Manfaat Daun Kelor Untuk Menyembuhkan Berbagai Penyakit

No Comments
Manfaat Daun Kelor Untuk Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Berbagai Manfaat Daun Kelor, Riuzinfo.com
- Sebagian besar masyarakat di Indonesia tak akan asing dengan nama daun kelor. Bahkan tak sedikit orang – orang yang menyukai masakan daun kelor sebagai konsumsi sayuran harian mereka dirumah. Walaupun merupakan jenis sayuran yang terkenal, tetapi tahukan Anda tentang manfaat yang terkandung didalam daun kelor ini?. Daun kelor yang merupakan tumbuhan asli Indonesia ini merupakan tumbuhan yang berasal dari suku moringaceae dan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Tetapi sayangnya di masa modern ini daun kelor mulai kalah popular dengan berbagai jenis masakan modern dan juga makanan cepat saji.

Daun kelor memiliki ukuran daun yang kecil dan berbentuk bulat telur atau agak sedikit lonjong. Daun kelor tersusun secara majemuk dan terlihat rapi didalam satu tangkainya. Karena berbagai macam khasiat yang dimiliki oleh daun kelor, maka daun ini tidak hanya terkenal di dalam negeri saja tetapi sampai kemancanegara. Daun kelor tidak hanya baik dikonsumsi untuk orang dewasa saja, tetapi anak – anak pun juga disarankan secara rutin mengkonsumsi daun kelor. Hal ini disebabkan oleh kandungan nutrisi pada daun kelor yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kandungan nutrisi yang terdapat pada buah- buahan ataupun sayuran yang lainnya.

Pohon kelor sejak lama dianggap sebagai tanaman ajaib yang daunnya sering digunakan sebagai ramuan obat herbal dan diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Kandungan vitamin A pada daun kelor sangat tinggi setara dengan empat kali kandungan vitamin A yang terdapat pada wortel. Selain itu, daun kelor juga memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak jika dibandingkan dengan sayuran ataupun jenis buah – buahan lainnya. Vitamin C yang terdapat didalam daun kelor setara dengan tujuh kali kandungan vitamin C yang terdapat pada buah jeruk.
Baca Juga : Kenali Cara Penularan dan Pencegahan HIV / AIDS
Kemudian, kalsium dan juga potasium di dalam daun kelor juga memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Kandungan kalsium pada daun kelor lebih besar hingga empat kali lipat jika dibandingakn dengan susu, dan kandungan potasiumnya memiliki jumlah tiga kali lebih tinggi dari pada pisang. Untuk mengetahui lebih jelas apa saja manfaat mengkonsumsi daun kelor bagi kesehatan tubuh Anda, berikut ini kami sajikan ulasan singkat tentang manfaat dari daun kelor ini.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh Anda.

1. Mampu mengatasi masalah diabetes
Mengkonsumsi sayuran dari daun kelor mampu mengatasi masalah diabetes yang mungkin saja Anda derita. Daun kelor mampu mengurangi kadar gula dalam darah dan berfungsi sebagai insulin alami yang dapat mengatasi masalah diabetes. Oleh karena itu, mengkonsumsi daun kelor secara rutin dapat mencegah serangan penyakit gula darah atau diabetes.

2. Dapat mencegah kanker
Daun kelor mengandung antioksidan yang sangat tinggi serta memiliki kandungan potasium yang banyak. Kedua zat tersebut mampu untuk mencegah terjadinya serangan kanker pada tubuh. Mengkonsumsi sayuran yang terbuat dari daun kelor dapat memperlambat dan menghentikan penyebaran penyakit kanker dan juga dapat membersihkan sel – sel kanker dari dalam tubuh kita.

3. Menjaga kesehatan kulit
Kandungan vitamin C dan antioksidan yang dimiliki oleh daun kelor juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit tubuh kita. Ketika Anda ingin menjaga kesehatan serta menghaluskan tampilan kulit tubuh Anda, maka Anda disarankan untuk mengkonsumsi daun kelor secara teratur. Selain itu, mengkonsumsi daun kelor juga dapat mencegah timbulnya jerawat.

4. Dapat menjaga kesehatan mata
Kandungan vitamin A yang tinggi pada daun kelor terbukti mampu menjaga kesehatan mata. Mengkonsumsi daun kelor secara teratur dapat menjaga kesehatan mata Anda dan menjaga pengelihatan tetap jernih. Daun kelor juga dapat mengobati penyakit mata dengan cara mengkonsumsinya secara langsung atau membasuhkan air rebusan daun kelor kepada mata yang sakit.

5. Membantu menyembuhkan penyakit rematik
Jika Anda memiliki gejala penyakit rematik, maka disarankan untuk mengkonsumsi daun kelor. Mengkonsumsi daun kelor secara teratur dapat mengurangi rasa sakit pada sendi bagi penderita rematik dan mampu mengurangi penumpukan asam urat pada sendi yang pada akhirnya akan menyembuhkan penyakit asam urat atau rematik tersebut.

6. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Daun kelor mengandung zat polyphenol yang merupakan antioksidan dan dapat membersihkan racun dalam tubuh kita. Mengkonsumsi daun kelor secara rutin setiap hari dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh kita tidak mudah terserang penyakit.

7. Menjaga kesehatan ginjal
Daun kelor mengandung berbagai macam zat antioksidan yang mampu menangkal dan menetralisir serangan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas yang disebabkan oleh pola gaya hidup yang buruk dapat menyerang organ vital seperti ginjal. Dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin, maka radikal bebas dalam tubuh Anda bisa diatasi dan pada akhirnya ginjal Anda tetap terjaga kesehatannya.
Baca Juga : Cara Mengobati Varises Menggunakan Cuka Apel
Nah, itulah beberapa manfaat atau khasiat tentang daun kelor yang dapat kami sampaikan kepada Anda. Dengan mengetahui fakta bahwa daun kelor memiliki berbagai macam manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda, maka ada baiknya jika Anda memasukkan daun kelor kedalam menu masakan harian Anda agar Anda beserta keluarga medapatkan manfaat besar dari daun ajaib tersebut.

Walaupun pada dasarnya daun kelor ini tidak memiliki efek samping, tetapi disarankan bagi ibu hamil agar tidak mengkonsumsi tangkai dan juga akar dari pohon kelor tersebut. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan zat kimia pada bagian tersebut yang diyakini dapat menimbulkan kontraksi dan dapat berefek pada keguguran.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Manfaat Daun Kelor Untuk Menyembuhkan Berbagai Penyakit. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar