Cara Mudah Dan Murah Mencegah Penyakit Demensia

No Comments
Cara Mudah Dan Murah Mencegah Penyakit Demensia

Cara Mudah Dan Murah Mencegah Penyakit Demensia - Berbagai penyakit sering muncul disaat manusia dalam keadaan usia muda sekalipun. Pada zaman serba modern dan instan dimana makanan dan minuman tidak lagi alami membuat peluang seseorang terkena penyakit kronis menjadi lebih besar. Satu penyakit yang identik dengan usia tua adalah Demensia. Mungkin Anda belum pernah mendengar penyakit Demensia tersebut dan memang penyakit ini identik dengan usia tua.
''Jika Anda masih belum mengerti mengenai penyakit Dimensia tersebut bisa menyimak ulasannya berikut beserta cara mudah untuk mencegah Dimensia''
Dimensia merupakan satu tanda awal kehilangan daya ingat dan berubahnya kepribadian diri dengan cepat. Penyakit Demensia dapat dikaitkan dengan kepikunan yang selama ini lebih familiar di masyarakat. Terdapat dua jenis Dimensia yakni Alzheimer dan Vaskular. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa faktor paling besar terjadinya Demensia berasal dari keturunan, namun tidak menutup kemungkinan pola hidup yang salah bisa menjadi faktor pemicu lainnya.
Baca Juga : 7 Makanan Yang Bagus Untuk Kesehatan Mata
Setiap tahun jumlah penderita Demensia semakin bertambah, diprediksi usia penderita bisa mendekati 50 tahun mengingat banyak faktor yang menjadi pemicunya selain keturunan dan pola makan yang salah. Bila Anda merasa memiliki keturunan penyakit Demensia tidak perlu cemas karena penyakit tersebut bisa dicegah atau setidaknya diperlambat. Lalu bagaimana cara menghambat atau mencegah penyakit Demensia?

Berikut Cara Mencegah Penyakit Demensia

Banyak Mengkonsumsi Ikan LautFungsi dari ikan laut sangatlah penting untuk mencegah terjadinya Demensia karena terdapat kandungan omega 3 yang sangat baik untuk menjaga asupan gizi ke otak. Beberapa ikan seperti salmon, tuna, dan sarden bisa dikonsumsi secara rutin agar otak Anda mendapat asupan nutrisi yang mencukupi.

Hindari Perasaan StressPenyabab yang tidak disadari bagi para penderita Demensia adalah perasaan stress. Terlalu lama dalam kondisi tertekan akan mempercepat proses penuaan otak yang mengakibatkan melemahnya sel otak dan terjadi kepikunan dini. Jangan terlalu lama dalam keadaan stress dan sebisa mungkin luangkan rasa stress ke perbuatan positif seperti berolahraga atau melakukan hobi Anda.

Istirahat TeraturOtak membutuhkan istirahat setidaknya 8 jam setiap hari. Teratur dalam istirahat membuat otak lebih baik dalam memenuhi kebutuhan tubuh seperti berpikir dan menemukan ide. Seseorang yang tidak teratur dalam istirahat akan mudah lelah dan pusing.
Baca Juga : Kenali Penyebab, Gejala, dan Obat Tekanan Darah Tinggi
Kurangi Konsumsi AlkoholAlkohol tidak baik bagi kinerja otak, dan jika dikonsumsi dalam jangkan panjang bahkan sampai melebihi dosis akan membuat kerusakan otak dari tahun ke tahun. Maka dari itu mulai dari sekarang kurangi konsumsi alkohol dang anti dengan minuman sehat seperti jamu atau air putih.

Seringlah BersosialisasiSeseorang yang jarang sekali bersosialisasi membuat kinerja otak tidak berkembang. Satu penyebab terjadinya Demensia di usia lanjut adalah jarang mengikuti kegiatan sosial di tempat tinggal atau sekolah. Maka dari itu ikutilah beberapa kegiatan sosial agar kinerja otak Anda semakin baik.

Itu tadi beberapa tips kesehatan seputar penyakit Demensia yang bisa menghantui siapa saja tanpa pandang bulu. Untuk mencegah terkena penyakit Demensia jalankanlah pola hidup sehat dan jangan lupa untuk bersosialisasi di lingkungan sekitar.

By : Bernadi

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Cara Mudah Dan Murah Mencegah Penyakit Demensia. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar