Jalan-Jalan Menjelajahi Keindahan Goa Gong Pacitan

No Comments
Jalan-Jalan Menjelajahi Keindahan Goa Gong Pacitan

Menjelajahi Keindahan Goa Gong Pacitan, Riuzinfo.com
- Kota Pacitan yang masuk wilayah Provinsi Jawa Timur ini memiliki keindahan pesona alam yang luar biasa. Banyak sekali objek wisata yang menarik dan layak di kunjungi seperti pantai maupun gua. Bagi Anda yang sedang berlibur ataupun sedang merencanakan liburan di daerah Pacitan Jawa Timur, tak lengkap rasanya jika belum berkunjung ke salah satu destinasi wisata gua yang sangat popular disana.

Karena keindahan dari gua – gua yang ada di Pacitan , maka kota ini juga mendapatkan julukan sebagai kota seribu satu gua. Salah satu gua yang paling terkenal disana bernama Goa Gong. Gua ini disebut – sebut menjadi salah satu gua terindah yang ada di Asia Tenggara. Ketika anda mulai memasuki area gua, maka Anda akan disambut oleh keindahan stalagtit dan juga stalagmit yang telah memiliki umur ratusan tahun dan tetap menempel kuat di langit – langit Goa Gong tersebut. Goa Gong ini memiliki kedalaman sepanjang 256 meter yang akan membuat Anda berdecak kagum ketika menyusuri kedalaman gua tersebut.

Walaupun berada di dalam perut bumi, tetapi Anda tidak perlu khawatir akan kegelapan ketika berada didalam Goa Gong. Pengelola Goa Gong telah melengkapi gua ini dengan prasarana yang cukup memadai untuk menunjang keamanan dan kenyamanan para pengunjungnya seperti telah terpasangnya lampu penerangan, kemudian tangga yang dilengkapi dengan pagar atau pegangan untuk memudahkan wisatawan menyusuri gua serta kipas angin di beberapa titik yang menyemburkan udara sejuk.
Baca Juga : 7 Destinasi Favorit Untuk Bulan Madu di Indonesia
Walaupun sudah ada lampu penerangan, tetapi banyak pengunjung yang masih merasakan suasa yang cukup gelap ketika berada didalam gua. Hal ini memang dikarenakan lampu penerangan yang sudah terpasang di beberapa bagian gua tersebut hanya mampu memberikan penerangan yang temaram di dalam gua. Sehingga banyak wisatawan yang memanfaatkan lampu penerangan dari gadget atau smartphone yang mereka bawa.

Tetapi bagi Anda yang tak ingin direpotkan dengan menenteng smartphone sepanjang perjalanan hanya untuk mendapatkan lampu penerangan yang lebih memadai, di pintu masuk area wisata Goa Gong banyak masyarakat setempat yang menyediakan penyewaan senter sebagai alat penerangan dengan tarif sewa yang cukup murah yaitu hanya Rp. 5.000 saja. Lampu penerangan yang terdapat didalam Goa Gong tersebut juga berfungsi sebagai lampu hias untuk mempercantik tampilan stalagtit dan stalagmit di dalam gua.

Salah satu keunikan yang ada di dalam Goa Gong adalah adanya sebuah batu yang terletak di dalam gua tersebut dan dapat mengeluarkan bunyi seperti sebuah gong ketika dipukul. Selain itu, berdasarkan kisah dari masyarakat setempat konon katanya pada zaman dahulu warga sekitar sering mendengan bunyi seperti gong yang ditabuh yang berasal dari dalam gua itu. Hal inilah yang membuat gua yang berada di wilayah Kota Pacitan ini disebut dengan Goa Gong.

Kemunculan Goa Gong ini diakibatkan oleh aktivitas vulkanik serta gerakan termik yang diperkirakan telah berlangsung selama ratusan hingga ribuan tahun yang lalu. Hingga sekarang di bagian langit – langit gua ini masih terlihat tetesan air yang merupakan tanda bahwa proses pembentukan stalagtit dan stalagmitnya masih berlangsung sampai saat ini. Beberapa stalagtit dan stalagmit yang ada di dalam Goa Gong ini juga memiliki nama tersendiri untuk mengabadikan keindahannya seperti Selo Jengger Bumi, Selo Bantaran Angin, Selo Pakuan Bomo, Selo Adi Citro Buwono dan lain sebagainya. Goa Gong terbagi menjadi beberapa bagian ruangan yang menyajikan keindahan batuan alam dengan bentuk beranekaragam. Ruangan – ruangan di dalam gua ini memiliki nama masing masing seperti ruang Sendang Bidadari yang memiliki sendang kecil dengan air dingin yang bersih.

Kemudian ada ruang Kristal dan Marmer, seperti namanya ruangan ini terdapat batu Kristal dan juga batu Marmer yang memiliki kualitas mendekati sempurna. Batu marmer tersebut bisa tembus cahaya dan diklaim sebagai batu marmer terbesar dan terindah bukan hanya di Indonesia saja, tetapi dinobatkan sebagai sebuah batu marmer terindah dan terbesar se Asia.

Kemudian ada ruang Bidadari yang konon katanya didalam ruangan ini terkadang terlihat bayangan seorang wanita cantik menyerupai bidadari yang melintas ditempat tersebut. Kemudian ada beberapa ruangan lagi seperti ruang Pertapaan dan juga ruang Batu Gong. Selain yang telah tersebut diatas, didalam area Goa Gong ini juga terdapat beberapa sendang atau kolam dengan mata air yang diyakini oleh sebagian masyarakat memiliki kekuatan magis untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Sendang tersebut adalah sendang Panguripan, sendang Jampi Rogo, sendang Relung Jiwo, sendang Relung Nisto dan sendang Kamulyan.
Baca Juga : 10 Tempat Strategis di Karimun Jawa Yang Tak Boleh Anda Lewatkan
Disalah-satu ujung lorong dari Goa Gong ini terdapat sebuah ruangan yang membentuk kubah raksasa yang memiliki panjang sekitar 100 meter dan lebar ruangannya antara 15-40 meter, serta memiliki ketinggian langit - langit hingga 30 meter yang dihiasi stalagtit dan stalagmit dengan berbagai macam ukuran dan bentuk yang mampu membuat pengunjungnya berdecak kagum akan pesona dan keindahan yang tersaji di dalam gua ini.

Anda akan memerlukan waktu yang cukup lama hingga mencapai satu jam untuk menjelajahi dan menikmati keindahan yang ada di dalam Goa Gong ini. Namun demikian, waktu yang cukup lama tersebut akan terbayarkan dengan pesona alami yang di miliki oleh gua tersebut. Untuk mempromosikan keindahan obyek wisata Goa Gong keseluruh penjuru dunia, maka pemerintah setempat pernah mengadakan konser musik yang bertempat di dalam salah satu ruangan yang ada di dalam Goa Gong tersebut dan disiarkan langsung di empat negara.

Untuk tiket masuknya sendiri tergolong cukup ramah dikantong para wisatawan. Para pengunjung Goa Gong hanya di pungut retribusi tiket masuk sebesar Rp. 5.000 saja dan ketika hari Sabtu, Minggu dan musim libur tiba maka tiketnya akan naik menjadi Rp. 10.000. Goa Gong dibuka setiap hari untuk para pengunjung mulai dari pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Jalan-Jalan Menjelajahi Keindahan Goa Gong Pacitan. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar