8 Tanaman Pemakan Daging Yang Indah Tapi Mematikan

No Comments
Tanaman Pemakan Daging - Tanaman pemakan daging atau carnivora mungkin sedikit asing ya di telinga kita, lain halnya dengan hewan pemakan daging yang banyak kita temukan di Indonesia, seperti binatang buas. Ada banyak tanaman pemakan daging yang di temukan di dunia, biasanya tanaman seperti itu memiliki tampilan yang sangat indah, namun sangat mematikan untuk makhluk kecil seperti serangga.

Berjuta tahun evolusi lamanya, alam telah menumbuhkan berbagai jenis tanaman yang tidak biasa dan bisa dikatakan tanaman aneh. Tanaman pemakan daging ini menarik perhatian para hewan kecil seperti serangga, dan memerangkapnya kemudian mencernanya. Jenis hewan yang menjadi incaran atau mangsa tanaman ini dapat meliputi apapun, mulai dari vertebrata kecil, kutu air, dll.

Tanaman Pemakan Daging Yang Indah Tapi Mematikan

1. Nepenthes
Tanaman Pemakan Daging Yang Indah Tapi Mematikan

Tanaman pemakan daging yang pertama bernama Nepenthes, yang berupa genus tumbuhan yang sangat menarik dan sangat indah untuk di pandang. Tanaman carnivora ini asli dari daerah tropis dan menampilkan kurang lebih sebanyak 100 spesies. Nepenthus ini juga terkenal dengan sebutan pitcher Asia, mereka dapat tumbuh diberbagai habitat tropis, baik dari permukaan laut, hingga daerah pegunungan sejuk atau dingin.

Perangkap yang dimiliki oleh tanaman pemakan daging ini merupakan perangkap pasif, yang memiliki bentuk seperti pitcher dan tidak melakukan gerakan. Namun di dalamnya terdapat cairan yang mematikan mangsanya yaitu berupa zat aktif permukaan. Sehingga setiap hewan kecil seperti serangga yang masuk kedalam perangkap ini akan mati secara perlahan.
Baca Juga : 7 Makanan Yang Bagus Untuk Kesehatan Mata
2. Utricularia
Tanaman Pemakan Daging Yang Indah Tapi Mematikan

Tanaman carnivora selanjutnya adalah Utricularia. Tanaman yang sangat indah ini juga memiliki perangkap untuk menjerat mangsanya, dan bahkan perangkap yang dimilikinya lebih canggih dibandingkan dengan tanaman carnivora lainnya. Mangsa yang mendekati perangkap akan tersapu secara otomatis ke dalam perangkap dan kemudian menutupnya.

3. Byblis
Tanaman Pemakan Daging Yang Indah Tapi Mematikan

Tanaman pemakan daging yang satu ini juga dikenal dengan sebutan tanaman pelangi. Tanaman carnivora ini membunuh mangsanya dengan menggunakan perangkap yang berbeda yakni perekat pasif. Pada batang tanaman ini tumbuh rambut kelenjar yang mengandung zat lengket. Nah jika hewan kecil sudah terperangkap dengan zat lengket tersebut, bug kecilnya akan bergerak dan memakan mangsa yang sudah lengket.

4. Cephalotus
Tanaman Pemakan Daging Yang Indah Tapi Mematikan

Tanaman carnivora yang satu ini memiliki spesies yang sangat terbatas dan hanya terdapat di Australia. Tanaman pemakan daging yang satu ini sangat indah dilihat dan memiliki daun berbentuk pitcher yang digunakan sebagai perangkap mangsanya. Makanya tak jarang juga tanaman ini dikenal sebagai pitcher Australia. Jenis perangkap yang digunakan untuk menangkap mangsanya adalah perangkap pitfall. Proses penangkapan mangsanya juga sangat unik, yakni dengan tiga zona antara lain, zona tarik zona, kemudian ada zona slip, dan terakhir zona pencernaan.

5. Heliamphora
Tanaman Pemakan Daging Yang Indah Tapi Mematikan

Heliamphora ini merupakan tanaman pemakan daging yang memiliki umur panjang dan akar yang cukup kuat. Tanaman carnivora ini juga dikenal dengan sebutan pitcher matahari. Daunnya yang berbentuk corong dan di dalamnya terisi air digunakan sebagai perangkap untuk menjerat mangsanya. Jadi setiap hewan yang masuk ke dalam air tersebut akan dicerna dengan menggunakan bantuan bakteri yang hidup di dalam air tersebut.
Baca Juga : Mengenali Jenis Sakit Kepala Agar Mudah Mengobatinya
6. Dionaea
Tanaman Pemakan Daging Yang Indah Tapi Mematikan

Tanaman pemakan daging yang satu ini sangat indah sekali dan memiliki bentuk yang kecil. Tapi meskipun kecil, Dionaea ini sangat agresif sekali. Daunnya berfungsi sebagai perangkap mangsa, jadi setiap mangsa yang datang akan ditangkap dengan cara menutupnya secara cepat. Mangsa yang sudah terjebak akan mati dengan sendirinya dan dicerna dalam jangka waktu yang lama.

7. Drosera
Tanaman Pemakan Daging Yang Indah Tapi Mematikan

Tanaman carnivora yang satu ini juga dikenal dengan sebutan sundews. Uniknya tanaman yang indah ini adalah dapat melakukan pembuahan atau penyerbukan sendiri loh. Jenis perangkap yang digunakan oleh tanaman pemakan daging ini berupa perekat aktif, dengan cara menarik perhatian mangsanya dengan sinyal optiknya. 

8. Pinguicula
Tanaman Pemakan Daging Yang Indah Tapi Mematikan

Tanaman pemakan daging yang terakhir adalah Pinguicula. Sekilas Pinguicula ini terlihat polos dan sangat indah, namun sangat berbahaya buat hewan kecil yang mendekatinya. Untuk menarik perhatian mangsanya, tanaman carnivora ini mengeluarkan bau busuk, dan daunnya mengeluarkan kelenjar lengket yang dapat menjerat mangsanya.

Itu dia 8 tanaman pemakan daging yang terlihat sangat indah namun mematikan buat hewan-hewan kecil. Meskipun disebut sebagai tanaman mematikan, bukan berarti ke 8 tanaman ini mampu berpindah tempat, atau mengejar mangsanya seperti hewan carnivora. Tanaman carnivora ini hanya diam ditempat dan menunggu mangsanya datang.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul 8 Tanaman Pemakan Daging Yang Indah Tapi Mematikan. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar