Menikmati Keindahan Panorama Alam Pantai Gemah Tulungagung

No Comments
Menikmati Keindahan Panorama Alam Pantai Gemah Tulungagung

Panorama Alam Pantai Gemah Tulungagung, Riuzinfo.com
- Pantai Gemah yang berlokasi di Desa Keboireng, Kecamatan Besuki Kota Tulungagung ini bisa dibilang sebagai spot baru untuk menikmati keindahan pantai di pesisir selatan pulau Jawa. Apalagi setelah mega proyek pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) di pulau Jawa yang menghubungkan Banyuwangi hingga Pacitan Jawa Timur ini selesai maka akses jalan menuju Pantai Gemah Tulungagung pun semakin mudah untuk dicapai oleh para wisatawan.

Bagi Anda yang ingin menikmati liburan dengan suasana pantai yang nyaman serta di kelilingi oleh bukit – bukit yang mempesona, maka Pantai Gemah merupakan salah satu tujuan wisata yang tepat untuk Anda kunjungi. Harga tiket masuk pantai ini juga terbilang murah, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya tiket sebesar Rp. 5.000 saja untuk bisa masuk dan menikmati keindahan pesona alam Pantai Gemah Tulungagung ini.

Walaupun ketika hujan deras akses jalan masuk dari loket hingga pantainya becek dan berlumpur, tetapi hal itu tidak mengurangi keindahan Pantai Gemah yang memiliki hamparan pasir berwarna putih kecoklatan tersebut. Dari pintu masuk menuju pantainya hanya berjarak sekitar 50 meter saja , dan bagi Anda yang membawa kendaraan baik roda dua ataupun roda empat bisa memarkirkan kendaraannya didekat pantai dibawah rindangnya pohon pinus.
Baca Juga : Liburan di Farmhouse Lembang di Akhir Pekan
Dan yang patut diacungi jempol, di sepanjang lokasi pantai ini kondisinya sangat bersih dan bebas sampah. Sepertinya pihak pengelola Pantai Gemah memang memperhatikan faktor kenyamanan para pengunjungnya. Bagi Anda yang ingin bermain air , bisa berenang di Pantai Gemah ini dengan aman dan nyaman karena ombak lautnya relatif tenang dan memiliki air laut yang bersih.

Namun demikian, karena pantai ini berada di kawasan pantai selatan yang terkenal dengan ombaknya yang ganas dan bisa datang sewaktu – waktu, maka kewaspadaan tetap harus dijaga. Pantai Gemah yang masuk kawasan teluk Popoh ini juga menyediakan berbagai macam sarana bermain untuk melengkapi kunjungan Anda kepantai ini.

Keindahan Pantai Gemah Terbentang Disepanjang Teluk Popoh

Teluk Popoh Tulungagung memang menyajikan panorama alam yang sangat memukau dan memiliki beberapa pantai , salah satunya adalah Pantai Gemah ini yang sangat tepat digunakan untuk menikmati panorama alam pesisir pantai laut selatan. Jika Anda ingin menjelahi pantai yang terbentang panjang hingga hampir satu kilometer ini dan tak ingin kelelahan, maka Anda bisa menyewa motor trail ataupun ATV yang telah disediakan oleh pengelola.

Untuk tarif sewanyapun tidak mahal, Anda cukup membayar sebesar Rp. 30.000 jika ingin menyewa motor trail dengan durasi 30 menit, dan Rp. 40.000 jika ingin menjelajahi pantai menggunakan ATV dengan waktu sewa yang sama yaitu 30 menit. Kendaraan trail ataupun ATV tersebut cukup mudah untuk dikendarai mulai dari anak – anak hingga orang dewasa baik pria maupun wanita.

Saat musim libur tiba, pantai ini akan sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah dan Anda perlu antri menunggu giliran jika ingin menyewa dan menggunakan motor trail maupun ATV. Ketika Anda menyusuri pantai ke arah utara, maka Anda akan masuk area Pantai Sidem tanpa dikenakan biaya lagi. Bagi yang ingin berkeliling teluk di area Pantai Gemah, maka Anda bisa menggunakan jasa penyewaan perahu motor dengan tarif Rp. 10.000 perorang dan Anda pun akan dibawa berkeliling menyusuri laut di sekitar pantai dengan waktu berkeliling sekitar 10-20 menitan.

Pihak pengelola juga masih menyediakan satu wahana permainan lagi untuk menemani liburan para wisatawan yaitu flying fox yang terbentang sepanjang sekitar 100 meter dari atas bukit sampai ke area pantai. Flying fox ini berada di atas bukit dengan ketinggian sekitar 50 meter, jadi bagi Anda yang ingin menjajal wahana permainan tersebut harus rela menanjaki bukit dahulu. Tetapi rasa lelah ketika menanjak tadi akan segera hilang tergantikan dengan rasa puas dan bahagia ketika meluncur kebawah dengan disuguhi pemandangan alam yang sangat indah.

Ketika Anda lelah dari aktivitas di sekitar pantai, disana telah tersedia warung makanan yang berjajar rapi yang bisa Anda gunakan untuk istirahat melepas lelah sambil menikmati santapan makanan laut seperti tuna bakar maupun cumi bakar. Harga dari hidangan laut ini tergolong cukup murah, untuk ikan tuna bakar ukuran kecil memiliki harga 25 ribu dan Anda akan mendapatkan 2 ekor tuna bakar. Walaupun ukurannya dianggap kecil, tetapi porsi tersebut sudah cukup untuk 2 orang. Untuk ikan tuna yang lebih besar dijual dengan harga 50 ribu per ekor.
Baca Juga : Jalan-Jalan Menjelajahi Keindahan Goa Gong Pacitan
Selain tuna, warung makan tersebut juga menyediakan cumi dan salmon bakar. Untuk minumannya, tersedia berbagai macam pilihan minuman yang menyegarkan . Salah satunya adalah es kelapa yang dijual seharga Rp. 5.000 pergelasnya. Bagi Anda yang ingin menggunakan fasilitas toilet, disana tersedia sangat banyak toilet yang berjajar rapi dan bersih dengan tarif Rp. 2.000 saja. Di kawasan Pantai Gemah ini juga telah disediakan musholla yang bersih dengan jumlah yang cukup banyak.

Bagi Anda yang ingin berlibur di akhir pekan, Pantai Gemah memang sangat layak untuk dikunjungi karena pantai ini menyediakan pemandangan yang indah dan masih alami. Keindahan tidak hanya terbatas pada kawasan pantainya saja, Anda juga akan disuguhi pemandangan yang memukau seperti perbukitan hijau dengan udara yang bersih dan sejuk serta jalan yang halus dan lebar saat menuju pantai tersebut. Jalur menuju Pantai Gemah memang harus melalui perbukitan, hal ini dikarenakan Jalur Lintas Selatan memang dibangun disepanjang pesisir pantai selatan yang membelah bukit.

Selain itu, lokasi Pantai Gemah juga berada dikawasan teluk Popoh yang dikelilingi oleh perbukitan hijau dan masih alami. Jarak Pantai Gemah dari pusat kota Tulungagung hanya sekita 30 km saja. Jadi jika akhir pekan nanti Anda ingin merencanakan liburan, sudah ada satu tempat lagi yang layak Anda masukkan kedaftar kunjungan Anda.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Menikmati Keindahan Panorama Alam Pantai Gemah Tulungagung. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar