Minggu, 17 September 2017

Rahasia Percaya Diri Saat Berbicara di Depan Umum

Rahasia Percaya Diri Saat Berbicara di Depan Umum

Mungkin banyak orang yang berkeringat dingin atau bahkan gugup ketika berbicara di depan umum, misalnya untuk sebuah presentasi atau sekedar wawancara. Hal seperti ini sebenarnya bisa kita atasi jika kita terus berlatih dan mau belajar beberapa rahasia percaya diri saat berbicara di depan umum. Tidak percaya diri atau merasa takut berbicara di depan umum di perkirakan akan terjadi pada 75 persen orang dewasa. Memikirkan kembali cara kita memandang stres sebenarnya dapat memperbaiki kinerja fisik dan mental kita. Mungkin lebih mudah untuk menyerah pada ketakutan kita, tapi Anda akan mencapai lebih banyak dalam hidup dan merasakan kebanggaan yang lebih besar untuk menghadapinya.

Bagi beberapa orang, dengan sedikit usaha mereka memiliki kemampuan untuk menaklukkan ketakutan ini. Bagi orang lain, dibutuhkan lebih banyak pekerjaan dan beberapa tips atau rahasia percaya diri saat berbicara di depan umum untuk menutupi tekanan mental atau rasa takut.

Nah, dibawah ini beberapa rahasia percaya diri saat berbicara di depan umum ;

1. Awali dengan lelucon agar suasana tidak tegang
Rahasia Percaya Diri Saat Berbicara di Depan Umum yang pertama adalah dengan mengawali pembicaraan kamu dengan hal-hal yang lucu (sekedar ngelawak). Tapi jangan berlebihan juga, perhatikan sebuah lelucon yang pantas saja. Dengan cara ini, dapat meringankan mood di ruangan dan membantu kamu jadi lebih rileks. Dengan melihat para penonton yang tersenyum atau tertawa, itu tandanya bahwa kamu berhasil memulai dengan menciptakan suatu ikatan kepada para pendengar atau penonton.

Tertawa sendiri sama saja hanya akan mencela diri sendiri, tetapi jika kamu dapat membuat orang lain bergabung dengan tawa itu, maka kamu akan semakin percaya diri. Tawa ini memungkinkan penonton Anda untuk memecah dinding yang memaksa mereka untuk melihat diri mereka sangat berbeda dari Anda.

2. Fokus Pada Orang Yang Mengangguk atau Memperhatikan Kamu
Rahasia percaya diri berikutnya adalah dengan fokus terhadap beberapa penonton kamu. Bila Anda merasa tidak terhubung dengan penonton Anda, ini bisa sangat menyakitkan. Dan saraf Anda bisa dibawa ke tingkat lain jika ada orang yang tampak sama sekali tidak tertarik. Anda sering dapat melihat ke depan di antara penonton dan menemukan beberapa orang yang mengangguk bersama dengan cerita atau poin Anda sampaikan. Ada rasa yakin yang nyata saat seseorang setuju dengan Anda. Dan semakin Anda fokus pada individu-individu ini, semakin yakin Anda terdengar. Dan semakin yakin Anda terdengar, semakin banyak orang yang Anda tarik. Dari percakapan Anda, mungkin Anda bisa menemukan ruangan yang penuh dengan orang-orang yang mengangguk bersama Anda.


3. Jadilah Ekspresif Dengan Emosi Anda
Ada kalanya tidak peduli apa yang Anda katakan pada diri sendiri untuk menenangkan kekhawatiran Anda, itu tidak akan berhasil. Anxieties tidak selalu merupakan hal termudah untuk memadamkan. Saya menyadari bahwa saya hanya lebih rentan terhadap ketegangan ketika saya memulai presentasi saya. Saya sering tidak bisa menghentikan ketegangan, tapi saya menemukan bahwa saya bisa menyembunyikannya. Memutar emosi saya dengan benar-benar menyukai kegembiraan ceritaku atau bekerja dengan jujur ​​merasakan kekecewaan yang saya alami, saya bisa menutupi kegugupan. Jauh lebih mudah menyembunyikan satu emosi dengan emosi lain selain menyembunyikan emosi dengan menekannya.

4. Berlatih, Berlatih, dan Berlatih
Terus melatih diri juga merupakan salah satu rahasia percaya diri saat berbicara di depan umum. Berlatih dengan menggunakan kesempatan dan waktu yang ada, misalnya dalam sebuah acara pernikahan atau ulang tahun teman, tawarkan diri Anda untuk berbicara di depan orang banyak dengan merekamnya menggunakan ponsel atau camera Anda. Disini kamu akan memutar ulang video percakapan kamu tadi dengan melihat dan memperbaiki beberapa kesalahan atau kekurangan.

Berlatih terus menerus sampai kamu benar-benar memiliki performa yang baik untuk berbicara di depan umum. Di sekolah, kampus atau tempat kerja juga bisa kamu jadikan tempat berlatih kamu, tapi janga lupa untuk selalu membuat videonya agar kamu dapat melihat sejauh mana tingkat percaya diri kamu saat berbicara di depan umum. Dengan semakin banyak latihan, maka kamu akan semakin percaya diri saat berbicara di depan umum.

5. Bersiaplah Jika Anda Membuat Kesalahan
Rahasia Percaya Diri Saat Berbicara di Depan Umum yang terakhir adalah dengan bersiap ketika membuat kesalahan. Bersiap dalam hal ini yakni dengan mempersiapkan sebuah lelucon yang akan kamu hadapi jika dan ketika dia melakukan kesalahan. Tidak masalah seberapa profesional seseorang dan berapa lama mereka berbicara, setiap orang membuat kesalahan. Dan kesalahan sebenarnya membuat orang tampil lebih manusiawi dan tampil sebagai lebih relatable. Tapi, saat kita merasa tidak nyaman dengan slip-up dan gaffes, maka penonton kita menjadi lebih tidak nyaman juga.

Itulah beberapa Rahasia Percaya Diri Saat Berbicara di Depan Umum yang mungkin bisa membantu kamu untuk mengatasi berbagai masalah yang kamu hadapi saat berbicara di depan umum. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar