Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi, Terbaru 2018

No Comments
Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi, Terbaru 2018

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi, Riuzinfo.com
- Ketika Anda mengakhiri studi Anda, biasanya Anda bertanya kepada diri sendiri apa yang akan Anda lakukan selanjutnya. Meskipun spesialisasi dan profesionalisasi adalah kunci untuk mendapatkan pekerjaan yang sempurna, ada beberapa rute yang berbeda yang dapat Anda ikuti tergantung pada minat dan harapan hidup Anda.

Jadi, pekerjaan apa yang bisa Anda dapatkan dengan jurusan komunikasi ? Pada dasarnya apapun dari jurnalisme, periklanan dan pemasaran atau industri audio visual. Di dunia yang cepat berubah ini, semakin banyak kesempatan dan jenis pekerjaan baru yang dapat Anda pilih, maka teruslah membaca artikel kali ini untuk menemukan pekerjaan yang sempurna untuk jurusan komunikasi khususnya.

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan Ilmu Komunikasi

1. Menjadi Produser
Ingin menjadi produser eksekutif yang sukses? Jalannya sulit, dan tidak banyak yang sampai ke pekerjaan puncak, tapi untungnya, produser adalah area yang memiliki banyak pekerjaan yang bisa Anda dapatkan dengan jurusan komunikasi. Dalam produksi, Anda akan membantu dalam kegiatan produksi seperti koordinasi tim, melihat-lihat dan membuat kalender dan jadwal dan memecahkan masalah yang dapat terjadi selama produksi film layar lebar, program televisi, video game atau iklan komersial.

Mencapai posisi produser eksekutif berarti Anda akan bertanggung jawab dan memiliki pendapat terakhir dalam semua aspek proyek kreatif, menilai kelayakan proyek, mengawasi siklus hidup proyek, menemukan kandidat yang layak untuk produksi dan mengawasi keuangan.
Baca Juga : Tipe Bisnis Rumahan Dengan Omset Diatas Gaji Bulanan Karyawan
Meskipun gaji entry level rendah , begitu Anda masuk ke gaji pertengahan karir Anda akan meningkat sedikit, dengan pengalaman rata-rata 5 tahun Anda bisa menghasilkan sekitar $ 56.000 dan bisa berlipat ganda dalam waktu 10 tahun bekerja dalam bisnis ini. Jika Anda pandai menyulap berbagai tugas pada saat yang sama, memiliki intuisi yang baik dan dikhususkan untuk pekerjaan Anda, Anda akan menjadi produser eksekutif hebat!

2. Spesialis Media Sosial
Tidak dapat dipungkiri bahwa kekuatan media sosial telah berkembang pesat selama tahun-tahun sebelumnya. Menjadi spesialis media sosial juga bisa menjadi pilihan kerja lulusan ilmu komunikasi. Semakin banyak perusahaan, institusi dan media mendorong kemungkinan Social Media untuk menciptakan keterlibatan yang lebih tinggi dengan audiens mereka. Anda akan bekerja sama dengan tim pemasaran dan manajer merek untuk menciptakan loyalitas merek dan bekerja dalam arah yang sama. Dimulai sebagai manajer komunitas, mempublikasikan dan membuat posting untuk media sosial perusahaan, Anda dapat membangun karir ini dengan menjadi seorang analis media sosial, seorang ahli strategi media sosial dan akhirnya seorang direktur media sosial.

Dalam pekerjaan ini Anda harus mengembangkan dan menerapkan strategi media sosial, menganalisis hasil proyek secara cermat melalui metrik dan menangani keluhan pengguna yang dilakukan melalui platform ini. Ini adalah pekerjaan yang selamanya berubah dan maju , jadi jika Anda ingin menjadi spesialis media sosial yang baik, Anda harus selalu mengetahui strategi, platform media sosial, dan inisiatif terbaru yang ada di sekitar Anda. Bayaran rata-rata di tingkat pemula sekitar $ 50.000 dan dapat meningkat menjadi $ 94.000 saat Anda mencapai tingkat yang berpengalaman setelah sekitar 10 tahun dalam bisnis.

3. Spesialis Hubungan Masyarakat
Garis pekerjaan ini terkait erat dengan pemasaran, namun lebih terfokus pada komunikasi eksternal perusahaan dengan media dan perusahaan lain serta komunikasi internal di dalam perusahaan. Sebagai spesialis PR, Anda akan membantu meningkatkan hubungan dengan mitra eksternal, melakukan kontak langsung dengan media, mempromosikan citra publik yang positif tentang merek atau perusahaan dan menciptakan strategi untuk meningkatkan kesadaran merek.

Pakar hubungan masyarakat membutuhkan keterampilan komunikatif yang sangat baik dan akan pandai berbicara di depan umum, mereka akan tahu bagaimana memberikan presentasi pembunuh dan perhatian besar terhadap detail. Pakar hubungan masyarakat beralih menjadi direksi PR dan bahkan direktur pemasaran dan bahkan direktur penjualan, sehingga spektrum jalur karir yang dapat Anda ambil masih cukup luas. Gaji rata-rata di tingkat pemula bisa serendah $ 17.000, namun bisa meningkat menjadi sekitar $ 108.000 untuk posisi median.

4. Spesialis pemasaran
Spesialis pemasaran bisa lebih khusus lagi untuk mendapatkan posisi yang baik. Kita berbicara tentang strategi pemasaran online, strategi pemasaran B2B, atau bahkan spesialis manajemen produk. Mereka akan membantu menciptakan strategi pasar, ambil bagian dalam riset pasar , membantu pemasaran media sosial , merencanakan dan mengkoordinasikan semua strategi pemasaran dan komunikasi yang akan dikembangkan dalam bisnis yang Anda jalani.

Anda akan menjadi spesialis pemasaran yang baik jika memiliki mata analitis yang baik, mengkhususkan diri pada manajemen merek dan orang serta komunikator yang hebat. Tingkat gaji masuk cukup tinggi, sekitar $ 42.000 pada tingkat pemula dan dapat meningkat hingga $ 95.000 di posisi teratas.

5. Spesialis komunikasi perusahaan
Pekerjaan ini sangat mirip dengan banyak posisi humas dan spesialis pemasaran , namun juga memiliki unsur keterampilan jurnalistik di dalamnya. Hal ini karena posisi ini mengharuskan pekerja untuk mengelola semua upaya komunikasi yang dimiliki perusahaan. Mereka akan membuat dan meninjau ulang pernyataan yang akan dilepaskan perusahaan, terlibat dengan perusahaan lain, mitra dan media yang terkait dengan perusahaan dan akan mengawasi keseluruhan strategi komunikasi bagi perusahaan, termasuk kemungkinan kampanye, iklan dan siaran pers.

Spesialis komunikasi perusahaan seringkali bisa menjadi direktur komunikasi di bisnis atau direksi PR. Keterampilan mereka yang paling banyak dicari adalah komunikasi yang baik, hubungan baik dengan karyawan, pengetahuan pemasaran yang baik dan visi umum yang baik. Ekspektasi gaji untuk spesialis komunikasi korporat dapat berkisar hingga $ 14.000 pada tingkat pemula sampai sekitar $ 121 di tingkat senior.

6. Spesialis periklanan
Pekerjaan sebagai produser periklanan, spesialis atau eksekutif adalah karir yang melibatkan pembuatan iklan dan pengumuman publik di televisi, radio dan internet. Biasanya dikejar di perusahaan periklanan, dan entry level biasanya berhubungan dengan copy, creative writing dan accounting . Pekerjaan bisa berkembang menjadi pengelola akun, direktur iklan dan posisi tingkat tinggi lainnya.

Bergantung pada posisi pekerjaan, Anda akan bertanggung jawab atas aspek-aspek tertentu dalam proses pembuatan kampanye iklan. Seiring kemajuan Anda, Anda mungkin terlibat dalam rencana kemajuan produksi, menerapkan rancangan kampanye, dan analisis hasil kampanye.

Seseorang yang tertarik dengan periklanan harus sangat kreatif, spontan dan memiliki tampilan komersial yang tinggi. Anda harus sangat analitis dan memiliki pandangan global tentang produk atau perusahaan tempat Anda bekerja. Gaji sangat banyak bila di entry level tergantung perusahaan dan / atau jabatan. Gaji berkisar antara $ 17.000 dan $ 79.000 di posisi tertinggi dan tahun keahlian.

7. Menulis konten & copywriting
Ini dua pekerjaan untuk studi komunikasi utama mungkin adalah posisi yang paling umum di entry level saat ini. Ketika menulis salinan, Anda akan mendapatkan teks kreatif yang berfokus pada penjualan produk atau perusahaan tertentu, sedangkan penulisan konten memiliki lebih banyak jurnalistik daripada sisi kreatif, karena Anda akan menulis konten menarik dan menarik bagi pengguna untuk menciptakan yang lebih baik. pengalaman pengguna dalam bisnis online.

Untuk posisi ini Anda akan membutuhkan keterampilan kreatif tinggi serta SEO yang bagus, SEM dan latar belakang pemasaran. Keterampilan menulis Anda juga harus luar biasa. Jenis pekerjaan ini dapat menyebabkan posisi yang lebih tinggi seperti pengelola konten, manajer akun, direktur kreatif, manajer pemasaran atau bahkan direktur komunikasi. Gaji terendah mulai dari $ 10.000 dan bisa mencapai $ 72.000 saat mencapai tingkat senioritas.
Baca Juga : 5 Jurusan Kuliah Yang Sepi Peminat Tapi Sangat Menjanjikan
8. Wartawan
Ini adalah salah satu pekerjaan yang paling terkenal, meski bukan berarti banyak orang yang bisa mencari uang secara ketat dari jurnalistik. Melaporkan cerita terkini , yang mengkhususkan diri pada jurnalisme olahraga, budaya, ekonomi atau politik adalah salah satu taruhan terbaik untuk menemukan peran yang sesuai. Mengkhususkan diri dalam peran tertentu seperti konduktor, penyiar radio atau jurnalisme digital juga merupakan cara yang bagus untuk mendaratkan pekerjaan dengan baik. Jurnalistik melibatkan mengumpulkan dan menafsirkan fakta tentang kejadian, bekerja dengan editor berita dan reporter lainnya untuk membuat konten yang menarik dan informatif serta mengulas dan mengedit.

Jika Anda mengejar karir ini, Anda akan memiliki intuisi yang baik, pengetahuan umum yang baik tentang urusan saat ini dan kapasitas yang besar untuk bereaksi dalam situasi yang paling tidak terduga. Gaji untuk wartawan berkisar antara $ 35.000 sampai $ 51.000 tergantung pada tingkat senioritas.

9. Profesor
Jalur karir lain yang bisa Anda ikuti adalah terus belajar dan mengkhususkan diri dari hal-hal di atas pada tingkat akademis . Artinya, mendapatkan gelar magister, mendapatkan hibah penelitian dan / atau mendapatkan PHD untuk menjadi dosen atau profesor universitas yang mengkhususkan diri di bidang keahlian Anda.

Penelitian terbaru di bidang Anda, mempersiapkan rencana studi dan kurikulum dan menguliahi siswa yang juga ingin melanjutkan pekerjaan dengan gelar studi komunikasi. Profesor di AS memiliki rata-rata $ 73.000, meskipun posisi masuk mungkin memberi $ 48.000, sebagai dosen biasa. Tidak buruk untuk memulai!

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi, Terbaru 2018. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar