Cara Menghilangkan Makanan Nyangkut di Tenggorokan Seperti Duri Ikan

No Comments
Cara Menghilangkan Makanan Nyangkut di Tenggorokan

Cara Menghilangkan Makanan Nyangkut di Tenggorokan, Riuzinfo.com - Entah terburu-buru, gembira dengan sesuatu yang lezat atau tidak memperhatikannya, biasanya makanan tersumbat di tenggorokan kita karena kita belum mengunyah dengan benar . Dengan makanan keras , renyah atau besar , ini lebih mungkin terjadi. Sementara sebagian besar kasus akan menemukan bahwa makanan yang tertancap di tenggorokan seperti duri ikan, menyebabkan sedikit masalah dan penyumbatan apapun dapat disingkirkan dengan cepat, ada kemungkinan kejadian dimana penyumbatan makanan dapat menyebabkan infeksi. Jika ada penyumbatan yang parah, Anda akan tahu cukup cepat bahwa ada sesuatu yang perlu dilakukan karena Anda akan mulai tersedak dan sulit bernafas.

Cara Menghilangkan Makanan Nyangkut di Tenggorokan

1. Biarkan Larut Secara Alami
Meskipun ada banyak alasan mengapa Anda bisa mendapatkan makanan yang menempel di tenggorokan Anda, Anda harus tahu bahwa sebagian besar makanan larut seiring berjalannya waktu. Jadi, jika potongannya tidak menimbulkan banyak masalah, biarlah larut secara alami dengan air liur di tenggorokan. Jika ini gagal, cobalah minum sedikit air dingin untuk membantu melonggarkan penyumbatan. Air membantu proses dengan menyiram sisi-sisi dan membawanya sepanjang alirannya.

Jika air dingin tidak membantu makanan tersangkut di tenggorokan Anda, Anda bisa mencoba beberapa air hangat atau bahkan teh. Jangan gunakan air yang sangat panas karena ini bisa membakar tenggorokan Anda dan menyebabkan masalah lebih besar lagi, terutama jika bukan makanan yang menempel di tenggorokan Anda yang merupakan masalah (lihat di bawah). Bahkan mungkin membantu berbaring telentang dan mencoba meminum air karena gravitasi juga diperkenalkan untuk membantu mengusir makanan yang macet. Ulangi beberapa kali jika tidak berhasil pada tahap pertama.
2. Tambahkan Sedikit Garam ke Air Hangat
Jika makanannya masih menempel di tenggorokan Anda, maka Anda bisa mencoba menambahkan sedikit garam ke air hangat yang telah Anda minum sebelumnya. Aduk ke dalam air sehingga larut dan kemudian berkumur dengan itu. Ini bisa membantu, tapi Anda harus berhati-hati karena, meski makanan yang tertancap di tenggorokan Anda mungkin copot, air asin bisa menyebabkan muntah. Hal ini sebagian karena berkumur apapun cairan dapat menyebabkan refleks muntah Anda untuk memicu, tetapi juga karena air garam dapat membuat perut Anda bereaksi dan juga menyebabkan muntah. Anda mungkin juga tidak membutuhkan sodium.

Jika berkumur dengan air atau air garam tidak cukup untuk mengeluarkan makanan yang menempel di tenggorokan Anda, maka Anda bisa mencoba cairan lain. Hidrogen peroksida , meski sangat buruk dalam bentuknya yang tidak diencerkan, bisa bermanfaat untuk menghilangkan sumbatan atau bahkan menenangkan makanan agitasi yang tersangkut di tenggorokan. Gunakan larutan hidrogen peroksida 3%dan campurkan dengan air hangat bagian yang sama (satu porsi masing-masing harus dilakukan). Berkumur seperti yang Anda lakukan sebelumnya dan ini membantu menghalau makanan yang macet.

Jika Anda tidak memiliki hidrogen peroksida, Anda bisa mencoba metode yang sama dengan beberapa cuka sari apel. Kali ini gunakan satu sendok makan cuka sari apel secangkir kecil air hangat. Anda bisa menggunakan larutan yang lebih kuat, namun cuka sari apel bisa mengikis enamel gigi sehingga membilas dengan baik dan menyikat gigi setelahnya. Menambahkan satu sendok makan madu ke salah satu larutan mungkin tidak secara langsung membantu menghilangkan makanan yang menempel di tenggorokan, bu tidak akan sakit dan akan mempermudah prosesnya.

3. Makan Sesuatu Yang Lembut
Cara lain untuk menghilangkan makanan yang menempel di tenggorokan adalah dengan mencoba makan sesuatu yang lembut. Ini mungkin sesederhana makan apa yang Anda makan sebelumnya karena makanan berikutnya yang masuk ke tenggorokan dapat membantu mengusir makanan yang macet. Namun, ada keadaan dimana hal ini bisa memperburuk keadaan, apalagi jika makanan yang menempel di tenggorokan Anda sudah sulit ditelan. Memilih sesuatu seperti roti atau nasi ketan akan memberi Anda lebih baik jika Anda ingin menghilangkan makanan yang macet karena akan menaatinya. Jika menggunakan roti, celupkan ke dalam air atau biarkan rendam dalam air liur Anda sendiri sebelum tertelan. Ketan itu harus diusahakan sendiri.

Seperti dengan berkumur air garam atau hidrogen peroksida, ada baiknya menambahkan sedikit madu ke makanan yang tertancap di tenggorokan Anda karena ini akan membantu bertahan. Jika makanannya tersangkut keras di tenggorokan Anda, Anda mungkin mendapati bahwa Anda harus meludahkan makanan daripada memakainya ke perut, jadi berhati-hatilah untuk tidak tersedak jika mencoba mengeluarkan makanan yang macet di tenggorokan ini. cara. Sebaiknya ada orang lain yang hadir jika memungkinkan sehingga bisa memberi bantuan jika ada yang tidak beres.
4. Batuk Yang Terkontrol
Trik lain yang bisa Anda coba adalah dengan batuk yang terkontrol dan vokal . Ini akan menyempitkan tenggorokan dan kemudian mengeluarkan partikel yang terjebak. Untuk melakukan ini, Anda bisa menarik napas dalam-dalam dan kemudian mencoba mengencangkan otot-otot tenggorokan Anda. Saat Anda mengaitkan otot-otot ini, gunakan otot perut Anda untuk mencoba mendorong udara ke tenggorokan Anda lagi. Udara harus menekan makanan yang tertancap di tenggorokan Anda dan membuat Anda batuk . Jangan lakukan ini terlalu sering, bahkan jika Anda memiliki makanan yang masih menempel di tenggorokan Anda, karena bisa menyebabkan tersedak dan berbahaya.

5. Menelan Telur Mentah
Teknik lain untuk menghilangkan makanan yang menempel di tenggorokannyamelibatkan sesuatu yang banyak orang anggap tidak enak. Ini untuk menelan telur mentah . Telur emulsi dapat membantu penyumbatan di tenggorokan Anda dan membawa makanan itu saat memasuki perut. Sementara telur mentah dalam dirinya sendiri sebenarnya tidak buruk bagi Anda, ada sedikit risiko kontaminasi bakteri yang dapat menyebabkan masalah seperti salmonella. Jika ini masalahnya, bahkan jika Anda mengeluarkan makanan yang tertancap di tenggorokan Anda, Anda mungkin tidak dalam kondisi baik. Risiko ini sebenarnya sangat rendah (beberapa penelitian mengatakan serendah 1 dari 30.000 telur mungkin terkontaminasi), namun untuk mengurangi risiko ini, cuci bagian luar cangkang Sebelum Anda memecahkan telur karena ini bisa menjadi tempat bakteri berasal daripada di dalamnya.

6. Lakukan manuver Heimlich
Jika menurut Anda penyumbatan sangat serius , Anda mungkin memerlukan solusi yang lebih drastis. Jika ada orang lain di ruangan itu, maka manuver Heimlich mungkin bisa mengusir makanan yang tertancap di tenggorokan Anda. Ini adalah metode dimana Anda menekan perut orang tersebut untuk mendorong udara kembali melalui sistem. Dengan cara ini makanan yang menempel di tenggorokan Anda akan dipaksa keluar bersamaan dengan udara. Hal ini mirip dengan membuat batuk sendiri, tapi hanya bila ini tidak memberikan tekanan yang cukup. Jika Anda benar-benar terjebak dan tidak ada orang lain di sekitar, Anda mungkin bisa membuat diri Anda muntah dan mengeluarkan makanan yang tertancap di tenggorokan Anda dengan cara ini. Untuk melakukan ini, pegang jari telunjuk dan jari tengah Anda dan dorong ke belakang tenggorokan Anda. Ini akan memungkinkan refleks muntah Anda dan Anda mungkin bisa melewati makanan yang macet dengan cara ini.

Namun, ini untuk situasi darurat dan Anda harus merasa waspada dalam pertolongan pertama jika Anda mencoba menggunakannya. Jika Anda memiliki makanan yang menempel di tenggorokan Anda untuk waktu yang lama, sebaiknya temui dokter dan berhati-hati untuk tidak melakukan sesuatu terhadap diri sendiri yang dapat menyebabkan bahaya atau ketidaknyamanan lebih lanjut.

Itulah 6 cara menghilangkan makanan yang nyangkut di tenggorokan, semoga bermanfaat.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Cara Menghilangkan Makanan Nyangkut di Tenggorokan Seperti Duri Ikan. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar