Curug Bidadari, Pesona Alam Tersembunyi Di Kawasan Wisata Sentul Paradise Park Bogor

2 comments
Curug Bidadari, Pesona Alam Tersembunyi Di Kawasan Wisata Sentul Paradise Park Bogor

Curug Bidadari Kawasan Wisata Sentul, Riuzinfo.com
- Kawasan Sentul yang masuk wilayah Bogor ini memang terkenal dengan sirkuit kebanggaan Indonesia yaitu Sirkuit Internasional Sentul dan sering digunakan untuk menggelar balapan tingkat nasional maupun internasional. Tetapi yang yang menjadi ikon wilayah tersebut bukan sebatas pada sirkuitnya saja, disana juga terdapat kawasan perumahan mewah Sentul City serta berbagai macam tempat wisata menarik lainnya. Kali ini kami akan menyajikan artikel tentang tempat wisata di kawasan Sentul berupa air terjun yang memiliki nama Curug Bidadari.

Bagi Anda yang ingin melepas kepenatan dari hiruk pikuk perkotaan, maka destinasi wisata Curug Bidadari tersebut sangat cocok untuk Anda gunakan sebagai tempat berlibur bersama keluarga. Sebelum berganti nama menjadi Curug Bidadari, air terjun tersebut sebelumnya bernama Curug Bojong Koneng karena letak air terjun ini memang berada di wilayah Desa Bojong Koneng – Babakan Madang – Bogor. Ketika area wisata ini diambil alih oleh pihak pengelola Sentul Paradise Park, maka air terjun tersebut berganti nama menjadi Curug Bidadari.

Selain agar mudah di ingat, nama Curug Bidadari juga dirasa sangat pas dengan suasana air terjun tersebut yang terlihat begitu indah layaknya bidadari. Selain itu, di area curug atau air terjun ini juga tersebar legenda tentang seseorang yang bernama Jaka Tarub yang sering mengintip para Bidadari yang turun dari kayangan untuk mandi di curug tersebut dari balik bebatuan besar yang ada di dekat Curug Bidadari ini.

Untuk menuju lokasi wisata ini pun tergolong cukup mudah, jika Anda berkendara melalui tol Jagorawi dari arah Jakarta maka Anda dapat keluar dari pintu tol Sentul Selatan. Dari sana Anda bisa mengikuti petunjuk arah yang telah tersedia untuk menuju area wisata air terjun / Curug Bidadari tersebut.

Fasilitas Di Area Curug Bidadari

Curug Bidadari ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter diatas permukaan tanah, sehingga dari kejauhan pun sudah terlihat pesona dari air terjun tersebut. Meskipun tempat tersebut merupakan wisata air terjun, tetapi pihak pengelola telah mempercantik area wisata ini dengan berbagai macam fasilitas yang dapat menunjang aktivitas para wisatawan disana. Di dekat air terjun telah dibangun sebuah kolam yang berukuran sangat luas dan memiliki kedalaman yang bervariasi mulai dari 30 cm hingga 1,5 meter sehingga para wisatawan pun dapat menikmati keindahan air terjun sambil berendam ataupun bermain air di dalam kolam yang telah tersedia. Air kolam tersebut langsung diambil dari sumber air yang memilki warna air jernih dan alami. Curug Bidadari ini terletak di area perbukitan, sehingga para wisatawan juga akan disuguhi pemandangan perbukitan hijau yang indah mengelilingi area wisata tersebut.
Baca Juga : Menikmati Akhir Pekan di Area Wisata Kampung Indian Kediri
Batu besar yang menjadi legenda kisah Jaka Tarub tadi, kini telah di belah dibagian tengahnya untuk mempermudah akses para pengunjung menuju air terjun dan telah dihubungkan dengan jembatan yang melintasi kolam. Selain memiliki keindahan yang memukau, debit air terjun tersebut tergolong cukup tinggi dan mengalir kebawah dengan deras. Sehingga para wisatawan juga perlu hati – hati jika ingin mandi dibawah guyuran air terjun ini agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Disamping kolam telah dilengkapi dengan pasir laut berwarna putih halus yang langsung didatangkan dari Belitung. Sehingga ketika berada di dekat kolam, kita akan merasakan suasana seperti sedang di pinggir pantai dengan pemandangan air terjun yang sangat indah di depan kita. Pihak pengelola Sentul Paradise Park juga telah melengkapi kolam tersebut dengan permainan air seperti waterslide atau seluncuran , penyewaan perahu bebek serta pelampung berukuran besar.

Bagi Anda yang ingin merasakan berseluncur dari ketinggian, di area wisata ini juga telah tersedia permainan flying fox yang melintas di atas kolam. Setelah lelah dari aktivitas bermain air, Anda juga bisa merasakan terapi ikan yang juga telah tersedia disana. Terapi ikan ini diyakini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti mengangkat sel kulit mati maupun memperlancar peredaran darah. Bagi Anda yang ingin ingin menyantap kuliner di area wisata ini pun akan mudah menemukan tempat makan beserta para penjual pernak – pernik untuk oleh – oleh.

Curug Bidadari, Pesona Alam Tersembunyi Di Kawasan Wisata Sentul Paradise Park Bogor

Harga Tiket Curug Bidadari

Untuk dapat masuk ke area Curug Bidadari ini para pengunjung akan di kenakan tarif yang berbeda – beda tergantung dari hari kunjungan mereka. Harga tiket untuk hari Senin – Jum’at ( Weekday ), wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp. 25.000. Jika Anda berkunjung kesana pada hari Sabtu - Minggu ( Weekend ) maka tarifnya akan naik menjadi Rp. 40.000. Lain lagi jika Anda berkunjung kesana pada saat musim liburan , maka harga tiketnya bisa naik lagi berkisar antara Rp. 40.000 – Rp. 50.000.

Dikawasan tersebut telah disediakan fasilitas lain seperti musholla, toilet, serta area parkir yang sangat luas. Tetapi jika Anda berkunjung bersama rombongan menggunakan kendaraan besar seperti bus, maka area parkirnya akan cukup jauh dari lokasi air terjun sehingga Anda perlu melintasi jalanan menurun kearah air terjun sekitar 1 km. Tetapi jika Anda lelah untuk berjalan, maka disana juga telah tersedia ojek yang akan mengantar Anda sampai kelokasi dengan tarif yang terjangkau.

Itulah ulasan singkat kami tentang tempat wisata alternatif yang berada dekat dengan ibukota Jakarta. Sehingga bagi para traveler yang berencana melakukan liburan alam dengan suasana yang menyenangkan, maka Anda layak mencoba tempat wisata tersebut. Lokasi wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB

2 komentar

terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://rahma-store.com/red-jelly-ms-glow/

ok gan, terimakasih sudah berkunjung...

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Curug Bidadari, Pesona Alam Tersembunyi Di Kawasan Wisata Sentul Paradise Park Bogor. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar