Mengenali Jenis-Jenis Sakit Kepala Agar Mudah Mengobatinya

No Comments
Mengenali Jenis-Jenis Sakit Kepala Agar Mudah Mengobatinya

Penting untuk mengetahui jenis sakit kepala yang menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Jika Anda tahu tipe sakit kepala Anda, Anda bisa mengobatinya dengan benar. Dalam sebuah penelitian pada tahun 2004, sekitar 80 persen orang yang pernah mengalami sakit kepala sinus yang dideskripsikan sendiri atau diagnosis dari dokter, namun tidak ada pertanda infeksi sinus, ini merupakan salah satu gejala atau pertanda jenis sakit kepala yang dinamakan migrain.

Nah, berikut beberapa jenis sakit kepala yang sering menyerang siapa saja dan kapan saja, jika kita mengetahui jenis sakit kepala, maka akan lebih mudah untuk mencari obat yang tepat untuk meredakan rasa sakitnya.

1. Sakit Kepala Tegang
Sakit kepala seperti terasa tegang merupakan jenis sakit kepala yang paling sering menyerang ,rasa sakitnya seperti ada tekanan konstan di daerah kepala, biasanya di daerah pelipis atau kepala bagian belakang dan juga sampai ke leher. Namun tidak seperti migrain dan biasanya tidak menyebabkan mual atau muntah, dan jarang menghambat aktivitas sehari-hari.

Penyembuhan menggunakan obat seperti ibuprofen, aspirin, atau obat sakit kepala lainnya  biasanya cukup untuk mengobati jenis sakit kepala ini. Para ahli percaya bahwa penyebabnya adalah karena adanya kontraksi otot leher dan termasuk juga sebagai respons terhadap stres, dan kemungkinan perubahan zat kimia otak.
Baca Juga : Kenali Penyebab, Gejala, dan Obat Tekanan Darah Tinggi
2. Sakit Kepala Cluster
Sakit kepala cluster ini lebih banyak mempengaruhi pria daripada wanita, dan merupakan sakit kepala yang terjadi secara berulang-ulang dalam kelompok atau siklus. Biasanya muncul secara mendadak dan ditandai oleh rasa sakit yang parah dan membuat lemah di satu sisi kepala, dan juga sering disertai dengan mata yang berair, atau gejala flu seperti hidung tersumbat.

Selama serangan, orang sering merasa gelisah dan tidak bisa merasa nyaman, mereka tidak mungkin untuk berbaring, sebagai seseorang dengan migrain mungkin. Penyebab jenis sakit kepala yang satu ini tidak diketahui, namun mungkin ada pengaruh genetik. Belum ada obat yang pasti untuk menyembuhkan total jenis sakit kepala ini, tapi beberapa obat sakit kepala hanya bisa memotong frekuensi dan durasinya.

3. Sakit Kepala Sinus
Jenis sakit kepala sinus kadang jadi meradang, seringkali karena infeksi, bisa membuat rasa sakit yang parah. Biasanya kadang disertai panas suhu badan yang naik dan dapat didiagnosis dengan gejala atau adanya seperti nanah yang dapat dilihat dari serat optik lingkup. Sakit kepala akibat infeksi sinus bisa diobati dengan antihistamin, antibiotik atau dengan dekongestan.

4. Sakit Kepala Rebound
Jenis sakit kepala yang satu ini terjadi apabila kita sering mengkonsumsi obat pereda nyeri, sehingga efek dari keseringan menggunakan obat pereda rasa sakit tersebut dapat memicu sakit kepala rebound. Culprits termasuk obat bebas seperti aspirin, acetaminophen, atau ibuprofen , serta obat-obatan resep. Satu teori menyimpulkan bahwa jika terlalu banyak menggunakan obat pereda rasa nyeri, bisa membuat otak kita bergeser ke keadaan tereksitasi, memicu lebih banyak sakit kepala.
Baca Juga : Tips Agar Tubuh Tetap Fit dan Sehat
5. Sakit Kepala Migrain
Nah kalau jenis sakit kepala seperti migrain ini sangat menyiksa, karena biasanya migrain ini merupakan rasa sakit kepala sebelah. Penyebab rasa sakit kepala migrain ini biasanya terjadi apabila sebelumnya kita pernah sakit kepala secara berulang minimal 5 kali. Sakit kepala migrain ini bisa berlangsung selama empat jam hingga berhari-hari loh. Sakit kepala migrain hanya menyerang kepala bagian sebelah aja, dengan disertai nyeri dan denyut yang luar biasa. Jenis sakit kepala yang satu ini dapat mengganggu aktivitas kita karena terkadang rasa sakit yang terlalu parah.

Itulah beberapa jenis sakit kepala yang sering menyerang kita. Jangan pernah meremehkan penyakit seperti sakit kepala karena jika dibiarkan terus-menerus dapat menyebabkan atau memicu jenis penyakit lainnya. Ada baiknya konsultasi ke dokter untuk mendapatkan resep obat yang tepat sesuai dengan gejala atau jenis sakit kepala Anda.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Mengenali Jenis-Jenis Sakit Kepala Agar Mudah Mengobatinya. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar