Pesawat Ruang Angkasa Menemukan Bukti Danau Mars raksasa

No Comments
Pesawat Ruang Angkasa Menemukan Bukti Danau Mars raksasa

Penemuan Danau di Planet Mars

Ilmuwan yang menggunakan pesawat ruang angkasa Mars Reconnaissance Orbiter milik NASA, di orbit di atas permukaan Mars, telah membuat penemuan mengejutkan, sebuah tempat tidur danau kuno kering yang pernah menampung air sebanyak 10 kali lebih banyak karena semua danau besar digabungkan. Ada kemungkinan lokasi ini melihat evolusi milyaran tahun lalu, dan mungkin memberi petunjuk bagaimana kehidupan muncul di planet kita sendiri.

Pengamatan oleh Mars Reconnaissance Orbiter mengungkapkan bahwa terkubur di bawah lembah Eridania terdapat deposit mineral dalam jumlah besar. Analisis lebih lanjut dari mineral tersebut menunjukkan bahwa mereka terbentuk oleh ventilasi bawah air yang dipanaskan secara vulkanik. Miliaran tahun kemudian, gunung berapi tersebut telah punah dan danau telah mengering, namun endapan mineral tetap ada.

"Situs ini dapat memberi kita banyak cerita yang menarik untuk laut yang terdalam, berumur lama dan lingkungan hidrotermal pada laut dalam," kata Paul Niles dari NASA. "Ini menggugah area hidrotermal laut terdalam di Bumi, mirip sekali dengan lingkungan yang mana kehidupan dapat kita temukan di dunia lain, dimana kehidupan tidak lagi memerlukan atmosfer enak atau permukaan yang begitu  hangat, tetapi hanya batuan, air dan panas."
Baca Juga : 8 Tanaman Pemakan Daging Yang Indah Tapi Mematikan
Itu membuat daerah Eridania menjadi salah satu wilayah penting di Mars untuk mencari kehidupan. Jika kita menemukan kehidupan di sana-atau bahkan jejaknya-ia bisa memberi tahu kita lebih banyak tentang seperti apa kehidupan pertama di Bumi. Bahkan jika kita tidak pernah menemukan kehidupan di sana, hasil ini masih merupakan tampilan yang tak ternilai harganya pada kondisi kehidupan pertama terbentuk.

Bahkan jika kita tidak pernah menemukan bukti bahwa telah ada kehidupan di Mars, situs ini dapat memberi tahu kita tentang jenis lingkungan tempat kehidupan dimulai di Bumi, "kata Niles." Aktivitas vulkanik dikombinasikan dengan air berdiri memberikan kondisi yang mungkin serupa dengan kondisi yang ada di Bumi pada waktu yang hampir bersamaan - saat kehidupan awal berkembang di sini. "

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Pesawat Ruang Angkasa Menemukan Bukti Danau Mars raksasa. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar