Bahaya, Gejala, Penyebab Dan Cara Mengatasi Anemia

No Comments
Bahaya, Gejala, Penyebab Dan Cara Mengatasi Anemia

Bahaya, Gejala, Penyebab Dan Cara Mengatasi Anemia, Riuzinfo.com
- Sebagian orang menganggap bahwa penyakit anemia dan tekanan darah rendah adalah merupakan kasus yang sama. Hal ini dikarenakan kedua masalah kesehatan tersebut memiliki gejala yang sama atau mirip seperti lelah maupun pusing. Tekanan darah rendah atau hipotensi merupakan suatu keadaan dimana tubuh hanya memiliki tekanan darah sebesar 90/60 mmHg atau kurang.

Sedangkan anemia adalah suatu kondisi dimana tubuh kekurangan produksi sel darah merah atau memiliki kadar sel darah merah rendah (jumlahnya di bawah normal). Karena perbedaan tersebut, maka cara mengatasi masalah tekanan darah rendah dan anemia juga berbeda. Karena bila salah penanganan atau salah dalam mengkonsumsi obat akan bisa membahayakan tubuh kita.
Baca Juga : Jumlah Sel Darah Putih Normal Yang Baik Bagi Tubuh

Bahaya Anemia.

Jika dibiarkan, anemia bisa mengancam kesehatan tubuh kita. Hal itu bisa terjadi karena anemia bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit berbahaya lainnya seperti kerusakan pada otak, jantung maupun kerusakan organ dalam yang lain. Pada tahap lanjut, jika anemia sudah pada tahap kronis dan lama tidak ditangani bisa menyebabkan kematian. Namun demikian, kematian akibat anemia hanya terjadi pada penderita anemia berat dan jarang terjadi pada penderita anemia pada tingkat sedang maupun ringan.

Gejala Anemia

Bagi orang yang mengidap anemia biasanya akan mengalami gejala – gejala seperti sakit kepala , cepat merasa mengantuk ,tubuh terasa lemas atau seperti tidak memiliki energi, kelelahan atau merasa letih, tidak kuat berolahraga / mudah merasa lelah ketika melakukan olahraga, sulit untuk berkonsentrasi, sulit berfikir , terasa nyeri pada tulang, warna kulit dan bagian putih kornea mata tampak kekuning-kuningan, seperti melihat kilatan cahaya pada mata, serta mudah lupa. Jika penyakit anemia terjadi pada tahap yang lebih parah, penderita anemia akan merasakan denyut jantung menjadi semakin cepat , susah bernafas atau nafas tersengal bahkan bisa menyebabkan pingsan.

Penyebab Anemia.

Ada banyak sekali penyebab terjadinya anemia pada tubuh seseorang diantaranya adalah dikarenakan kekurangan zat besi dalam tubuh baik karena kurangnya mengkonsumsi asupan makanan yang mengandung zat besi ataupun karena tubuh tidak bisa menyerap zat besi yang terdapat pada makanan dengan sempurna, kemudian dikarenakan oleh rusaknya sel darah merah secara cepat, serta kehilangan darah atau pendarahan. Ketika anemia menyerang, maka tubuh akan kehilangan simpanan zat besi secara perlahan dan bertahap serta dapat mengurangi produksi hemoglobin serta sel darah merah dalam tubuh.

Untuk kasus anemia yang terjadi pada anak – anak, hal tersebut bisa disebabkan oleh penyakit malaria, terjadinya infeksi yang disebabkan oleh cacing tambang dan juga karena disentri yang menyababkan kekurangan darah yang parah. Selain itu ada beberapa penyebab lagi yang bisa menimbulkan terjadinya anemia dan biasa disebut dengan anemia hemolitik dan anemia aplastik.

Anemia hemolitik disebabkan oleh hancurnya sel darah merah terlalu cepat sebelum waktunya melebihi kemampuan sumsum tulang untuk memperbarui sel darah merah yang rusak tersebut. Anemia hemolitik bisa terjadi karena reaksi dari obat – obatan tertentu didalam tubuh. Kemudian anemia aplastik terjadi ketika sel – sel yang bertugas untuk memproduksi darah merah pada sumsum tulang belakang tidak berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti karena radiasi, kemoterapi, infeksi virus dan juga karena efek penggunaan obat – obatan tertentu.

Selain itu, anemia juga bisa disebabkan oleh beberapa kondisi lainnya seperti defisiensi folat, vitamin B12 serta vitamin A. Peradangan yang kronis, infeksi parasit dan kelainan bawaan juga dapat menyebabkan seseorang terkena anemia.Tetapi dari beberapa penyebab – penyebab anemia tersebut, kekurangan zat besi dianggap sebagai penyebab utama dan paling umum bagi para penderita anemia di seluruh dunia.

Cara Mengatasi Anemia

Untuk mencegah terjadinya anemia, kita bisa mengkonsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang dan mengandung asupan zat besi yang mencukupi untuk kebutuhan tubuh kita. Zat besi ini bisa kita peroleh dari berbagai jenis makanan seperti yang berasal dari sayuran yang memiliki daun berwarna hijau gelap atau hijau tua seperti pada sayur bayam, kangkung, kacang polong dan juga berbagai jenis kacang – kacangan lainnya. Anda juga dapat mengkonsumsi sereal yang telah diperkuat dengan zat besi.
Baca Juga : Bahaya Obesitas dan Cara Mengatasinya
Selain yang tersebut diatas, Anda juga bisa mengkonsumsi daging untuk memperoleh kandungan zat besi yang mencukupi. Anda disarankan untuk mengkonsumsi daging merah seperti daging sapi ataupun kambing , karena daging merah memiliki kandungan zat besi yang lebih mudah diserap oleh tubuh dari pada kandungan zat besi yang terdapat pada sayuran maupun sereal yang telah diperkuat dengan kandungan zat besi.

Bagi Anda penderita anemia, Anda juga bisa membuat ramuan obat sendiri dirumah dengan mencampur 1 butir kuning telur bersama dengan 60 gram daun bayam merah dan rebus dengan air secukupnya. Anda dapat mengkonsumsi ramuan tersebut secara teratur sebanyak 2 kali sehari. Daun bayam merah juga bisa Anda sajikan sebagai minuman jus yang dapat Anda campur dengan madu dan telur. Atau, Anda bisa juga membuat pasta dari bayam merah dan mencampurnya dengan daging sebagai sajian makanan yang lezat. Selain itu, mengkonsumsi hati ayam juga bisa membantu menyembuhkan penyakit anemia.

Dikarenakan anemia bisa menjadi penyakit yang sangat berbahaya dan juga mematikan, ada baiknya Anda tetap menjaga kesehatan tubuh Anda dengan melakukan olahraga secara teratur dan juga mengkonsumsi makanan bergizi serta mengandung asupan zat besi yang cukup setiap harinya agar kondisi tubuh tetap dalam kondisi prima, sehingga Anda dapat menjalankan aktivitas harian dengan normal dan dengan semangat tinggi. Selain itu, rutin melakukan pemeriksaan ke dokter ahli juga bisa membuat Anda mendapatkan penanganan medis secara dini jika terindikasi adanya penyakit anemia dalam tubuh Anda.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Bahaya, Gejala, Penyebab Dan Cara Mengatasi Anemia. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar