Jumlah Sel Darah Putih Normal Yang Baik Untuk Tubuh Kita

No Comments
Jumlah Sel Darah Putih Normal Yang Baik Untuk Tubuh Kita


Jumlah Sel Darah Putih Normal, Riuzinfo.com - Sel darah putih atau leukosit berfungsi untuk mempertahankan tubuh dari virus, infeksi dan faktor eksternal lainnya yang merupakan ancaman bagi kesehatan. Mengingat peran penting mereka dalam tubuh, memiliki jumlah sel darah putih yang baik sangat penting. Namun, bila nilai lebih tinggi dari biasanya, penting untuk menemui spesialis untuk menentukan alasan kenaikan dan menilai keadaan umum kesehatan Anda. Dalam artikel kali ini, saya akan menjelaskan beberapa kemungkinan alasan peningkatan jumlah sel darah putih, dan juga berapa seharusnya jumlah sel darah putih yang normal dalam tubuh manusia.

Namun, sebelum masuk ke kemungkinan alasan untuk jumlah sel darah putih yang tinggi, penting untuk membedakan antara berbagai jenis sel darah putih atau leukosit, karena masing-masing jenis harus hadir pada tingkat tertentu untuk menjaga kesehatan. Berikut ini adalah jenis sel darah putih :
  • Limfosit : menghasilkan antibodi dan menghancurkan sel abnormal.
  • Monosit : bertanggung jawab atas fagositosis, atau penyerapan organisme tertentu.
  • Neutrofil : adalah kelompok yang paling banyak, dan seperti monosit melakukan fagositosis organisme seperti jamur dan bakteri.
  • Basofil: adalah kelompok yang paling tidak melimpah, dan terlibat dalam proses respons kekebalan untuk mendukung pelepasan zat seperti histamin atau serotonin.
  • Eosinofil : bertanggung jawab tidak hanya untuk fagositosis tetapi juga untuk mengatur respons alergi dan reaksi hipersensitivitas yang terjadi ketika organisme asing memasuki tubuh.

Jumlah Sel Darah Putih Normal

Agar benar-benar sehat, setiap mikrolit darah harus mengandung antara 4.000 dan 11.000 sel darah putih , walaupun beberapa ahli menyarankan bahwa nilai maksimumnya harus 10.000 atau 10.500 tergantung pada usia, jadi batas atas ini sesuai dengan kebijaksanaan laboratorium. Dikatakan bahwa jumlah leukosit tinggi bila jumlah leukosit melebihi 11.000 per mikroliter darah.

Memiliki jumlah sel darah putih yang meningkat dikenal sebagai leukositosis , dan ini menunjukkan bahwa tubuh melawan virus atau infeksi, yang hanya bersifat sementara atau, karena menderita penyakit besar, bisa menjadi keluhan kronis. Penting untuk mengetahui apa penyebab peningkatan jumlah sel darah putih dalam rangka memulai pengobatan yang tepat.
Baca Juga : Kenali Gejala Tekanan Darah Rendah
Berikut ini beberapa penyebab peningkatan jumlah sel darah putih dalam darah :
  • Infeksi, virus atau bakteri. Saat kita terkena flu, virus atau infeksi, tubuh kita bereaksi dengan meningkatkan jumlah sel darah putih untuk melawan benda asing dan menjaga kesehatan.
  • Anemia juga bisa menghasilkan peningkatan sel darah putih.
  • Gejala stres berat juga dapat menyebabkan peningkatan leukosit.
  • Konsumsi beberapa jenis obat, obat-obatan atau narkotika juga dapat memiliki efek yang sama.
  • Reaksi alergi yang parah membuat sistem pertahanan tubuh menurun, sehingga menyebabkan peningkatan sel darah putih.
  • Kehadiran tumor atau leukemia juga menyebabkan jumlah sel darah putih tinggi.
  • Penyakit inflamasi seperti rheumatoid arthritis.
  • Penyakit campak seperti itu, myelofibrosis atau batuk rejan juga menghasilkan peningkatan limfosit.
  • Infark paru
  • TBC.
  • Memiliki kebiasaan merokok.
Jika Anda menderita penyakit menular, bakteri atau virus, atau Anda baru saja sembuh dari penyakit, itu berarti hal normal jika memiliki jumlah sel darah putih yang tinggi. Begitu virus, bakteri atau infeksi terkendali, tingkatnya akan kembali normal.

Kemudian jika menderita penyakit semacam ini dan tes darah menunjukkan jumlah sel darah putih atau leukosit yang tinggi, disarankan untuk menemui ahli hematologi untuk pemeriksaan medis terhadap tes dan pemeriksaan menyeluruh untuk menentukan penyebab peningkatan jumlah sel darah putih di tubuh Anda. Hanya spesialis yang bisa menentukan apa yang menyebabkan kondisi dan rezim perawatan yang tepat.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Jumlah Sel Darah Putih Normal Yang Baik Untuk Tubuh Kita. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar