Spesifikasi Nokia 6, Kebangkitan Nokia di Tahun 2018

No Comments
Jika kita berbicara soal produsen ponsel bernama Nokia pastinya tak bisa lepas dari berbagai aspek penting seperti ketenaran namanya, hingga produk-produk yang berhasil diluncurkan untuk beragam keperluan. Meskipun sempat mengalami penurunan penjualan, akan tetapi Nokia 6 ini telah hadir untuk memenuhi permintaan pasar para pecinta smartphone tanah air. Tentu saja Nokia 6 hadir dengan mengusung desain lebih premium hingga memberi performa lebih cepat karena spesifikasi Nokia 6 dapat digunakan dalam aktivitas gaming.

Nokia 6 memang jadi awal kebangkitan Nokia di tahun 2018 ini, dimana banyak produsen ponsel pintar sudah melangkah jauh dengan menawarkan teknologi baru hingga desain bodi ponsel pintar cukup garang di pasaran. Maka dari itu Nokia 6 dihadirkan untuk memberi persaingan ponsel lebih besar di pasaran hingga benar-benar menawarkan banyak keunggulan dalam berbagai hal. Banyak pengamat mengatakan bahwa Nokia 6 ini bisa memberikan kemampuan hardware lebih menarik karena memang tujuan Nokia merilisnya adalah memberi kemampuan terbaik dalam berbagai kegiatan pengguna. Lalu seperti apa spesifikasi lengkap dari Nokia 6 ini?

Spesifikasi Nokia 6, Kebangkitan Nokia di Tahun 2018
Spesifikasi Nokia 6, Kebangkitan Nokia di Tahun 2018

Desain Bodi dan Layar
Jika kita melihat dari sisi bodinya, Nokia 6 ini terlihat elegan dan keren karena memang dirancang untuk segmen anak mudah. Bahkan ukuran dimensinya sendiri mencapai 148.8 x 75.8 x 8.2mm dengan berat mencapai 172gram sehingga sangat nyaman saat digenggam ataupun disimpan dalam saku.

Tampilan layar Nokia 6 ini juga terbilang mumpuni karena Nokia memberikan tipe IPS capacitive touchscreen dengan ketersediaan warna mencapai 16M hingga resolusinya mencapai 1080 x 1920 pixels. Mengandalkan resolusi tersebut cukup baik dalam menampilkan gambar ataupun video beresolusi tinggi. Panel IPS Capativite Touchscreen juga hadir untuk memberi keunggulan pada layar Nokia6 yang mana masih memberi perbandingan rasio mencapai 16:9.

Beberapa keunggulan lainnya seperti kerapatan layar 403ppi density juga membuat tampilan gambar dan video terlihat lebih tajam dibandingkan generasi sebelumnya. Tak lupa Nokia memberikan fitur proteksi layar berupa Corning Gorilla Glass 3 agar layar bisa bertahan terhadap goresan ataupun benturan.


Dapur Pacu
Spesifikasi Nokia 6 ini juga cukup mumpuni karena memberikan fitur ROM mencapai 32GB ataupun ada pilihan lainnya yakni 64GB sehingga cukup besar untuk menyimpan segala jenis file. Bahkan Nokia juga menghadirkan fitur memori eksternal menggunakan microSD hingga kapasitas 256GB sehingga cukup nyaman untuk menyimpan segala macam file baik foto ataupun video.

Sebagai pendukung semua aktivitas multitasking Nokia 6 dibekali dengan Ram berkapasitas 4 ataupun 6GB sehingga dianggap cukup mumpuni untuk bermain game ataupun mengakses semua multimedia. Selain dari sisi Ram, Nokia 6 juga menghadirkan chipset Qualcomm Snapdragon 630 yang mana disandingkan dengan processor berkecepatan octa core 2.2Ghz Cortex A53 yang membuat performa hardware terbilang lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Tak lupa Nokia 6 juga menghadirkan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat bahkan bisa diupgrade lagi menggunakan Android 8.0 Oreo sehingga mampu mendukung semua aplikasi yang berjalan dengan sangat lancar. Spesifikasi Nokia 6 juga tak bisa lepas dari keberadaan pengolah graifs yang mana masih memakai GPU Adreno 508 yang membuat tampilan menu lebih halus dan lebih tajam.
Untuk memberi keamanan pada ponsel, Nokia telah memberi fitur sensor fingerprint hingga beberapa sensor lainnya seperti compass, gyro, proximity, dan accelerometer.

Kamera
Kemampuan dari kamera Nokia 6 juga cukup mumpuni karena memberikan resolusi kamera utama mencapai 16MP berfitur aperture f/2.0 hingga sensor 1.0um, dan phase detection autofocus, hingga dual LED dual tone flash hingga membuat proses pengambilan foto lebih maksimal. Spesifikasi Nokia 6 juga memberikan kemudahan dalam merekam video beresolusi 1080p@30fps.
Tak cukup di sektor belakang saja, kamera depan Nokia 6 terbilang cukup mumpuni meskipun masih memberi resolusi kamera 6MP beraperture f/2.0 hingga autofocus dan kemampuan merekam video beresolusi 1080p@30fps.

Konektivitas
Spesifikasi Nokia 6 juga menyangkut pada bagian koneksi internetnya yang mana menggunakan tipe HSPA dan LTE sehingga sangat cocok untuk kebutuhan browsing hingga streaming online ataupun bermain game online. Nokia masih menghadirkan dual SIM hybrid untuk mempermudah komunikasi penggunanya, kemudian beberapa fitur tambahan seperti GPS, GLONASS hingga BDS.

Tak lupa keperluan memindah file juga tersedia dalam bentuk Bluetooth v5.0, LE, dan A2DP. Sedangkan dari ketersediaan WiFi masih juga disematkan dalam tipe Direct, hingga hotspot sehingga pengguna bisa menikmati akses WiFi lebih cepat.

Baterai
Menariknya dari spesifikasi Nokia 6 pada bagian baterai masih mendukung tipe Non removable dengan tipe Li-Ion berkapasitas 3000mAh. Tak cukup disitu saja, fasilitas fast charging baterai juga disematkan yang mana mampu mengisi daya 50% dalam waktu 30 menit saja.

Harga
Nokia 6 menjadi salah satu smartphone Android terbaru di pasaran sehingga dari harganya masih terbilang mahal. Untuk seri Nokia 6 dengan kapasitas ROM 32GB masih dibanderol sekitar 3,2 jutaan, sedangkan pada tipe ROM 64GB masih dibanderol sekitar 3,7 jutaan. Maka dari itu spesifikasi Nokia 6 ini bisa dikatakan masuk dalam kelas ponsel menengah ke atas karena sudah memberikan fitur terbaik yang sekarang ini dibutuhkan oleh banyak kalangan.

Nokia 6 ini juga memberikan desain premium dimana bodi terbuat dari metal sehingga tampilannya lebih mewah serta elegan. Jadi tak jarang para peminat ponsel mewah masih mengincar Nokia 6 yang mana benar-benar memberi tampilan lebih elegan meskipun masih ada produk smartphone lain yang mengusung spesifikasi hampir sama.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Spesifikasi Nokia 6, Kebangkitan Nokia di Tahun 2018. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar