8 Penyebab Keringat Saat Tidur Malam

No Comments
8 Penyebab Keringat Saat Tidur Malam

Penyebab Keringat Saat Tidur Malam, Riuzinfo.com
- Aktivitas tidur bisa memberikan manfaat terhadap proses metabolisme tubuh. Akan tetapi sampai detik ini banyak kejadian kurang menyenangkan seperti munculnya keringat dalam jumlah banyak terutama saat malam hari. Meskipun belum terlalu banyak kejadian mengucurnya keringat saat tidur malam, akhir-akhir ini banyak kalangan mempertanyakan penyebabnya.

Mungkin belum banyak orang mengerti penyebab keringat saat tidur malam sehingga perlu adanya penjelasan lebih detail. Kondisi munculnya keringat saat tidur malam biasanya terjadi pada semua usia bahkan bisa sampai lansia sekalipun. Oleh karena itu saat Anda mengalami kejadian satu ini cobalah lihat dari ulasan berikut ini.
Baca Juga : Bahaya Obesitas dan Cara Mengatasinya

Penyebab Keringat Saat Tidur Malam

Gangguan tidur berupa keringat mengucur dalam jumlah banyak menjadi satu tanda, selain dari faktor suhu ruangan ternyata ada beberapa faktor keumungkinan penyebab banjir keringat saat tidur. Lalu seperti apa penyebab keringat mengucur deras di saat tidur malam?

1. Temperatur Ruangan Terlalu Panas
Alasan pertama kenapa banyak kalangan mengalami gangguan seperti keringat terlalu banyak di saat malam hari yakni suhu ruangan terlalu panas. Beberapa penyebab dari gangguan tidur seperti keringat mengucur deras memang jadi dampak dari panasnya suhu ruangan. Bahkan pada musim panas sekalipun dari temperature suhu ruangan bisa cukup panas dan membuat tubuh terasa gerah sehingga keringat mengucur deras. Untuk mencegah terjadinya panas cobalah pakai pakaian yang nyaman dan tidak cukup tebal. Biasanya dari kebiasaan tidur di bawah selimut ataupun memakai piama tebal membuat keringat mengucur deras.

2. Gelisah
Rasa cemas ataupun gelisah yang biasanya dialami oleh anak-anak biasanya membuat dampak kurang baik pada saat tidur malam. Salah satu penyebab keringat saat tidur malam adalah rasa gelisah akan membuat keringat terus muncul bahkan sesekali membuat anak-anak terbangun secara mendadak. Jika anak sering mengalami gangguan gelisah atau rasa cemas berlebihan di saat malam hari diperlukan upaya lebih mendalam dengan mendiagnosa dari sisi medis.

3. Adanya Gangguan Tidur
Berikutnya ada alasan kenapa Anda bisa berkeringat terlalu deras ketika tidur malam salah satunya gangguan tidur. Meskipun tidak terlalu parah akan tetapi pada beberapa kasus seperti pengidap Sleep Apnea akan membuat seseorang kesulitan dalam bernapas. Ketika tubuh mengalami kesulitan bernapas di saat tidur maka diperlukan usaha lebih keras untuk bisa bernapas secara normal. Maka dari itu proses tersebut akan menguras energi terlalu besar sehingga keringat mengucur deras layaknya berolahraga. Jika Anda sering mengalami gangguan tidur Apnea sebaiknya segera tangai secara medis agar aktivitas tidur Anda lebih lancar.

4. Menopause
Pada gangguan tidur atau menjadi penyebab keringat saat tidur malam bisa muncul saat seorang wanita memasuki masa menopause. Umumnya dari kondisi seorang wanita masuk masa-masa menopause biasanya terjadi gangguan tidur bahkan potensi terkena Sleep Apnea bisa meningkat sampai 10 kali lipat. Ada penyebab kenapa pada masa-masa menopause sering muncul gangguan Sleep Apnea salah satunya kadar hormone estrogen dan progesterone yang perlahan-lahan menghilang. Maka dari itu wajar bila seorang wanita yang masuk masa menopause sering mengalami gangguan keringat karena memang jadi dampak sementara menopause.

5. Konsumsi Alkohol
Ada salah satu penyebab keringat saat tidur malam yakni konsumsi alkohol dimana membuat relaksasi otot terganggu. Biasanya dari saluran nafas bagian atas akan mengalami gangguan ditambah lagi potensi terjadinya dengkurang juga lebih besar, maka dari itu bagi para penikmat minuman beralkohol ataupun pecandu akan sering terjadi sleep apnea. Untuk mencegah terjadinya keringat banjir saat tidur sebaiknya hentikan konsumsi alkohol.

6. Mimpi Buruk
Mungkin Anda pernah mengalami kondisi mimpi buruk dimana mampu memberi efek terhadai munculnya keringat dalam jumlah besar. Faktor paling sering membuat seseorang mengeluarkan keringat dingin pada saat malam hari memang cenderung ke mimpi buruk. Bahkan dari potensi mimpi buruk biasanya terjadi pada sesorang yang PSTD atau Post Traumatic Stress Disorder. Ketika seseorang mengalami perasaan tertekan atau depresi maka potensi mimpi buruk lebih besar terjadi, maka dari itu perlu perawatan dengan cara konsultasi ke ahlinya agar gangguan tidur tidak terjadi lagi.

7. Gangguan Jantung
Berbagai penelitian sudah memberi pernyataan bahwa dari munculnya gangguan tidur seperti keringat dalam jumlah banyak menjadi tanda bahwa organ jantung mengalami gangguan. Dari penyebab keringat saat tidur malam memang sering dikaitkan dengan gangguan jantung, akan tetapi secara khusus untuk memastikan apakah keringat mengucur deras karena gangguan jantung dibutuhkan uji laborat ataupun pengecekan secara menyeluruh. Biasanya dari penderita jantung frekuensi berkeringat di malam hari akan semakin besar.
Baca Juga : Penyebab Tubuh Gemetaran dan Cara Mengatasinya
8. Konsumsi Makanan Pedas
Pernahkah Anda mengkonsumsi makanan pedas di malam hari bahkan sebelum tidur? Rata-rata konsumsi makanan di malam hari dengan nuansa pedas ataupun panas biasanya membuat tubuh mengeluarkan keringat. Maka dari itu penyebab keringat saat tidur malam biasanya dari konsumsi makanan pedas yang sekarang ini jadi faktor paling sering terjadi. Kebiasaan makan malam dengan nuansa pedas ataupun mengkonsumsi minuman seperti jahe akan membuat tubuh mengeluarkan keringat. Suhu panas di dalam tubuh tidak berlangsung lama, akan tetapi bisa memberi rasa tidak nyaman pada aktivitas tidur Anda.

Jadi dalam kejadian tertentu seperti munculnya keringat berlebihan saat tidur bisa disebabkan oleh banyak faktor. Tidak hanya dari unsur kesehatan tubuh saja, tetapi faktor dari luar seperti penggunaan pakaian, konsumsi makanan, sampai suhu ruangan bisa memberi dampak terhadap tubuh. Jadi mulai sekarang cobalah lihat secara detail seperti apa faktor penyebab dari munculnya keringat deras di saat tidur malam.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul 8 Penyebab Keringat Saat Tidur Malam. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar