Fakta Menarik Tentang Daun Stevia Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

No Comments
Fakta Menarik Tentang Daun Stevia Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Fakta Menarik Tentang Daun Stevia, Riuzinfo.com
- Pernahkan Anda mendengar tentang daun stevia?. Di Indonesia, daun ini telah menjadi populer dalam waktu beberapa tahun belakangan ini. Hal itu dikarenakan banyaknya produsen gula rendah kalori yang mulai mengenalkan dan memproduksi daun stevia sebagai bahan pemanis rendah kalori pengganti gula alami yang biasanya terbuat dari ekstrak tanaman tebu.

Seperti yang kita ketahui bahwa mengkonsumsi gula secara berlebihan bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti obesitas, karies gigi, diabetes serta dapat menyebabkan ganngguan kesehatan pada organ jantung maupun hati. Dengan hadirnya daun stevia sebagai pemanis alternatif, maka timbulnya gejala – gejala di atas bisa diminimalisir sekecil mungkin dan Anda pun aman untuk mengkonsumsinya.

Fakta Daun Stevia

Daun stevia merupakan tanaman semak yang masuk kedalam kelompok keluarga bunga matahari. Tanaman stevia ini memiliki lebih dari 200 jenis spesies dan berasal dari benua Amerika seperti Brazil maupun Paraguay. Uniknya, tanaman ini mempunyai daun yang memiliki rasa manis alami dengan tingkat kemanisan yang sangat tinggi. Daun stevia diklaim memiliki rasa hingga 300 kali lebih manis dibandingkan gula pasir yang biasa kita temukan dipasaran.

Daun stevia biasa digunakan oleh masyarakat Paraguay maupun Brazil sebagai bahan masakan yang telah berlangsung sejak jaman dahulu. Kini, masyarakat dari negara Eropa , Amerika, Jepang dan juga Indonesia telah mulai memanfaatkan daun stevia sebagi bahan pemanis alternatif pengganti gula yang dikalim jauh lebih menyehatkan dari pada gula tebu.
Baca Juga : 4 Manfaat Utama Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh
Rasa manis daun stevia berasal dari zat yang bernama steviol glikosida dan memiliki kadar kalori yang sangat rendah. Dari sekian banyaknya jenis daun stevia yang tumbuh di bumi ini, tanaman stevia rebaundina merupakan jenis tanaman stevia yang memiliki rasa manis tanpa meninggalkan rasa pahit dimulut. Dan jenis inilah yang paling banyak digunakan sebagai bahan pemanis alami yang tersebar dipasaran. Pada tahun 1991, Food and Drug Administration A.S. pernah menyatakan bahwa mengkonsumsi daun stevia dapat memicu kanker sehingga daun stevia sempat dilarang digunakan di wililayah Amerika Serikat.

Seiring perkembangan waktu, pernyataan tersebut terbantahkan oleh sebuah penelitian pada tahun 1995 yang mendapatkan fakta bahwa daun stevia sangat aman untuk dikonsumsi dan tidak menyebabkan kanker seperti yang telah dituduhkan sebelumnya, sehingga akhirnya daun stevia pun boleh dijual bebas di wilayah Amerika Serikat. Sama halnya seperti Amerika, Jepang juga pernah melarang penggunaan daun stevia secara bebas. Setelah Jepang menyelesaikan uji klinis terhadap daun stevia tersebut, maka pada akhirnya daun stevia pun disahkan sebagai pemanis alami dan boleh dikonsumsi oleh masyarakat Jepang hingga kini.

Daun stevia biasanya diproduksi dan dijual dalam bentuk ekstrak bubuk / serbuk dan kini cukup mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang beragam. Namun demikian, kita juga perlu waspada terhadap berbagai macam produk pemanis dari ekstrak stevia. Karena ada beberapa produk pemanis stevia yang pengolahannya di campur dengan zat erythritol yang merupakan kandungan gula lakohol serta dextrose yang merupakan pemanis yang diambil dari sari pati beras maupun jagung yang bisa saja berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.

Manfaat Daun Stevia

Selain memiliki rasa manis yang berkali – kali lipat dibandingakan gula tebu, pemanis dari daun stevia ternyata juga memiliki banyak sekali manfaat yang berguna untuk menunjang kesehatan tubuh Anda. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami sajikan ulasan tentang manfaat pemanis dari daun stevia :

1. Baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes
Biasanya, para penderita penyakit diabetes di sarankan untuk menghindari makanan yang mengandung gula. Karena mengkonsumsi makanan yang manis dapat memperparah keadaan penderita penyakit diabetes. Penyakit diabetes yang tidak ditangani secara tepat bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius seperti glukoma, katarak, stroke dan juga dapat memicu serangan jantung. Namun ketika pasien diabetes mengkonsumsi pemanis yang berasal dari daun stevia, mereka tidak perlu khawatir kadar gula darahnya melonjak. Hal ini disebabkan pemanis dari daun stevia sangat rendah kalori sehingga aman untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

2. Dapat menurunkan tekanan darah tinggi
Kandungan glikosida yang ada pada ekstrak daun stevia mampu melebarkan pembuluh darah serta dapat meningkatkan pengeluaran natrium. Para peneliti menemukan bahwa kedua hal tersebut dapat membantu tubuh dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga tekanan darah tetap pada tingkat yang sehat.

3. Dapat mencegah obesitas pada anak - anak
Rata – rata, anak – anak sangat senang mengkonsumsi makanan yang manis. Jika hal tersebut dibiarkan, maka mereka dapat mengalami peningkatan berat badan yang berlebihan dan bisa menyebabkan masalah obesitas. Obesitas yang telah terjadi sejak dini akan membuat mereka rawan terserang penyakit kronis ketika dewasa nanti. Untuk menghindari hal tersebut, maka Anda bisa mengganti asupan sukrosa (gula tebu) pada anak – anak dengan menggunakan ekstrak daun stevia. Selain baik untuk anak – anak, gula stevia juga sangat baik untuk di konsumsi oleh semua kalangan termasuk ibu hamil maupun ibu menyusui.

4. Memiliki sifat anti kanker
Sebuah penilitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi daun stevia yang dicampur dengan daun blekberi juga dapat digunakan sebagai pengobatan alami untuk mengatasi masalah kanker usus.

Selain yang tersebut diatas, mengkonsumsi daun stevia juga dapat mencegah kegemukan pada semua kalangan usia, menangkal radikal bebas, sebagai anti inflamasi dan juga dapat menangkal racun. Karena begitu banyaknya manfaat daun stevia untuk menjaga kesehatan tubuh kita, maka tidak salah jika Anda menjadikan pemanis dari ekstrak daun stevia tersebut sebagai pengganti gula untuk konsumsi harian Anda.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Fakta Menarik Tentang Daun Stevia Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar