Manfaat Minyak Kelapa Sawit dan Efek Buruknya Bagi Kesehatan

No Comments
Manfaat Minyak Kelapa Sawit dan Efek Buruknya Bagi Kesehatan


Manfaat Minyak Kelapa Sawit dan Efek Buruknya Bagi Kesehatan - Minyak sawit adalah cairan yang diekstraksi dari buah kelapa sawit, yang secara ilmiah dikenal sebagai Elaeis guineensis , dan berasal dari beberapa wilayah Afrika, meskipun juga banyak dibudidayakan di wilayah Asia Tenggara seperti Indonesia dan juga Amerika Selatan. Minyak sawit adalah salah satu yang paling banyak dikonsumsi di dunia dan faktanya  merupakan ramuan di hampir semua produk makanan di supermarket.

Namun, saat ini berbagai penelitian oleh World Health Organization berpendapat bahwa minyak kelapa sawit bukanlah pilihan yang baik untuk kesehatan kita, walaupun ditemukan banyak digunakan dalam makanan olahan. Itulah sebabnya, dalam artikel kali ini, saya akan memberi Anda beberapa informasi tentang minyak kontroversial ini. Apakah minyak sawit buruk bagi Anda? dan juga manfaat minyak kelapa sawit untuk kesehatan.

Minyak kelapa sawit dihasilkan melalui buah yang diperoleh dari pohon palem Afrika yang juga dikenal dengan nama Elais guineensis. Tanaman tropis ini menghasilkan dua minyak berbeda yakni minyak kelapa sawit, yang diambil dari daging buah, dan minyak inti sawit, yang diambil dari biji buahnya. Yang terakhir adalah produk yang biasa digunakan pada produk komersial. Tanaman cemara ini dibudidayakan di beberapa wilayah di Afrika dan Asia barat daya, ini adalah dua daerah yang menghasilkan minyak kelapa sawit paling banyak dan Malaysia serta Indonesia adalah negara dengan tanaman kelapa sawit terbesar yang tumbuh.
Baca Juga : 5 Khasiat Penting Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil
Seperti yang telah kita sebutkan di atas bahwa minyak kelapa sawit adalah salah satu minyak yang paling banyak digunakan baik secara global maupun harian, kita mengkonsumsinya di hampir semua makanan olahan yang kita beli di supermarket lokal kita. Selain itu, tidak hanya digunakan sebagai bahan dalam produk makanan, namun juga produk ini dapat ditemukan dalam bentuk tak terbatas di berbagai kosmetik, diantaranya krim wajah dan tubuh, dan juga dalam pasta gigi dan sabun untuk merek tertentu. Berikut adalah beberapa alasan mengapa minyak kelapa sawit banyak digunakan diseluruh dunia :
  • Dibandingkan dengan minyak lainnya, minyak kelapa sawit lebih irit diproduksi. Karena itu, kita bisa menemukannya di produk yang berbeda, terutama makanan.
  • Minyak kelapa sawit lebih tahan lama meskipun pada suhu yang berbeda.
  • Karena minyak kelapa sawit mengandung lemak jenuh, dan ini merupakan alternatif bagi produk olahan yang biasa menggunakan lemak trans dari sumber hewani.

Manfaat Minyak Kelapa Sawit

Nutrisi dalam minyak sawit telah terbukti mengandung manfaat tertentu bagi kesehatan manusia, itulah sebabnya mengapa disetujui sebagai bahan yang dapat dikonsumsi di semua negara. Anda juga harus tahu bahwa minyak kelapa sawit saat ini juga digunakan sebagai bahan bakar nabati. Berikut adalah beberapa manfaat minyak kelapa sawit untuk kesehatan :
  • Menurut penelitian terbaru, konsumsi minyak kelapa sawit moderat mempromosikan penggunaan nutrisi secara efisien dan menginduksi hemoglobinisasi sel darah merah yang adekuat dan dengan demikian meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.
  • Terbukti menghambat peroksidasi lipid dan oksidasi protein, sehingga bekerja sebagai antioksidan yang akan melindungi otak dari kerusakan. Jumlah beta karoten dalam minyak ini juga berkontribusi terhadap sifat antioksidannya.
  • Minyak kelapa sawit mengandung vitamin E, yang berkontribusi untuk melawan beberapa penyakit degeneratif neuro seperti stroke iskemik.
Manfaat Minyak Kelapa Sawit dan Efek Buruknya Bagi Kesehatan

Efek Buruk Minyak Kelapa Sawit Untuk Kesehatan

Banyak orang bertanya-tanya apakah itu buruk mengkonsumsi berlebihan minyak kelapa sawit atau palmita? dan jawabannya atas pertanyaan tersebut adalah ''YA''. Karena konsumsi yang berlebihan untuk sehari-hari dapat menimbulkan efek negatif pada kesehatan seseorang.
Baca Juga : Teh Terbaik Untuk Menurunkan Gula Darah
Makanan olahan yang banyak mengandung minyak kelapa sawit memiliki kandungan lemak jenuh yang berlebihan (short chain fatty acids). Sebenarnya, telah ditemukan bahwa sekitar 50% asam lemak dari produk olahan berasal dari jenis ini. Masalah dengan lemak ini adalah lemak jenuh tersebut akan tetap tersimpan dalam tubuh kita, dan dengan konsumsi berulang atau berlebihan, dapat menyebabkan masalah kardiovaskular berikut :
  • Berat badan naik atau obesitas.
  • Hipertensi, sebuah laporan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa ada bukti bahwa minyak kelapa sawit berkontribusi terhadap peningkatan risiko penyakit jantung.
  • Dapat memicu diabetes.
  • Meningkatnya kolesterol jahat (LDL) dalam darah.
  • Mengurangi kolesterol baik (HDL).
  • Memicu masalah pada hati, Sebuah studi baru-baru menemukan bahwa, ketika dikonsumsi dalam jumlah tinggi dapat menginduksi toksisitas yang tinggi ke hati karena berkurang arsitektur radial selular.
Itulah beberapa manfaat minyak kelapa sawit dan juga efek buruk minyak kelapa sawit untuk kesehatan. Tapi ingat, bukan berarti bahwa dengan tidak mengkonsumsi minyak kelapa sawit ini, kita akan terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Tetapi setidaknya kita akan mengurangi resikoya dengan tidak tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Manfaat Minyak Kelapa Sawit dan Efek Buruknya Bagi Kesehatan. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar