Cara Mudah Mengatasi Kerontokan Rambut Secara Alami

No Comments
Cara Mudah Mengatasi Kerontokan Rambut Secara Alami

Mengatasi Kerontokan Rambut Secara Alami, Riuzinfo.com
- Bagi sebagian orang masalah rambut rontok bisa menjadi hal yang sangat menyebalkan. Selain bisa mengganggu penampilan seseorang, kerontokan rambut parah yang tidak segera diatasi bisa menyebabkan kebotakan. Sehingga banyak orang yang merasa cemas ketika mendapati rambut mereka rontok ketika sedang menyisir maupun ketika melakukan aktivitas yang lain. Sebenarnya masalah kerontokan rambut merupakan hal yang wajar dan dialami oleh setiap orang. Selama jumlah rambut yang rontok tidak berlebihan maka Anda tidak perlu merasa khawatir maupun cemas menghadapi hal tersebut.

Penyebab Rambut Rontok

Rambut yang rontok bisa disebabkan oleh berbagai hal dan diantaranya adalah karena faktor bertambahnya usia, faktor keturunan, karena kondisi medis tertentu yang dialami oleh seseorang, serta dapat diakibatkan oleh bahan kimia ketika mewarnai rambut maupun karena akibat meluruskan rambut secara permanen. Beberapa hal tersebut merupakan faktor utama yang sering mengakibatkan seseorang mengalami kerontokan rambut. Selain yang tersebut diatas, gejala rambut rontok juga bisa diakibatkan oleh hal – hal berikut ini :
  • Perubahan hormon tubuh, Secara tidak disadari, perubahan hormonal yang terjadi pada wanita hamil ternyata dapat menyebabkan kerontokan rambut yang berlebihan.
  • Karena adanya pengaruh psikologis, Ketika seseorang mengalami perubahan kondisi psikologis seperti stres, adanya tekanan fisik yang berat seperti setelah melahirkan maupun setelah menjalani operasi besar dan juga karena timbulnya gejala depresi ternyata dapat mengakibatkan seseorang mengalami kerontokan rambut.
  • Karena pengaruh mengkonsumsi obat - obatan, Ketika Anda mengkonsumsi obat –obatan seperti obat penghilang depresi, tekanan darah tinggi maupun obat untuk mengatasi gangguan jantung juga bisa menyebabkan seseorang mengalami rambut rontok.
  • Kekurangan asupan gizi, Jika Anda mengkonsumsi makanan dengan asupan gizi yang tidak mencukupi untuk kebutuhan tubuh Anda termasuk nutrisi untuk rambut seperti zat seng maupun protein, maka rambut Anda akan tumbuh dengan lebih tipis sehingga akan membuat rambut Anda rapuh dan mudah rontok. Oleh karena itu, mengkonsumsi asupan makanan yang memiliki gizi yang seimbang sangat dianjurkan.

Baca Juga : Cara Membuat Masker Wajah Alami Untuk Kulit Berminyak

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Apakah Anda pernah mengalami rambut rontok secara berlebihan?. Jika Anda mengalaminya, berarti ada masalah pada kesehatan rambut Anda. Berikut ini kami sajikan tips aman dan alami untuk mengatasi kerontokan rambut bagi Anda.

1. Menggunakan Lidah Buaya
Cara Mudah Mengatasi Kerontokan Rambut Secara Alami

Tanaman lidah buaya memang terkenal ampuh untuk mengatasi gejala kerontokan rambut yang mungkin saja Anda derita. Hal ini dikarenakan lidah buaya memiliki kandungan vitamin A, vitamin D , zat besi dan juga protein yang bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut rontok. Anda cukup mengoleskan gel yang terdapat pada daging lidah buaya ke rambut dan juga kulit kepala Anda secara merata.

Diamkan olesan gel tersebut selama sekitar lima belas menit hingga setengah jam agar nutrisinya dapat diserap oleh rambut dan juga kulit kepala Anda. Setelah itu bilas / cuci bersih menggunakan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka lakukan cara tersebut setiap hari. Para ahli menyatakan bahwa kandungan vitamin dan juga mineral yang terdapat pada lidah buaya dapat memperbaiki kerusakan rambut, merangsang pertumbuhan rambut baru serta dapat menghitamkan rambut Anda secara alami.

2. Gunakan Santan
Cara Mudah Mengatasi Kerontokan Rambut Secara Alami

Santan dari perasan air kelapa yang biasa digunakan untuk memasak ternyata juga dapat mengatasi masalah kerontokan rambut. Cara penggunaannya pun cukup mudah yaitu dengan mengoleskan santan secara merata pada rambut dan kulit kepala Anda serta pijit kulit kepala Anda agar santan dapat meresap dan biarkan selama setengah jam. Bila perlu bungkus rambut Anda dengan handuk hangat agar khasiatnya semakin bertambah. Kemudian cuci bersih rambut Anda menggunakan sampo. Melakukan perawatan rambut menggunakan santan secara rutin setidaknya sekali sehari dapat membuat rambut Anda menjadi halus dan mudah ditata sehingga meminimalisir terjadinya kerontokan rambut ketika disisir.

3. Memakai Minyak Zaitun
Cara Mudah Mengatasi Kerontokan Rambut Secara Alami

Minyak zaitun mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin A, C, D, E dan juga vitamin K. Selain itu minyak zaitun juga mengandung zat besi serta kalsium yang dapat mengurangi kerontokan rambut. Anda cukup mengusapkan minyak zaitun pada rambut dan kulit kepala secara merata dan pijat dengan lembut. Diamkan minyak zaitun yang menempel pada rambut selama 30 menit, kemudian bilas sampai bersih menggunakan sampo. Lakukan perawatan tersebut sehari sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Bawang Putih
Cara Mudah Mengatasi Kerontokan Rambut Secara Alami

Bawang putih juga bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok dan juga ketombe. Haluskan beberapa siung bawang putih kemudian oleskan secara merata ke kulit kepala sambil memijitnya secara perlahan. Diamkan bawang putih tersebut selama 30-60 menit kemudian bilas hingga bersih.

5. Menggunakan Yogurt
Cara Mudah Mengatasi Kerontokan Rambut Secara Alami

Mengatasi kerontokan rambut menggunakan yogurt juga dapat Anda coba dirumah. Kandungan vitamin D, kalium, kalsium dan juga protein pada yogurt dapat memberikan nutrisi pada rambut Anda serta dapat menguatkan akar rambut. Oleskan yogurt tawar keseluruh permukaan rambut dan pijit kulit kepala secara perlahan. Biarkan yogurt menempel pada rambut sekitar 5 menit kemudian cuci menggunakan sampo sampai bersih. Itulah beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan dirumah untuk mengatasi rambut yang rontok. Untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya rambut rontok, Anda bisa mencoba beberapa tips sederhana berikut ini.
Baca Juga : Cara Mendapatkan Kulit Cantik Seperti Model

Tips Mencegah Rambut Rontok

Lakukan beberapa hal sederhana berikut ini untuk mencegah terjadinya kerontokan pada rambut kesayangan Anda :
  • Usahakan untuk menghentikan kebiasaan menarik dan memelintir rambut. Karena hal tersebut akan membuat rambut Anda rusak dan mudah rontok.
  • Jangan mengikat rambut terlalu kencang. Jika Anda sering menguncir maupun mengepang rambut Anda, maka hal tersebut bisa menyebabkan kerontokan rambut
  • Hindari menggaruk kulit kepala menggunakan kuku agar kulit kepala tetap sehat dan tidak terluka yang bisa mengakibatkan infeksi sehingga mempengaruhi kekuatan akar rambut Anda.
  • Jika Anda menyisir rambut, pakailah sisir dengan gigi yang jarang. Menyisir rambut menggunakan sisir yang bergigi terlalu rapat juga dapat membuat rabut Anda tertarik , rusak dan rontok.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Cara Mudah Mengatasi Kerontokan Rambut Secara Alami. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar