehat dengan cara mengurangi atau bahkan hilangkan kebiasaan merokok, minum minuman yang mengandung alkohol dan kafein.

Bahan-bahan alami untuk dijadikan obat tekanan darah tinggi :

1. Selasih
Dalam riset yang dikembangkan di Farmasi UGM dipastikan adanya khasiat dari senyawa tertentu seperti fenolat, quersetin dan flavonoid dalam biji selasih untuk meningkatkan kualitas sirkulasi darah serta membantu menekan pembentukan plak kolesterol dalam pembuluh darah. Ini juga membantu mengatasi efek sumbatan aliran darah karena endapan kolesterol yang terbentuk dalam pembuluh darah.

2. Kemangi
Dalam riset yang dikembangkan di IPB dan di rilis dalam laman jurnalnya disampaikan mengenai khasiat dari kemangi dalam membantu melancarkan sirkulasi darah dan menurunkan intensitas detak jantung. Keduanya sangat efektif membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan flavonoidnya membantu mengikis residu dan toksin dalam darah untuk meingkatkan kelancaran aliran darah.

3. Rosella
Mengkonsumsi 3 cup teh rosella tiap hari akan efektif menurunkan tekanan darah. Konsumsi teh rosella setidaknya selama 10 hari baru akan menunjukan hasil optimalnya. Rosella tidak hanya kaya akan flavonoid, tetapi juga potasium, antosianin, vitamin C dan sejumlah senyawa penting lain yang berperan membantu meredakan tekanan darah, serangan jantung dan stroke.

4. Bit
Sayuran satu ini lebih sering Anda kenal sebagai salah satu bahan pewarna makanan alami yang kerap dimanfaatkan sebagai pewarna makanan seperti mie dan aneka kue. Tak banyak yang tau ada manfaat besar dari bit dalam menurunkan tekanan darah. Dalam bit terdapat sejumlah nitrit oksida yang dikenal bermanfaat untuk memberi efek relaks terhadap otot, saraf dan pembuluh darah sehingga menekan stress dan menurunkan tekanan darah.

5. Seledri
Dalam riset yang dikembangkan University of Chicago ditemukan adanya kandungan senyawa kimiawi 3-n butil phthalide yang terbukti memberi efek relaks terhadap otot dan sel pada pembuluh darah, membantu melebarkan pembuluh darah sehingga membantu melancarkan sirkulasi darah.

6. Aloe vera
Menurut American Heart Association, sebagian besar tekanan darah tinggi terjadi karena kerusakan pada pembuluh darah. Dan aloe vera bisa memberi peran besar untuk membantu mengatasi tekanan darah tinggi baik secara instant dengan seketika membantu memberi efek relaks pada pembuluh darah sehingga melebarkan ukurannya dan memberi efek jangka panjang dengan membantu memperbaiki kerusakan sel pembuluh darah.

7. Labu siam
Menurut Perhimpunan Dokter Indonesia Pengembang Kesehatan Tradisional Timur dikatakan bahwa dalam labu siam terkandung alkaloid dan saponin yang baik untuk membantu melebarkan pembuluh darah, terkandung pula kalium yang membantu mengembalikan keseimbangan komposisi darah yang keduanya berpengaruh besar terhadap tekanan darah.

8. Mentimun
Buah yang biasa akrab dijadikan sebagai lalapan ini dikenal memiliki khasiat mengatasi tekanan darah tinggi sejak jaman dahulu. Kandungan senyawa yang bersifat diuretik, kalium, fosfor dan beberapa senyawa penting lain baik untuk menjaga kondisi tubuh pasien penderita tekanan darah tinggi.

9. Terung
Dalam terung mengandung sejumlah enzim termasuk jenis yang mempengaruhi pembentukan ACE inhibitors yang berperan membantu menurunkan tekanan darah dengan membuka lebih lebar tekanan darah. Dalam terung juga ditemukan senyawa alkaloid yang baik memperbaiki tegang saraf, tekanan darah dan otot.

Itu dia sekilas tentang penyakit tekanan darah tinggi lengkap dengan gejala dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat.

Komentar

  1. Info yang sangat menarik dan bermanfaat, masalah ku cma di kopi aj, soalnya pecandu kopi. Hmmm..😀
    Yaahowu by tanonet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe yaahowu bro, ini blog sebagai tempat belajar saya aja bro. kalau ada waktu mampir aja ke artikel kita di fispol.com

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biodata Kenang Kana Mirdad terlengkap Mei 2017

Cara Jitu Menghemat Pakan Pada Peternakan Ayam Broiler