7 Spot Surfing Indonesia Berkelas Internasional Selain Bali

No Comments
Spot Surfing Indonesia Berkelas Internasional, Riuzinfo.com - Tidak sedikit para pecinta olahraga surfing atau selancar mencari-cari spot terbaik di berbagai negara untuk mendapatkan momen terbaik. Memang dalam mendapatkan spot surfing tidak boleh sembarangan menentukan karena harus memenuhi beberapa kriteria mulai dari ketinggian ombak, keramahan spot, sampai kemanannya. Mungkin Anda belum terlalu mengenal tentang 7 spot surfing Indonesia dimana memiliki kelas internasional bahkan lebih baik dibandingkan spot surfing di Bali.

Seperti kita tahu banyak pecinta surfing sudah menjadikan Bali sebagai satu spot surfing terbaik di Indonesia, akan tetapi dari informasi satu ini mampu menghadirkan spot selancar terbaik yang tak kalah dibandingkan Bali. Mungkin Anda penasaran mengenai daftar spot surfing terbaik di Indonesia selain Bali, dan langsung saja kita ulas lebih lengkap mengenai tempat-tempat selancar terbaik berkualitas internasional di Indonesia.

Tempat Selancar Terbaik indonesia Berkualitas Internasional

1. Nias, Sumatera Utara
Spot Surfing Indonesia Berkelas Internasional

Salah satu tempat selancar terbaik di Indonesia ada di pulau Nias, Sumatera Utara. Dari tempat surfing yang satu ini sudah dikenal memiliki beragam keunikan terutama pada ukuran gelombang yang memiliki ketinggian 1-5 meter sehingga sangat menantang bagi peselancar di seluruh dunia. Salah satu spot surfing Indonesia berkelas internasional di Nias ini memiliki ciri khas ombak tinggi serta memiliki pemandangan kelas dunia, jadi tak heran bila para peselancar selalu menjadikan Nias sebagai spot surfing terbaik di Indonesia. Anda juga bisa menyaksikan berbagai kontes selancar di sepanjang tahun sehingga dapat menikmati secara langsung seperti apa sensasi selancar di pulau Nias.

2. Pulau Sipora, Sumatera Barat
Spot Surfing Indonesia Berkelas Internasional

Berikutnya di daerah Sumatera Barat tepatnya Pulau Sipora dimana memiliki tempat surfing terbaik yang saat ini masuk dalam daftar spot selancar terbaik versi CNN travel. Menariknya di daerah Sumatera Barat terdapat 400 spot selancar kemudian dari 49 tempat sudah dikenal luas oleh peselancar internasional. Jadi sudah dijamin keren dari segi pemandangan hingga ketinggian ombaknya yang sangat cocok dipakai sebagai spot selancar terbaik di Pulau Sipora. Salah satu spot surfing Indonesia ini mempunyai 4 pulau terbaik salah satunya di Kepulauan Mentawai yang menjadi spot selancar terbaik di dunia. Sudah jelas sektor ketinggian ombak sangat baik untuk peselancar, bahkan ada waktu terbaik bagi surfer jika ingin berkunjung ke Pulau Sipora yakni pada bulan April hingga Oktober.
Baca Juga : 5 Daftar Gunung Paling Angker di Pulau Jawa
3. Sungai Kampar, Riau
Spot Surfing Indonesia Berkelas Internasional

Jika Anda sering berselancar di pantai, tetapi kali ini Anda bisa mencoba sensasi selancar di salah satu sungai di Riau bernama Sungai Kampar. Sudah banyak para surfer lokal maupun internasional mencoba sensasi selancar di Sungai Kampar dimana memiliki ketinggian ombak mencapai 4-5 meter. Ada fenomena unik yang diberi nama Ombak Bono yang sudah terbentuk hasil dari pertemuan arus pasang laut dengan arus pasang sungai. Maka dari itu jangan heran bila di sungai ini memiliki ketinggian ombak mencapai 4-5 meter. Namun, untuk bisa menikmati ketinggian ombak mencpai 5 meter tersebut tidak selalu ada karena hanya terjadi pada tanggal 10-20 di bulan Agustus sampai Desember. Ada satu keunggulan dari spot surfing Indonesia ini yakni memiliki barisan ombak sebanyak 21 sehingga menjadi satu spot cukup ekstrim bagi peselancar.

4. Pulau Nihiwatu, Nusa Tenggara Timur
Spot Surfing Indonesia Berkelas Internasional

Selain selancar di Bali, Anda bisa menikmati keindahan ombak di Pulau Nihiwatu, Nusa Tenggara Timur. Pada pulau satu ini sudah memperlihatkan berbagai macam keunikan terutama dari segi ombak lautnya. Tempat surfing satu ini sudah memiliki julukan bernama Left God Waves yang mana ketinggian hingga gulungan ombaknya sangat menantang.

Namun, bagi pecinta selancar wajib berhati-hati jika ingin mencoba sensasi Pulau Nihiwatu karena hanya diperbolehkan sampai 10 surfer saja dalam satu hari. Jadi tujuannya untuk memberikan ketenangan bagi para tabu di resort sekitar Pulau Nihiwatu. Satu spot surfing Indonesia ini menyajikan suasana tenang dan damai, jadi cocok untuk Anda yang menginginkan suasana tenang.

5. Pantai Tanjung Setia, Lampung
Spot Surfing Indonesia Berkelas Internasional

Jika Anda sedang jalan-jalan di Lampung, ada satu spot menarik bisa digunakan sebagai tempat surfing yakni Pantai Tanjug Setia. Pada spot surfer satu ini sudah semakin terkenal pada beberapa tahun belakangan karena memiliki berbagai keunggulan salah satunya gulungan ombaknya. Bahkan banyak peselancar lokal merasakan sensasi menarik seperti di Hawaii karena memang ketinggian ombaknya bisa mencapai 6-7 meter.

Pantai Tanjung Setia berada di sekitar kawasan Taman Nasional Bukit Barisan sehingga mudah dikunjungi. Tidak hanya menyajikan spot selancar terbaik saja, Pantai Tanjung juga menghadirkan beberapa fasilitas terbaik berupa tempat makan bertema seafood serta pemandangan hingga fasilitas resort berkelas dunia. Jadi Anda bisa memaksimalkan spot surfing Indonesia di Lampung ini pada saat musim liburan.

6. Pantai Plengkung, Jawa Timur
Spot Surfing Indonesia Berkelas Internasional

Tidak hanya di Lampung saja, Anda bisa menikmati tempat berselancar berkualitas dunia yakni di Pantai Plengkung, Jawa Timur. Secara teknik tempat surfing satu ini sudah dikenal dengan nama G-Land. Julukan G-Land tersebut memang diterapkan karena bentuk dari Pantai Plengkung sendiri seperti huruf G. Sedangkan lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi.
Baca Juga : 7 Lokasi Foto Paling Unik di Jakarta
Karakteristik Pantai Plengkung ini tak berbeda jauh dari tempat surfing lainnya, hanya saja dari ketinggian ombaknya bisa mencapai 8 meter dengan garis pantai sepanjang 2 km. Jadi Anda bisa mendapatkan sensasi selancar di spot surfing Indonesia Pantai Plengkung yang mana mampu menyajikan sensasi seperti di Hawaii.

7. Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur
Spot Surfing Indonesia Berkelas Internasional

Terakhir ada Pulau Rote di Nusa Tenggara Timur dimana mampu menyajikan spot surfing terbaik kepada peselancar lokal maupun internasional. Pada spot selancar di Pulau Rote ini menyajikan suasana sepi sehingga cocok bagi Anda yang ingin berselancar di tempat-tempat tak banyak pengunjung. Mengenai ketinggian ombak bisa mencapai 5 meter lebih. Jadi jangan tunggu, segera datangi spot surfing Indonesia terbaik satu ini.

Berbagia tempat ataupun spot surfing Indonesia memberikan banyak pengalaman terbaik bagi para peselancar kelas internasional, ditambah lagi menyajikan pemandangan kelas dunia yang sangat eksotis.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul 7 Spot Surfing Indonesia Berkelas Internasional Selain Bali. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar