Inilah 4 Manfaat Utama Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh Anda

No Comments
Inilah 4 Manfaat Utama Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Utama Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh, Riuzinfo.com
- Berbicara tentang vitamin, maka vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang paling popular di kalangan masyarakat umum. Hal ini dikarenakan vitamin C memiliki banyak sekali manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Vitamin C juga dikenal dengan sebutan asam askorbat dam merupakan jenis vitamin yang larut dalam air. Untuk sekedar diketahui vitamin C tidak diproduksi sendiri oleh tubuh kita, oleh karena itu kita perlu mengkonsumsi makanan ataupun suplemen yang mengandung vitamin C untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian yang diperlukan oleh tubuh kita.

Ketika tubuh kekurangan asupan vitamin C, maka akan timbul berbagai macam masalah dan penyakit didalam tubuh kita. Ketika seseorang kekurangan asupan vitamin C di dalam tubuh, maka bisa mengakibatkan nyeri sendi, pendarahan pada gusi, gigi tanggal dan gingivitis atau sebuah inflamasi dari gusi yang disebabkan oleh akumulasi plak dan juga bakteri. Selain itu, orang yang kekurangan asupan vitamin C juga bisa mengalami perubahan suasana hati yang tidak menyenangkan dan membuat orang tersebut mudah marah dan juga gampang emosi. Para penderita anemia juga dikaitkan dengan kurangnya asupan vitamin C dalam tubuh mereka.
Baca Juga : Bahaya Obesitas dan Cara Mengatasinya

Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan

Karena vitamin C memiliki peranan yang sangat besar untuk menjaga kesehatan tubuh, maka kita perlu memperhatikan asupan vitamin C harian untuk tubuh kita secara tepat. Berikut ini beberapa manfaat yang terdapat pada vitamin C :

1. Sebagai Antioksidan
Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan dan akan membatu menjaga kerusakan sel – sel dalam tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas dalam tubuh yang tidak ditangani akan menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, kanker dan juga dapat menimbulkan resiko penuaan dini.

2. Membantu Produksi Kolagen Dalam Tubuh
Kolagen merupakan sebuah protein yang sangat diperlukan oleh tubuh kita yang dapat mencegah keriput pada kulit, memperlampat proses penuaan, serta dapat menjaga kesehatan dan mencerahkan kulit. Selain itu, kolagen juga dapat membantu proses penyembuhan luka pada tubuh. Ketika asupan vitamin C dalam tubuh terpenuhi, maka proses produksi kolagen dalam tubuh juga akan berjalan dengan lancar.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh
Salah satu manfaat lain dari vitamin C adalah dapat membantu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh kita. Ketika tubuh mengalami sakit batuk maupun pilek, maka asupan vitamin C sangat diperlukan untuk membantu mengobati penyakit tersebut. Selain itu vitamin C juga akan menjaga tubuh kita tetap bugar ketika menjalankan aktivitas berat. Vitamin C juga memiliki peranan yang penting dalam membantu tubuh untuk menyerap zat besi dari makanan yang kita konsumsi serta dapat membantu dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita yang dapat melindungi tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.

4. Dapat Membantu Merawat Kesehatan Tulang
Selain yang tersebut diatas, vitamin C juga diyakini dapat membantu menjaga dan merawat kesehatan tulang rawan, menjaga kesehatan gigi serta kesehatan tulang secara keseluruhan. Vitamin C juga dipercaya mampu mencegah penyakit katarak , penyakit batu empedu, serta mampu menjaga kesehatan jantung dan juga pembuluh darah.

Efek Buruk Kelebihan Vitamin C

Itulah tadi beberapa manfaat utama yang terdapat pada vitamin C. Meskipun ada banyak manfaat yang terkandung pada vitamin C, namun kita perlu memperhatikan jumlah asupan vitamin C untuk tubuh kita. Jika tubuh kelebihan asupan vitamin C, maka hal tersebut malah bisa menyebabkan beberapa efek buruk bagi tubuh kita. Ketika kita mengkonsumsi suplemen vitamin C secara berlebihan maka bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan seperti diare, mual , muntah, nyeri ulu hati, kram dan juga sakit perut, sakit kepala , penyakit batu ginjal dan juga insomnia. Tetapi gejala – gejala yang tersebut diatas bisa segera mereda dan hilang ketika kita menghentikan konsumsi vitamin C.

Lebih lanjut, ketika kita mengkonsumsi vitamin C dalam dosis tinggi dapat menyebabkan beberapa penyakit lainnya seperti peningkatan ekskresi asam urat dan dapat membuat kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin B12 serta tembaga menjadi berkurang. Menurut United States Food and Nutrition Board of the Institute of Medicine, ukuran konsumsi vitamin C harian yang dianjurkan untuk tubuh kita setiap harinya adalah 90 mg/hari untuk pria, serta 75 mg/hari untuk wanita .

Jika asupan vitamin C melebihi batas tersebut, maka tidak ada manfaat lebih yang diterima oleh tubuh kita. Ketika asupan vitamin C dalam tubuh kita melebihi batas yang diperlukan, maka tubuh akan membuang kelebihannya secara alami melalui urin.
Baca Juga : 5 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh

Sumber Vitamin C Yang Baik Untuk Tubuh

Dipasaran banyak dijual suplemen vitamin C secara bebas yang bisa kita dapatkan untuk memenuhi asupan vitamin C harian kita. Namun demikian untuk menghindari tubuh kelebihan asupan vitamin C dan mencegah terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan, maka jauh lebih baik jika Anda mendapatkan asupan vitamin C secara alami yang berasal dari buah – buahan serta sayuran seperti yang terdapat pada buah jeruk, kiwi, stroberi, jambu biji, kubis dan juga brokoli.

Inilah 4 Manfaat Utama Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Jika Anda ingin mengkonmsumsi suplemen vitamin C untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda dengan aman, maka ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ataupun tenaga medis yang kompeten agar mendapatkan saran yang tepat sehingga Anda tidak akan kelebihan dosis. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya efek samping dari mengkonsumsi vitamin C secara berlebihan. Maka pastikan asupan vitamin C harian Anda terpenuhi dengan kadar yang wajar dan tidak berlebihan.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Inilah 4 Manfaat Utama Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh Anda. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar