Menikmati Kesejukan Udara Telaga Ngebel, Danau Alami Di Kaki Gunung Wilis Ponorogo

No Comments
Menikmati Kesejukan Udara Telaga Ngebel, Danau Alami Di Kaki  Gunung Wilis Ponorogo

Menikmati Kesejukan Udara Telaga Ngebel, Riuzinfo.com
- Kesenian budaya Reog Ponorogo sudah dikenal luas tidak hanya di Indonesia saja, tetapi bahkan sampai ke penjuru dunia. Oleh karena itu, kota ini dikenal dengan sebutan Kota Reog atau Bumi Reog. Ponorogo yang terletak di sebelah barat Provinsi Jawa Timur ini ternyata memiliki berbagai macam destinasi wisata yang mengagumkan dan layak untuk dikunjungi, salah satunya adalah Telaga Ngebel.

Telaga Ngebel merupakan sebuah danau alami yang berada pada ketinggi +734 meter di atas permukaan laut. Telaga ini terletak di sebuah area perbukitan di kaki Gunung Wilis sehingga membuat udara sekitar menjadi sejuk dan bersih dengan suhu udara berkisar antara 20 – 26 derajat celcius. Ketika malam tiba, kawasan disekitar telaga ngebel akan terasa cukup dingin.

Telaga Ngebel terletak di sebuah Kecamatan yang bernama Ngebel dan masuk di dalam wilayah kabupaten Ponorogo, sehingga danaunya pun mendapatkan julukan yang sama dengan nama kecamatan tersebut. Dari pusat kota Ponorogo, letak danau ini tidak terlalu jauh hanya sekitar 30 km dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan dengan waktu kurang dari satu jam. Telaga ini memiliki keliling sekitar 5 km dan Anda dapat mengitarinya menggunakan kendaraan untuk menikmati seluruh suasana yang ada disekitar telaga.

Disekitar telaga juga telah tersedia jalanan beraspal dengan ukuran yang cukup sempit dibeberapa titik, sehingga jika ada mobil yang berpapasan maka salah satu harus minggir dahulu agar kendaraan yang lain bisa lewat. Untuk memasuki area Telaga Ngebel ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 6.000 saja.
Baca Juga : Menikmati Keindahan Panorama Alam Pantai Gemah Tulungagung

Sejarah Telaga Ngebel

Ketika berkunjung kesuatu daerah atau tempat wisata alam di Indonesia, mungkin Anda sering mendengar tentang sejarah atau legenda yang menyertainya dan tidak terkecuali dengan Telaga Ngebel ini. Asal – usul dari terbentuknya Telaga Ngebel tersebut dikaitkan dengan sebuah legenda yang menceritakan sebuah kisah tentang seekor ular naga yang bernama Baru Klinting yang merupakan jelmaan dari seorang Patih dari Kerajaan Bantarangin.

Saat itu sang Patih sedang melakukan meditasi dan merubah wujudnya menjadi seekor ular, kemudian tanpa sengaja ada warga yang menemukan ular tersebut dan membawa pulang ular jelmaan itu untuk dijadikan hidangan makan mereka. Tetapi secara tiba – tiba ular tersebut berubah wujud menjadi seorang anak kecil dan membuat warga kaget, kemudian dia membuat sebuah sayembara bagi masyarakat sekitar untuk mencabut lidi yang telah ditancapkannya ketanah. Tetapi tak ada seorangpun yang mampu mencabutnya, kecuali anak tersebut.

Ketika anak itu mencabut lidi yang tertancap tadi, secara tiba – tiba keluar mata air yang mengalir cukup deras dan berbau menyengat yang pada akhirnya air tersebut menggenang dengan cakupan wilayah yang sangat luas sehingga menjadi sebuah danau. Kemudian danau atau telaga tersebut diberi nama Telaga Ngebel. Ngebel sendiri memiliki arti bau yang menyengat.

Fasilitas Di Telaga Ngebel

Karena Telaga Ngebel ini berada di sebuah kecamatan yang cukup padat penduduk, maka disekeliling telaga akan dijumpai banyak rumah penduduk , sekolahan , masjid dan juga kantor kecamatan maupun lapangan. Di dekat telaga ini juga telah tersedia pasar yang biasa digunakan oleh penduduk sekitar untuk melakukan transaksi jual beli barang kebutuhan pokok mereka sehari – hari.

Dengan demikian, para wisatawan tak perlu bingung jika ingin mencari kebutuhan pokok disana dan tak perlu repot – repot membawa bekal karena di sekitar Telaga Ngebel juga telah tersedia banyak rumah makan yang sebagian besar memeliki konsep lesehan serta menyediakan berbagai macam menu makanan seperti ikian gurame. Selain itu, disana juga tersedia minimarket, mesin ATM, serta penginapan dengan tarif yang murah. Untuk di telaganya sendiri, telah dibangun sebuah dermaga yang akan memudahkan para wisatawan jika ingin menikmati permainan air seperti kapal motor / bus air , perahu bebek maupun speedboat. Dan untuk menikmati permainan air tersebut tarifnya pun tidak mahal, berkisar dari Rp. 6.000 hingga Rp. 70.000 saja dan Anda bisa puas menjelajahi pesona alam

Telaga Ngebel yang dikelilingi oleh perbukitan hijau dengan udara sejuk. Untuk memudahkan wisatawan menuju objek wisata ini, pemerintah daerah telah menyediakan angkutan umum yaitu Bus Damri dengan trayek yang dimulai dari Terminal Seloaji Ponorogo - Jenangan – Pasar Pon – Pasar Sonngolangit dan berakhir di Telaga Ngebel. Untuk tarifnya hanya Rp. 10.000 saja dan Anda akan sampai di Telaga Ngebel tanpa harus capek diperjalanan karena berkendara dengan kendaraan sendiri. Untuk perjalanan menggunakan Bus Damri ini lama perjalanannya pun maksimal hanya satu jam saja.
Baca Juga : Jalan-Jalan Menjelajahi Keindahan Goa Gong Pacitan

Buah Durian Lokal Ngebel Menjadi Favorit Wisatawan

Selain memiliki keindahan alam, ternyata di sekitar Telaga Ngebel juga banyak tersedia penjual durian. Dan biasanya, salah satu tujuan para wisatawan yang datang ke Telaga Ngebel ini ternyata bukan hanya untuk berlibur menikmati keindahan sekitar danau saja, tetapi mereka juga berburu durian asli Ngebel yang terkenal memiliki rasa yang enak dan memiliki harga yang terjangkau. Durian lokal Ngebel ini dipatok dengan harga mulai dari Rp. 15.000 untuk ukuran kecil hingga seharga Rp. 100.000 untuk ukuran yang besar. Jika Anda berlibur ke Telaga Ngebel jangan lupa untuk mencicipi buah Durian khas Ngebel yang nikmat tersebut.

Buah Durian Lokal Ngebel Menjadi Favorit Wisatawan

Tak jauh dari telaga, dengan jarak sekitar 2 kilometer juga terdapat pemandian air panas Tirto Husodo yang terletak di Desa Wagir Lor Kecamatan Ngebel, sehingga bagi Anda yang ingin berendam air hangat untuk melepas lelah dan capek bisa berkunjung ke tempat ini. Selain pemandian air panas, di dekat Telaga Ngebel juga terdapat air terjun yang bisa Anda jadikan rangkaian tujuan wisata ketika berkunjung ke Telaga Ngebel Ponorogo.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Menikmati Kesejukan Udara Telaga Ngebel, Danau Alami Di Kaki Gunung Wilis Ponorogo. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar