Penyebab Sesak Napas dan Sakit Dada Yang Perlu di Waspadai

No Comments
Penyebab Sesak Napas dan Sakit Dada

Penyebab Sesak Napas dan Sakit Dada, Riuzinfo.com - Perasaan tekanan di dada dikombinasikan dengan sesak napas adalah simtomatologi yang sangat umum. Karena tidak ada yang spesifik, ada banyak kondisi yang dapat menyebabkan kedua gejala ini sekaligus, sehingga sangat sulit untuk mendeteksi kondisi apa yang mungkin Anda miliki tanpa evaluasi medis yang sesuai.

Dalam kebanyakan kasus, ini hanyalah salah satu gejala kegelisahan atau gangguan pencernaan semata, namun ada penyakit lain yang lebih berbahaya yang dapat bersembunyi di balik gejala ini dan tidak boleh diabaikan. Dalam artikel kali ini, Anda akan menemukan jawaban atas kemungkinan penyebab sesak napas dan rasa sakit di dada.

Sesak Napas dan Sakit di Dada Akibat Masalah Jantung

Seperti yang mungkin Anda ketahui, nyeri dada dan sesak dada yang disertai sesak napas adalah dua gejala utama serangan jantung disertai dengan pusing, nyeri di lengan atau rahang. Namun, ini tidak berarti bahwa setiap kali Anda merasakan ini, Anda menderita serangan jantung. Sebenarnya, ini mungkin tidak ada kaitannya dengan sistem peredaran darah. Di sisi lain, selain infark, ada sejumlah masalah jantung yang bisa mewujudkan gejala yang sama ini. Berikut adalah beberapa yang paling umum terjadi :
  • Diseksi aorta : Bila dinding aorta robek, orang tersebut menderita sakit yang sangat tajam di dada disertai sakit parah di bagian belakang dan sulit bernafas. Kondisi ini dianggap darurat medis sejak orde pertama, karena meski diobati dengan benar bisa menyebabkan kematian dalam waktu yang sangat singkat.
  • Penyumbatan arterial : Jika Anda telah memblokir arteri akibat penumpukan plak dan kolesterol, tekanan dada ini dengan sensasi nafas yang pendek mungkin muncul. Kondisi ini disebut angina rekuren dan harus diobati dengan benar, karena risiko serangan jantung sangat tinggi.
  • Perikarditis : Ini adalah infiltrasi membran yang melapisi jantung, biasanya oleh infeksi virus atau bakteri.

Penyebab Sesak Napas dan Sakit Dada Karena Masalah Pernapasan

Jelas, masalah pernapasan juga bisa menimbulkan gejala seperti nyeri dada atau sesak dan sulit bernapas. Namun, dalam kelompok penyakit dan patologi ini, kami menemukan perbedaan yang sangat signifikan, baik secara alami maupun tingkat keparahannya :
  • Pleurisy : Ini terjadi ketika membran yang menutupi paru-paru meradang. Ini adalah kondisi yang menyebabkan rasa sakit hebat di dada, daerah toraks, meski sulit bernafas dan, selama gejala ini Anda juga akan mendengar suara bersiul.
  • Asma : Ini adalah kondisi yang cukup umum yang ditandai dengan pembengkakan bronkus dalam keadaan tertentu. Tekanan dada dan sesak napas adalah salah satu gejala yang paling umum.
  • Pulmonary embolism : Hal ini disebabkan oleh bekuan darah yang mencegah berlalunya darah ke paru-paru dapat menyebabkan gejala yang sama.
  • COPD : Ini adalah akronim untuk Penyakit Paru Obstruktif Kronik, sebuah kondisi yang terutama mempengaruhi perokok. Hal ini ditandai dengan tekanan pektoral dan sensasi mati lemas.
  • Pneumonia : Serta infeksi lainnya, apakah virus atau bakteri, yang mempengaruhi saluran pernapasan dan menyulitkan bernafas dengan benar dapat mengakibatkan gejala yang sama.
Penyebab Sesak Napas dan Sakit Dada

Penyebab Sesak Napas Karena Rasa Gelisah

Kegelisahan tidak lain adalah antisipasi bahaya atau ketakutan. Rasa takut ini, yang paling sering imajiner, menyebabkan reaksi tubuh bersiap untuk bisa melawannya. Dengan cara ini, ia mempercepat napas Anda, yang dapat menyebabkan hiperventilasi, Anda mungkin mengalami perasaan tersedak dan merasa tidak dapat bernapas, sesak dada adalah gejala berulang lainnya dan juga keringat atau pusing. Hal ini sangat umum bagi orang-orang dengan kegelisahan untuk memiliki perasaan hampa di dada.

Penyebab Sesak Napas Lainnya

Selain masalah pernapasan, kecemasan dan patologi jantung, ada banyak kondisi lain yangsifatnya sangat berbeda sehingga bisa menimbulkan gejala serupa. Berikut adalah beberapa yang paling terjadi :
  • Trauma atau luka di daerah dada.
  • Olahraga yang sangat intens dan ketegangan fisik juga bisa menyebabkan tekanan pada dada dan perasaan tidak bisa bernafas.
  • Reaksi alergi.
  • Terlalu banyak makan makanan yang tinggi lemak
  • Masalah pencernaan
Baca Juga : 7 Manfaat Beras Hitam Bagi Kesehatan
Ini bisa sangat sulit bagi seseorang tanpa pengetahuan medis untuk mengetahui apakah gejala ini disebabkan oleh gangguan pencernaan atau serangan jantung sederhana, oleh karena itu pengobatan dapat tertunda dan kesehatan pasien menjadi lebih buruk. Itulah sebabnya Anda harus tahu kapan waktu yang tepat Anda harus pergi ke dokter . Berikut adalah beberapa gejala yang dapat dikaitkan dengan kondisi yang telah kami sebutkan sebelumnya, sehingga, jika Anda memperhatikannya, Anda dapat segera pergi ke dokter :
  1. Merasa mual dan muntah.
  2. Kulit membiru atau pucat.
  3. Merasa Pusing.
  4. Berkeringat dingin (berlebihan).
  5. Detak jantung tidak normal.
  6. Nyeri memancar ke rahang, lengan atau tulang belikat.
  7. Sakit kepala tidak berhenti.
  8. Batuk terus menerus.
  9. Demam, gemetaran, atau menggigil.
  10. Pingsan.
Itulah beberapa Penyebab Sesak Napas dan Sakit Dada Yang Perlu di Waspadai serta gejala apa yang ditimbulkan. Semoga coretan kali ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan Anda.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Penyebab Sesak Napas dan Sakit Dada Yang Perlu di Waspadai. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar