7 Hal Sering Dikhawatirkan Ibu Hamil, Anda Harus Cermati

No Comments
7 Hal Sering Dikhawatirkan Ibu Hamil, Anda Harus Cermati

Hal Yang Sering Dikhawatirkan Ibu Hamil, Riuzinfo.com
- Seorang ibu hamil pastinya menunggu masa-masa kelahiran. Momen kelahiran jadi waktu paling mendebarkan karena sampai detik ini banyak ibu hami merasa takut menghadapi persalinan. Mengalami persalinan pertama memang sering jadi kendala bagi ibu hami, akan tetapi masih ada beberapa hal sering dikhawatirkan ibu hami yang sekarang ini banyak diperbincangkan.

Mengenai kesehatan ibu beserta janin sangat penting sehingga akan memberikan manfaat bagi kesehatan mentalnya. Namun pada beberapa kasus membuat banyak ibu hamil merasa khawatir. Padahal dari rasa khawatir tersebut bisa memberi dampak buruk terhadap kesehatan bayi.
Baca Juga : Inilah 4 Manfaat Utama Vitamin C Bagi Kesehatan

Beberapa Hal Sering Dikhawatirkan Ibu Hamil

Kekhawatiran oleh seorang ibu hamil memang jadi hal wajar apalagi pada saat pertama kali mengalaminya. Dari berbagai sumber kami sudah rangkum ternyata ada berbagai macam hal yang membuat seorang ibu hami merasa khawatir. Maka dari itu mari kita ulas bersama agar semua ibu hami memahami dan mengetahui bagaimana cara menghilangkan kekhawatiran tersebut.

1. Khawatir Terjadi Keguguran
Siapa yang ingin kandungan mengalami keguguran? Hal tersebut menjadi penyebab kenapa seorang ibu hamil mengalai rasa takut karena potensi keguguran sekarang ini semakin besar karena banyak faktor. Rata-rata keguguran terjadi pada usia 10-12 minggu pertama. Akan tetapi beberapa penyebab seperti kelainan genetik masih sulit dicegah. Namun, jangan terlalu khawatir karena faktor utama dari keguguran bisa Anda hindari seperti kelebihan berat badan, merokok, hingga konsumsi makanan kurang sehat. Namun saat terjadi gejala-gejala kurang diinginkan seperti merasa sakit di awal-awal kehamilan ataupun terjadi pendarahan segera cek ke dokter.

2. Khawatir Bayi Mengalami Sakit Akibat Terbentur
Berikutnya ada hal sering dikhawatirkan ibu hamil salah satunya dari perasaan cemas apabila bayi mengalami rasa sakit akibat terbentur. Aktivitas sehari-hari dari seorang ibu hamil memang sering memberi potensi bayi terbentur secara tidak sengaja. Perlu diketahui bahwa ada sekitar 1 ton cairan ketuban melindungi tubuh janin secara sempurna. maka dari itu ketika terjadi insiden terbentur tidak cukup keras masih belum memberi pengaruh terhadap si bayi berkat air ketuban tersebut.

3. Lahir Prematur
Seorang ibu hamil pasti memiliki rasa khawatir yang mana bayi akan lahir secara prematur. Resiko bayi lahir secara prematur memang terbilang kecil akan tetapi ketika ibu hami terlalu mudah biasanya memberikan resiko cukup besar untuk bayi lahir secara prematur. Sebaiknya seorang ibu hamil lebih fokus pada menjaga kesehatan tubuh serta bayi, jangan berkutat pada hal sering dikhawatirkan ibu hamil. Maka dari itu lakukan kontrol secara rutin agar terhindar dari kelahiran bayi prematur.

4. Bayi Lahir Dengan Cacat Bawaan
Seorang ibu hamil mungkin merasa khawatir jika nanti bayi lahir dengan memiliki cacat bawaan. Memang dari hal sering dikhawatirkan ibu hamil satu ini masih sulit diprediksi bahkan untuk mencegah terjadinya cacat bawaan masih cukup sulit. Rata-rata dari cacat bawaan bisa terjadi hanya 3-4 persen pada bayi, bahkan dari peluang 96-97% bayi lahir tidak mengalaminya. Kini sudah banyak teknologi modern memberikan fasilitas ultrasound beresolusi tinggi karena mampu mengetahui jika ada kelainan pada bayi sejak dini. Adapun beberapa kelainan pada bayi seperti jumlah jari tangan ataupun kaki tidak lengkap ditambah lagi kelainan jantung. Bagi ibu hami sebaiknya mengenali faktor resiko yang menyebabkan bayi lahir dengan cacat bawaan diantaranya merokok, mengkonsumsi alkohol, hingga obat-obatan tertentu.

5. Leher Bayi Terlilit Tali Pusat
Pernahkah Anda memikirkan hal sering dikhawatirkan ibu hamil dimana kondisi bayi terlilit tali pusat? Meskipun dari kasusnya terbilang sedikit, akan tetapi banyak ibu hamil mencemaskan kejadian satu ini. Akan tetapi hal tersebut tidak perlu menjadi penyebab rasa cemas karena dari cairan ketuban sebagai pelindung mampu membatasi lilitan tali pusat dengan bagian leher bayi. Bahkan kejadian bayi terlilit tali pusat sangat sedikit. Namun, untuk mencegah terjadinya lilitan pada bayi akibat tali pusat sebaiknya kontrol secara rutin melalui USG agar nanti ketika terjadi masalah bisa langsung ditangani.
Baca Juga : Fakta Menarik Tentang Daun Stevia dan Manfaatnya Untuk Kesehatan
6. Rasa Sakit Saat Melahirkan
Berikutnya bagi seorang ibu hamil biasanya akan khawatir soal rasa sakit saat melahirkan. Sudah jadi hal wajar jika seorang ibu hami khawatir mengenai proses melahirkan. Proses melahirkan memang terasa sakit, akan tetapi masih ada pilihan efektif yang dianggap lebih aman bahkan resikonya tidak terlalu besar mulai dari epidural, spinal, sampai teknik relaksasi dan teknik pernapasan. Berbagai macam kasus mengenai keluarnya kotoran saat mengejan sebenarnya tak perlu dikhawatirkan karena banyak ibu hamil mengalaminya bahkan sudah jadi hal lumrah bagi dokter bahkan perawata yang membantu persalinan. Jadi jangan terlalu berlebihan dalam menghadapi persalinan karena ada banyak fakta yang menjadi hal lumrah dalam proses persalinan.

7. Takut Operasi Caesar
Terakhir ada satu hal sering dikhawatirkan ibu hamil salah satunya takut terjadinya operasi Caesar yang mana disebabkan oleh keadaan darurat. Padahal opsi darurat operasi Caesar sendiri dilakukan jika detak jantung bayi tidak terdengar kuat, ataupun mengalami beberapa kendala seperti bayi terlilit pusat, hingga plasenta terpisah dari dinding rahim. Kasus operasi Caesar sendiri sampai detik ini masih cukup sering terjadi, sehingga bagi ibu hamil biasanya menganggapnya sebagai satu hal penting jika terjadi masalah seperti tidak dimungkinkannya kelahiran secara normal.

Itulah berbagai macam hal sering dikhawatirkan ibu hami yang sampai sekarang masih jadi momok dan kendala dalam proses kehamilan sampai kelahiran. Maka dari itu perlu adanya solusi untuk mengatasi hal tersebut agar tidak mendapatkan dampak buruk terhadap janin beserta ibu hamil.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul 7 Hal Sering Dikhawatirkan Ibu Hamil, Anda Harus Cermati. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar