8 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Nyeri Haid Dengan Mudah

No Comments
Cara Ampuh Untuk Mengatasi Nyeri Haid, Riuzinfo.com - Gejala nyeri haid atau dalam bahasa medisnya dikenal dengan nama dismenorea merupakan gejala kram otot yang dirasakan oleh seorang wanita pada bagian bawah perut. Rasa sakit atau nyeri ini bisa timbul sebelum dan pada waktu masa menstruasi terjadi. Nyeri haid bisa berlangsung hingga beberapa hari dan adakalanya sebagian wanita merasakan nyeri tersebut sampai tingkat yang cukup parah sehingga rasa sakitnya bisa menyebar hingga ke area paha dan juga punggung mereka.

Gejala nyeri haid ini berbeda dengan premenstrual syndrome (PMS), namun demikian banyak yang menganggap bahwa kedua hal tersebut merupakan sebuah proses yang saling berkaitan. Ketika seseorang mengalami PMS biasanya akan menjadi lebih emosional sehingga banyak yang menganggap bahwa keadaan itu dikarenakan oleh rasa nyeri saat haid, namun demikian hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena tidak semua wanita yang mengalami PMS akan merasakan nyeri pada tubuh mereka.

PMS lebih berkaitan dengan masalah kejiwaan sehingga mempengaruhi tingkat emosional seseorang, sedangkan nyeri haid adalah masalah pada fisik mereka. Ketika seorang wanita semakin bertambah usia maupun setelah memiliki anak, gejala nyeri haid biasanya akan semakin membaik daripada sebelumnya.

Penyebab Munculnya Nyeri Haid

Ketika seorang wanita mengalami gejala nyeri haid, maka hal tersebut bisa disebabkan oleh kontraksi yang terjadi pada dinding rahim sehingga akan menekan pembuluh darah disekitarnya. Dan efek yang di timbulkan oleh proses tersebut adalah dapat menghambat pasokan oksigen ke dalam rahim sehingga dapat memicu rasa sakit atau rasa nyeri pada bagian bawah perut.

Menurut survei, sembilan dari sepuluh orang wanita akan mengalami nyeri haid sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman saat sedang mengalami menstruasi. Meskipun kondisi tersebut merupakan sebuah gejala yang sangat umum terjadi pada wanita, namun efek dari rasa sakit atau nyeri tersebut akan memiliki pengaruh yang berbeda – beda pada setiap wanita. Nyeri haid bisa berlangsung dalam waktu singkat maupun dalam waktu yang cukup lama, sehingga hal tersebut juga dapat mempengaruhi aktivitas harian seseorang.

Nyeri haid yang timbul dibagian bawah perut biasanya juga disertai dengan rasa mulas, dan dibeberapa kasus nyeri haid parah juga disertai dengan gangguan perut lainnya seperti diare dan juga sembelit. Nyeri haid yang berkepanjangan biasanya bisa berlangsung hingga dua minggu, dan jika hal tersebut terjadi ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter ahli agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.
Baca Juga : Penyebab Tubuh Gemetaran dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Nyeri Haid

Ketika rasa nyeri saat haid yang Anda rasakan tidak terlalu parah, maka Anda bisa mengatasi sendiri hal tersebut tanpa perlu bantuan dokter. Untuk mengatasinya, silahkan coba beberapa tips sederhana berikut ini :
1. Kompres Perut Anda
8 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Nyeri Haid Dengan Mudah
Sumber : Yukepo.com

Pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengompres perut atau punggung bagian bawah Anda dengan menggunakan bantalan pemanas. Selain itu, Anda bisa juga berendam didalam air hangat untuk mengatasi masalah nyeri haid yang Anda rasakan.

2. Pijat Dengan Lembut
Anda juga dapat melakukan pemijatan secara lembut pada bagian bawah perut dan pada bagian tulang pinggang Anda secara merata. Lakukanlah pemijatan secara hati – hati disekitar area pusar Anda dengan cara mencubitnya. Selain itu, lakukan juga pemijatan secara lembut dan ringan di sebelah otot bagian dalam dari tulang kering mulai bagian atas hingga bawah.

3. Konsumsi Minuman Hangat
8 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Nyeri Haid Dengan Mudah

Anda bisa mengkonsumsi minuman hangat seperti teh untuk membantu perut Anda menjadi rilex sehingga dapat mengurangi nyeri yang Anda rasakan. Tetapi hindarilah minuman hangat yang mengandung kafein agar tidak memperparah keadaan Anda.

4. Makan Pisang
8 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Nyeri Haid Dengan Mudah

Menjelang siklus datang bulan Anda, perbanyaklah mengkonsumsi buah pisang karena hal tersebut dapat membantu Anda untuk mengurangi rasa nyeri ketika haid tiba.

5. Minumlah Ramuan Herbal
Biasanya, obat tradisional atau ramuan herbal juga manjur untuk mengatasi masalah nyeri haid. Buatlah ramuan herbal dirumah dengan mencampurkan daun dewa dengan kunyit dan rebuslah hingga mendidih. Anda bisa meminum ramuan tersebut 2 kali sehari untuk mengurangi rasa nyeri.

6. Lakukan Olahraga Ringan
Melakukan olah raga ringan seperti berjalan kaki dapat meringankan nyeri haid Anda. Anda juga bisa melakukan aktivitas lari – lari kecil atau jogging untuk memperlancar aliran darah Anda dan untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Selain itu, melakukan tehnik yoga juga dapat membuat Anda semakin rileks dan dapat memperlancar sirkulasi darah yang pada akhirnya akan mampu mengurangi rasa nyeri haid Anda.

7. Konsumsilah Makanan Yang Menyehatkan
Memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin D, vitamin E, omega 3 serta kalsium dan juga magnesium juga dapat membantu Anda mengatasi masalah nyeri haid dengan mudah. Anda juga dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein nabati, serta berbagai macam aneka buah – buahan serta sayuran. Makanan yang mengandung zat besi seperti yang berasal dari sayur bayam maupun kacang – kacangan.

8. Berbaring
Cobalah untuk berbaring di sofa maupun di tempat tidur untuk mengurangi rasa nyeri haid Anda. Ketika masa haid, punggung biasanya juga akan terasa nyeri sehingga dengan berbaring diharapkan rasa nyeri tersebut akan berkurang. Untuk menambah kenyamanan, gunakan bantal untuk menyangga lutut Anda dan ambilah nafas yang panjang dan buang secara perlahan. Lakukanlah hal tersebut secara berulang – ulang hingga Anda merasa nyaman.

Selain yang tersebut diatas, Anda juga dapat mengkonsumsi obat – obatan pereda rasa nyeri untuk membantu mengatasi masalah nyeri haid yang Anda rasakan. Jika masalah nyeri haid tersebut terus berlanjut dan susah untuk diatasi, maka segeralah periksakan diri Anda ke dokter ahli.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul 8 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Nyeri Haid Dengan Mudah. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar