Cara Mengatasi Mulut Kering Dengan Obat Rumahan

2 comments
Cara Mengatasi Mulut Kering Dengan Obat Rumahan

Cara Mengatasi Mulut Kering, Riuzinfo.com - Penyebab mulut kering, juga dikenal sebagai xerostomia, adalah kurangnya air liur yang disebabkan oleh stres, kecemasan, dehidrasi, penggunaan obat tertentu, merokok, dan beberapa kondisi seperti menopause. Mulut kering membuat sulit mengunyah dan menelan makanan . Hal ini juga menyebabkan masalah kesehatan, seperti luka, bibir pecah-pecah, bau mulut atau tenggorokan kering.

Mereka yang mengalami mulut kering biasanya di malam hari atau saat bangun tidur, sehingga sulit tidur. Meskipun ada pengobatan medis untuk mengatasi kondisi ini, Anda mungkin ingin mempertimbangkan pengobatan di rumah untuk mulut kering seperti yang akan kita bahas dibawah nanti.

Jenis Mulut Kering

Mulut kering merupakan fenomena yang sering terjadi. Beberapa orang mengalami kondisi ini terus-menerus, sementara pengalaman lainnya tanpa terputus. Kita bisa membedakan antara dua jenis mulut kering atau xerostomia:
  • Xerostomia reversibel, mereka yang menderita jenis mulut kering ini dapat memulihkan fluiditas air liur mereka. Biasanya, penyebab utamanya adalah konsumsi beberapa obat.
  • Xerostomia ireversibel, mulut kering merupakan hasil kerusakan ireversibel pada kelenjar ludah. Beberapa penyebab dari situasi ini adalah radiasi yang diterapkan di daerah kepala, sebagai hasil sel kanker di bagian tubuh tersebut.
Baca Juga : Cara Alami Menghilangkan Bau Kaki Yang Menyengat

Penyebab Mulut Kering

Sebelum jauh kita membahas tentang cara mengatasi mulut kering dengan menggunakan obat rumahan, alangkah baiknya jika kita terlebih dahulu beberapa penyebab mulut kering berikut ini :
  • Stres , kegelisahan atau depresi dapat menyebabkan perubahan pada sistem saraf pusat yang fungsi tubuh tertentu, seperti kelenjar ludah, dapat terpengaruh.
  • Tembakau dan alkohol menyebabkan penurunan jumlah air liur yang dihasilkan oleh kelenjar ludah, karena menghambat transmisi impuls saraf.
  • Banyak bicara juga bisa menyebabkan mulut kering.
  • Mengambil obat tertentu , seperti antidepresan, antihistamin dan diuretik juga menurunkan jumlah air liur yang dihasilkan.
  • Beberapa penyakit seperti diabetes atau penyakit sistemik seperti influenza.
  • Sebuah diet seimbang yang sangat tinggi karbohidrat dan kurangnya sayuran dan buah.

Obat Rumahan Untuk Mulut Kering

Setelah mengetahui jenis mulut kering dan penyebab mulut kering, nah sekarang bagaimana cara mengatasi mulut kering dengan obat rumahan?. Dibawah ini beberapa obat rumahan yang bisa Anda gunakan untuk mengobati mulut kering.

1. Lidah Buaya
Cara Mengatasi Mulut Kering Dengan Obat Rumahan

Lidah buaya bisa membantu mengatasi mulut kering karena melindungi jaringan mulut sekaligus bermanfaat bagi selera. Anda hanya perlu minum seperempat cangkir jus aleo vera setiap hari.

2. Jahe
Cara Mengatasi Mulut Kering Dengan Obat Rumahan

Tanaman ini menyediakan banyak khasiat yang bisa digunakan dalam banyak kondisi tubuh manusia. Jahe membantu merangsang produksi air liur oleh kelenjar ludah dan berkontribusi pada perasaan segar di mulut. Cara yang baik adalah mengunyah selembar jahe beberapa kali dalam sehari.

3. Lada
Cara Mengatasi Mulut Kering Dengan Obat Rumahan

Bumbu ini membantu meningkatkan produksi air liur, sangat membantu mulut kering. Penggunaannya didasarkan pada menempatkan sedikit lada di lidah dan menyebarkannya ke permukaan. Ini akan terasa gatal, tapi sensasi gatal inilah yang akan merangsang air liur.

4. Teh Hijau
Cara Mengatasi Mulut Kering Dengan Obat Rumahan

Teh hijau terkenal dengan sifatnya. Ramuan ini memiliki sifat bakteri dan merangsang produksi air liur dan melindungi terhadap infeksi dan bau mulut. Untuk memanfaatkan sifat tanaman yang indah ini, siapkan teh hijau untuk digunakan sebagai obat kumur.

5. Daun Mint
Cara Mengatasi Mulut Kering Dengan Obat Rumahan

Daun mint adalah tanaman yang dikenal dengan aroma segar yang membantu melawan bau mulut dan meningkatkan air liur. Cukup kunyah beberapa daun atau buat teh dan Anda akan mulai mengeluarkan air liur.

6. Cuka Sari Apel
Buah apel dapat meningkatkan jumlah air liur yang dihasilkan. Anda bisa berkumur dengan beberapa cuka sari apel yang diencerkan.
Baca Juga : Makanan Penyebab Sakit Maag Yang Perlu Kamu Ketahui

Tips Menghindari Mulut Kering

berikut adalah beberapa tips untuk menghindari mulut kering yang bisa Anda gabungkan ke dalam rutinitas harian Anda.
  • Pertama, ingatlah bahwa kebersihan mulut sangat mendasar. Oleh karena itu, sikat gigi Anda dengan benar setiap hari untuk menghilangkan bakteri yang terakumulasi di mulut. Selain itu, kebersihan mulut yang tepat membantu mencegah bau mulut, gusi bengkak dan karang gigi.
  • Berhenti merokok juga membantu tidak hanya dalam mengobati mulut kering , tapi juga untuk segudang hal lainnya. Demikian pula, alkohol dan kopi bisa memperparah mulut kering, jadi minumlah secukupnya saja.
  • Selain itu, mengunyah permen karet di siang hari merangsang produksi air liur. Jangan lupa untuk selalu memilih permen tanpa gula.
  • Selain itu, minum banyak air putih di siang hari akan membuat Anda terhidrasi dan melembabkan mulut.
Nah, itulah cara mengatasi mulut kering dengan memanfaatkan beberapa bahan alami yang mudah Anda temukan di rumah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan jangan lupa jaga terus kesehatan mulut Anda agar selalu fresh dan terhindar dari mulut kering.

2 komentar

Artikel yang bermanfaat . Makasih gan

iya sama2 gan, terimakasih sudah berkunjung hehehe

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Cara Mengatasi Mulut Kering Dengan Obat Rumahan. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar