Penyebab Tubuh Gemeteran Dan Cara Mengatasinya

No Comments
Penyebab Tubuh Gemeteran Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Tubuh Gemeteran Dan Cara Mengatasinya, Riuzinfo.com
- Tubuh gemeteran atau tremor adalah suatu kondisi dimana tubuh mengalami gerakan secara spontan tanpa disadari yang melibatkan otot – otot kecil pada tubuh seseorang. Gejala tremor ini dapat terjadi diseluruh bagian tubuh, tetapi pada umumnya sering menyerang anggota gerak tubuh seperti pada tangan. Ketika tubuh seseorang mengalami gemeteran hal tersebut dapat membuat orang itu merasa lemas. Jika hal ini terjadi berarti ada indikasi tubuh Anda sedang dalam keadaan yang kurang fit atau tidak bugar.

Gejala tremor juga sering dikaitkan dengan penyakit parkinson, sehingga orang yang mengalami gemeteran biasanya mengalami kecemasan yang berlebihan. Tetapi pada kenyataannya ketika tubuh mengalami gemeteran belum tentu penyebabnya adalah penyakit parkinson. Ada banyak penyebab yang mempengaruhi timbulnya tremor pada tubuh seseorang, oleh karena itu kita perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mendeteksi penyebab tremor yang menyerang agar dapat dilakukan penanganan yang tepat.
Baca Juga : Bahaya, Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Anemia

Faktor Penyebab Tubuh Gemeteran ( Tremor ).

Untuk mengetahui apa saja penyebab tremor tersebut, silahkan simak ulasan dibawah ini :

1. Kelebihan Asupan Kafein Dalam Tubuh
Mengkonsumsi kafein dalam dosis yang tinggi dapat membuat Anda mengalami gemeteran. Hal ini dikarenakan kafein memiliki efek stimulan bagi tubuh yang dapat meningkatkan kewaspadaan Anda dalam waktu singkat. Kafein bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan dan minuman, tetapi yang dikenal memiliki tingkat kafein paling tinggi adalah berasal dari kopi.

2. Gangguan Tiroid
Jika Anda mengalami penurunan berat badan, gejala tremor serta kelelahan hal ini bisa saja disebabkan oleh gangguan pada kelenjar tiroid. Ketika produksi hormon tiroksin yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid ( kelenjar gondok ) tidak seimbang (bisa terlalu sedikit atau terlalu banyak) maka hal tersebut bisa membuat Anda gemeteran. Seperti diketahui, kelenjar tiroid memiliki peranan yang sangat penting dalam mengontrol produksi hormon tiroksin dalam tubuh seseorang.

Selain itu, tiroid berfungsi untuk mengatur metabolisme dalam tubuh serta memiliki fungsi yang sangat vital untuk mengatur denyut jantung, pernafasan, mengatur suhu tubuh, sistem saraf pusat serta perifer dan masih banyak lagi. Jika organ vital tersebut tidak bekerja dengan semestinya maka hal ini akan menyebabkan tremor pada tubuh seseorang.

3. Kurang Tidur
Jika kita terlalu sering begadang yang mempengaruhi pola tidur kita, maka hal tersebut juga bisa memicu gejala tremor atau gemeteran. Orang yang kurang tidur bisa mengalami tubuh gemeteran dan lemas serta akan merasa cemas. Maka dari itu, tidur yang cukup selama 6 – 8 jam sehari sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda.

4. Kadar Gula Darah Rendah
Rendahnya kadar gula darah pada tubuh seseorang dapat disebabkan oleh telat makan atau kurangnya asupan makanan, sedang mengkonsumsi obat – obatan tertentu maupun karena mengkonsumsi alkohol. Jika kadar gula darah seseorang rendah dan dibawah normal, maka hal tersebut bisa menyebabkan gemeteran dan juga lemas.

Selain yang tersebut diatas, gejala tremor juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lainnya seperti gangguan kecemasan, kelelahan karena melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat, adanya kandungan nikotin dalam tubuh, multiple sclerosis, penyakit parkinson, kerusakan pada otak yang dikarenakan oleh tumor otak, stroke maupun cidera pada kepala, stres, depresi serta kerusakan pada saraf tubuh.

Cara Mengatasi Gemeteran

Untuk mengatasi tremor yang terjadi pada tubuh seseorang, maka cara pengobatannya harus disesuaikan dengan penyebab terjadinya gejala tremor tersebut. Anda bisa mengkonsultasikan masalah kesehatan yang Anda alami kepada dokter ahli untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Obat - obatan seperti obat anti kejang maupun obat penenang bisa digunakan untuk mengatasi gejala tremor yang terjadi pada tubuh seseorang.

Tetapi ketika pemeriksaan medis telah dilakukan secara lengkap dan dokter tidak bisa menemukan atau mengidentifikasi penyebab terjadinya gemeteran, maka bisa jadi gejala tremor yang Anda alami dikarenakan oleh faktor gangguan kecemasan. Jika penyebab tremor adalah gangguan kecemasan, maka Anda perlu melakukan relaksasi untuk meredakan dan menghilangkan gemeteran tersebut.

Lakukan latihan pernafasan serta lakukan akupuntur untuk mengatasi masalah tremor yang terjadi. Selain itu, Anda perlu membatasi asupan alkohol dalam tubuh. Kelebihan alkohol bisa menyebabkan gangguan pada saraf pusat dan dapat membuat tubuh Anda gemeteran. Membatasi konsumsi kafein juga dapat meredakan gejala tremor. Kafein yang diserap oleh tubuh dapat membuat pelepasan adrenalin secara berlebihan yang pada akhirnya bisa menyebabkan efek gemeteran.
Baca Juga : 6 Gejala Serangan Jantung Yang Bisa Dilihat Sejak Dini
Anda juga bisa melakukan terapi fisik dengan melakukan angkat beban yang ringan sehingga dapat menciptakan stabilitas di bagian tangan serta lengan yang efeknya dapat mengurangi dan juga mengatasi masalah gangguan tremor. Ketika Anda melakukan terapi fisik ini sebaiknya dalam pengawasan tenaga ahli untuk menghindari cidera maupun menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.

Jangan lupa untuk istirahat yang cukup, makan tepat waktu dengan asupan makanan bergizi, hindari melakukan gerakan konstan dalam jangka waktu yang lama seperti berdiri, menyetir dan yang alinnya. Selain itu, hindari atau kurangi aktivitas fisik yang berat seperti olah raga yang berlebihan dan yang terakhir adalah Anda perlu menghindari faktor – faktor yang bisa menyebabkan stres.

Itulah beberapa penyebab yang bisa mempengaruhi gejala tremor atau gemeteran pada tubuh Anda. Jika Anda mengalami gejala gemeteran, usahakan jangan panik ataupun merasa cemas yang berlebihan karena hal tersebut bisa memperparah keadaan Anda. Segeralah cari tahu penyebab gemeteran yang Anda alami, jika perlu kunjungi dokter ahli agar Anda bisa mendapatkan saran yang tepat untuk mengatasi masalah tremor yang Anda alami.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Penyebab Tubuh Gemeteran Dan Cara Mengatasinya. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar