Bahaya Obesitas Dan Cara Mengatasinya

No Comments
Bahaya Obesitas Dan Cara Mengatasinya


Bahaya Obesitas Dan Cara Mengatasinya, Riuzinfo.com - Obesitas merupakan sebuah gejala penumpukan lemak yang sangat tinggi didalam tubuh yang membuat berat badan seseorang meningkat melebihi batas yang wajar. Obesitas bisa menyebabkan atau menimbulkan penyakit komplikasi pada tubuh seseorang dan pada tingkatan tertentu bisa mengancam nyawa seseorang. Beberapa penyakit komplikasi yang bisa timbul pada tubuh seseorang yang diakibatkan oleh gejala obesitas adalah penyakit jantung coroner, diabetes tipe 2, stroke, kanker usus dan juga kanker payudara. Selain itu obesitas juga bisa membuat orang merasa kurang percaya diri sehingga bisa menimbulkan gejala stres maupun depresi.

Pada dasarnya orang yang memiliki berat badan ideal akan memiliki tingkat kesehatan lebih baik dari pada orang yang memiliki masalah obesitas. Tetapi banyak orang yang menganggap bahwa orang yang terlihat gemuk berarti mengidap gejala obesitas. Padahal ada perbedaan antara orang gemuk dan orang yang mengidap obesitas walaupun keduanya memang memiliki kelebihan lemak ditubuh mereka.

Untuk pemahaman secara mudahnya, orang yang memiliki tubuh gemuk belum tentu mengalami obesitas, tetapi orang yang mengidap gejala obesitas sudah pasti memiliki tubuh yang gemuk dan memiliki resiko mengidap penyakit berbahaya. Sehingga untuk mengetahui secara pasti bahwa seseorang mengalami gejala obesitas atau tidak memang harus dilakukan pemeriksaan yang tepat.

Jika Anda memiliki tubuh gemuk dan khawatir mengidap obesitas, ada cara yang cukup sederhana dan dapat Anda lakukan dirumah untuk mengetahui keadaan tubuh Anda. Caranya adalah dengan menghitung Indeks Massa Tubuh atau Body Mass Index (BMI) dengan menggunakan rumus sebagai berikut :

Ketika hasil BMI Anda dibawah 18,5 maka Anda masuk kategori kurus karena nilainya dibawah standar. Jika nilai BMI tubuh Anda berkisar antara 18,5 – 24,9 maka Anda memiliki berat badan dalam kategori normal. Dan ketika nilai BMI Anda mencapai 25,0 – 29,9 maka Anda mengalami kelebihan berat badan atau gemuk. Ketika nilai BMI Anda mencapai 30,0 keatas maka Anda mengalami gejala obesitas dan rawan akan penyakit.

Lebih lanjut, obesitas masih dibagi menjadi beberapa tingkatan mulai dari yang ringan hingga pada tingkatan parah. Ketika nilai BMI Anda berkisar antara 30,0 – 34,9 maka Anda menderita obesitas ringan atau tingkat satu. Jika nilai BMI Anda berkisar pada angka 35,0 – 39,9 maka Anda mengidap obesitas tingkat dua. Tetapi bila nilai BMI melebihi angka 40,0 maka dikelompokkan pada obesitas tingkat tiga atau ekstrem, dengan kata lain orang tersebut mengidap obesitas yang sangat parah.

Sebagai contohnya, jika Anda memiliki berat badan 65 kg dan memiliki tinggi badan 1,75 m (175 cm) maka nilai BMI Anda adalah 65 : (1,75 x 1,75) = 21,6 berarti Anda memiliki berat badan pada kategori normal. Selain cara diatas, ada satu cara lagi yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui tingkat obesitas pada tubuh Anda yaitu dengan cara mengukur lingkar pinggang. Ukuran lingkar pinggang yang aman bagi pria adalah maksimal 90 cm, sedangkan untuk wanita maksimal 80 cm. Jika ukuran lingkar pinggang melebihi batas tersebut, maka Anda perlu mewaspadai gejala obesitas.
Baca Juga : Cara Mengobati Varises Menggunakan Cuka Apel

Penyebab Obesitas

Gaya hidup modern seperti sering memakan makanan yang mengandung kalori tinggi tanpa diimbangi pola hidup sehat akan memudahkan Anda terserang obesitas. Asupan kalori tinggi pada tubuh tanpa di imbangi gaya hidup aktiv atau olahraga secara teratur akan membuat energi yang tersisa dari hasil pembakaran kalori tersebut akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak. Jika tumpukan lemak tersebut terus bertambah, maka tubuh Anda akan menjadi semakin gemuk dan sangat beresiko akan obesitas.

Selain dikarenakan asupan kalori yang berlebih, obesitas juga bisa disebabkan oleh masalah genetika atau faktor keturunan , karena efek samping yang timbul karena mengkonsumsi obat – obatan seperti obat antidepresan, dan juga dikarenakan oleh komplikasi dari suatu penyakit tertentu. Malas berolah – raga secara teratur, kerusakan pada salah satu bagian otak yaitu pada bagian hipotalamusventromedial (HVM), serta makan secara berlebihan juga bisa menyebabkan timbulnya obesitas.

Cara Mengatasi Obesitas

Untuk mengatasi timbulnya masalah obesitas yang bisa sangat merugikan tersebut, maka Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini :

1. Lakukan diet rendah kalori
Lakukan pola makan sehat setiap hari dan hindari atau kurangilah makanan yang mengandung banyak kalori agar tubuh Anda tetap pada berat badan yang ideal. Konsumsilah makanan rendah lemak dan kurangi asupan makanan yang mengandung gula.

2. Lakukan olahraga teratur
Olahraga memang sangat efektif untuk membakar kalori dalam tubuh. Konsumsi kalori yang banyak masih bisa diterima oleh tubuh dengan catatan Anda harus sering berolah raga secara teratur agar pembakaran kalori menjadi sempurna dan tidak mengendap menjadi lemak tubuh yang berlebihan. Anda tidak perlu berolahraga terlalu berlebihan untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Cukup lakukan olahraga ringan yang tak terlalu menguras tenaga seperti berjalan kaki, bersepeda ataupun berenang. Lakukan olahraga setidaknya 150 menit perminggu.

Melakukan penurunan berat badan secara alami tidak dapat dilakukan secara instan dan memerlukan waktu yang cukup lama hingga diet yang Anda lakukan membuahkan hasil maksimal. Disini kesabaran kita diuji untuk tetap memiliki komitmen yang kuat dalam melakukan program diet jangka panjang dan teratur. Untuk beberapa kasus, penanganan dari dokter ahli sangat diperlukan jika pola hidup sehat dengan diet rendah kalori maupun melakukan olahraga secara teratur belum mampu mengatasi masalah obesitas pada tubuh Anda. Biasanya dokter akan memberikan jenis obat tertentu untuk Anda konsumsi yang efeknya dapat menurunkan penyerapan lemak di dalam saluran pencernaan Anda.

Ketika tingkat obesitas sudah pada kedaan yang sangat parah dan tidak bisa di sembuhkan dengan cara sewajarnya, maka jalan terakhir adalah dengan melakukan operasi pengangktan lemak tubuh. Operasi memang bisa membuat Anda kehilangan lemak secara cepat, tetapi operasi tidak bisa menjamin Anda akan bebas dari obesitas jika tidak diikuti dengan pola makan sehat dan olah raga secara teratur.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Bahaya Obesitas Dan Cara Mengatasinya. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar