Makanan Penyebab Sakit Maag Yang Perlu Kamu Ketahui

No Comments
Makanan Penyebab Sakit Maag

Makanan Penyebab Sakit Maag, Riuzinfo.com - Apakah Anda menderita sakit maag secara berkala? Salah satu penyebab sakit maag adalah karena Anda mengikuti beberapa kebiasaan makan yang tidak sehat yang menyebabkan refluks lambung muncul, menyebabkan sensasi perih di perut. Penting untuk mengetahui makanan apa yang menyebabkan sakit maag sehingga untuk mengetahui apa yang mungkin menyebabkan perut Anda perih. Untuk membantu Anda, kami menulis artikel ini di mana kami berbagi informasi kepada Anda tentang makanan penyebab sakit maag yang sangat mengacaukan tingkat asam dalam tubuh kita.

Penyebab sakit maag dapat bervariasi karena kondisi ini dapat diderita secara sporadis atau kronis, tergantung pada masing-masing orang. Namun, memang benar bahwa ada hubungannya langsung antara apa yang Anda makan dan munculnya rasa perih di perut. Hal ini karena ada beberapa makanan yang menyebabkan sakit maag. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut.

Makanan Penyebab Sakit Maag

Yang saya maksud disini sebenarnya bukan hanya makanan saja, tetapi juga minuman yang dapat memicu timbulnya maag. Makanan dan juga minuman dibawah ini merupakan salah satu penyebab sakit maag.

1. Kopi
Makanan Penyebab Sakit Maag

Kafein yang terkandung dalam kopi merangsang produksi asam di perut dan berkontribusi pada pembukaan sfingter esofagus bagian dalam yang terbuka di dalamnya. Oleh karena itu kopi merupakan salah satu minuman penyebab sakit maag.

2. Cokelat
Makanan Penyebab Sakit Maag

Cokelat bukan bahan yang mengandung kandungan asam apapun tapi merangsang produksi serotonin, neurotransmitter yang seperti kopi membantu sfingter kerongkongan untuk rileks, membiarkan asam bocor dan mengakibatkan rasa sakit maag muncul kembali.

3. Minuman Alkohol
Makanan Penyebab Sakit Maag

Alkohol adalah salah satu yang menyebabkan sakit maag. Alasannya adalah karena alkohol mengandung zat yang sulit dimetabolisme oleh tubuh dan akhirnya menghancurkan penghalang pelindung perut. Ini juga melemaskan sfingter sehingga memberi kebebasan untuk refluks muncul.

4. Mint
Makanan Penyebab Sakit Maag

Mint meningkatkan produksi asam lambung sehingga saat dikonsumsi dalam bentuk alami atau dalam bentuk tablet seperti permen karet atau permen, hal itu dapat mendorong perkembangan sensasi yang tidak menyenangkan ini.
Baca Juga : 7 Manfaat Ajaib Beras Hitam Bagi Kesehatan
5. Tomat
Makanan Penyebab Sakit Maag

Tomat adalah salah satu sayuran paling asam yang ada, karena itulah saat Anda menyiapkan saus tomat Anda harus mengurangi keasaman dengan sedikit gula. Baik dalam bentuk alami atau saat dikonsumsi dalam saus tomat atau saus tomat, sangat tidak dianjurkan pada orang-orang yang menderita sakit maag.

6. Bawang Putih
Makanan Penyebab Sakit Maag

Bawang putih tidak mendapat banyak kandungan asam namun menyebabkan produksi asam meningkat selama pencernaan. Hal ini kebanyakan terjadi saat dimakan mentah, jika dimasak bisa jadi perasaan ini berkurang.

7. Jeruk
Makanan Penyebab Sakit Maag

Buah-buahan jeruk (jerukmanis, lemon, jeruk nipis, dll) adalah buah-buahan yang harus dihindari jika Anda biasanya memiliki penyakit maaag.

8. Cuka
Cuka juga merupakan saus yang sangat asam yang mengandung asam yang disebut acetic, sebuah ramuan yang meningkatkan keasaman di lambung.

9. Makanan Pedas
Bahan pedas seperti cabe juga merupakan produk yang paling baik dihindari jika Anda mengalami kondisi ini secara teratur seperti penyakit lain yang meningkatkan kadar zat perusak.

10. Makanan Berminyak
Makanan yang digoreng mengandung banyak lemak, sesuatu yang sulit dicerna oleh perut dan memerlukan peningkatan produksi asam lambung untuk mengolahnya dengan benar. Jadi, pilihlah makanan yang dimasak dengan sehat seperti di atas panggangan, dipanggang atau dikukus agar bisa mempermudah kerja perut Anda.

Jika Anda menderita sakit maag secara berkala, maka sangatlah penting untuk Anda mengubah kebiasaan makan Anda dengan mempertimbangkan 10 daftar makanan dan minuman yang baru saja kami ulas diatas. Namun, selain itu Anda juga dapat melakukan beberapa langkah berikut untuk membantu Anda mencegah asam lambung.
Baca Juga : 7 Makanan Yang Bagus Untuk Kesehatan Mata

Cara Mencegah Asam Lambung

  • Untuk memudahkan pencernaan, disarankan agar Anda memperhatikan porsi makan Anda. Tidak perlu banyak atau sekaligus sampai benar-benar merasa kenyang, namun Anda bisa melakukannya berkali-kali dengan porsi yang lebih sedikit.
  • Hindari berbaring setelah makan karena berbaring untuk menyelesaikan pencernaan membuat tubuh lebih sulit menyelesaikan tugasnya. Jadi hindari tidur setelah selesai makan dan selalu makan malam setidaknya dua jam sebelum tidur, Anda akan melihat bagaimana Anda merasa lebih baik dan belajar mengendalikan perut Anda.
  • Tidak dianjurkan untuk berolahraga setelah makan karena Anda bisa memotong pencernaan, yang terbaik adalah duduk dan rileks tanpa benar-benar berbaring. Tunggu setidaknya dua jam setelah makan untuk melakukan olahraga apapun, lakukanlah sampai Anda akan merasa lebih baik.
  • Merokok juga merupakan kebiasaan yang tidak sehat dan berbahaya bagi semua orang dan terutama orang dengan kondisi ini karena tembakau meningkatkan produksi asam lambung.
Itulah beberapa jenis makanan penyebab sakit maag atau minuman yang dapat meningkatkan asam lambung, serta cara mencegah asam lambung. Semoga coretan kali ini dapat bermanfaat untuk Anda, salah sehat.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Makanan Penyebab Sakit Maag Yang Perlu Kamu Ketahui. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar