Tips Liburan Lebih Bahagia Saat Ramadhan

No Comments
Momen Ramadhan tak harus dimanfaatkan dengan bermalas-malasan ataupun sibuk dengan pekerjaan. Ternyata kamu masih bisa menjalani momen Ramadhan dengan aktivitas liburan ke berbagai tempat. Biasanya 2 minggu sebelum Lebaran tiba banyak kalangan mencari tahu seputar tempat-tempat menarik agar pengalaman liburan selama Ramadhan lebih asyik dan menyenangkan. Sayangnya tak banyak yang tahu bahwa hal penting dalam menjalani liburan saat Ramadhan harus memberikan kebahagiaan sehingga diperlukan tips liburan lebih bahagia saat Ramadhan.

Tips Liburan Lebih Bahagia Saat Ramadhan
Tips Liburan Lebih Bahagia Saat Ramadhan 

Liburan selama Ramadhan bukan hanya digunakan untuk menunggu buka puasa saja, akan tetapi bisa mendapatkan banyak pengalaman yang sampai sekarang belum didapatkan oleh para traveller. Maka dari itu jangan selalu berdiam diri di rumah, akan tetapi cermati dan rencanakan liburan di saat Ramadhan dengan memakai beberapa opsi seperti berikut.

Tips Liburan Lebih Bahagia Saat Ramadhan


Membuat Rencana Terbaik
Ada hal paling penting sebelum kamu memutuskan untuk liburan di saat masa-masa puasa yakni membuat rencana terbaik dan matang. Bila spot wisata kamu berada di luar kota ataupun sampai luar negeri pastinya butuh banyak hal seperti akomodasi hingga tempat menginap dan lainnya. Oleh sebab itu jangan sampai rencana libura kamu menjadi tak terencana bahkan terkesan berantakan karena tak membuat rencana liburan jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan. 

Memilih Destinasi Terbaik
Biasanya ketika kamu memutuskan liburan pada masa-masa puasa ada banyak tempat menarik bisa kamu datangi. Perhatiakn dari sisi keamanan, kenyamanan hingga pengalaman akan sebuah tempat wisata, sehingga tak menganggu ibadah puasa yang kamu jalani. Tips liburan lebih bahagia saat Ramadhan ternyata tak sulit karena kamu bisa memilih berbagai spot wisata bernuansa agama seperti di Mesjid Bersejarah ataupun di situs-situs sejarah. Maka dari itu cobalah pilih spot wisata yang tidak memberi beban perjalanan terlalu berat pada masa-masa puasa.


Persiapkan Semuanya 
Sudah jelas bila kamu memutuskan untuk liburan pada masa-masa Ramadhan pastinya membtuhkan persiapan diri lebih baik. Perjalanan travelling ke luar kota ataupun luar pulau sampai luar negeri membutuhkan persiapan secara matang baik dari kesehatan fisik hingga perbekalan selama di perjalanan. 

Perhitungkan dari sisi kesehatan tubuh karena kamu liburan pada saat masa Ramadhan sehingga perlu menjaga kondisi tubuh saat perjalanan. Tidak cukup dari sisi kesehatan tubuh saja, akan tetapi cobalah mencermati kembali ketersediaan budget sebelum melakukan liburan. Jangan hanya berfokus pada sebelum liburan saja akan tetapi cobalah cermati kembali mengenai sistem keuangan setelah melakukan liburan apakah masih tersedia dana yang memadai untuk kebutuhan sehari-hari.

Jangan Bawa Barang Berlebih
Satu solusi tepat dalam tips liburan lebih bahagia saat Ramadhan adalah menghindari barang bawaan terlalu banyak. Kemampuan dalam mengatur packing barang bawaan menjadi hal utama yang harus kamu perhitungkan, sehingga tak memberi dampak buruk seperti merepotkan perjalanan liburan kamu. Akan tetapi cobalah cermati kembali mengenai pemilihan barang bawaan yang lebih tepat sehingga semua barang yang kamu bawa memang dibutuhkan saat perjalanan travelling. 

Ketika kamu memutuskan membawa barang cukup banyak, akan berdampak langsung pada kondisi fisik kamu karena sedang menjalani puasa, kemudian dari sisi keuangan juga akan terkuras karena harus membayar bagasi di pesawat lebih mahal. 

Bawalah Bekal Makanan Cukup dan Tepat
Dalam tips liburan lebih bahagia saat Ramadhan juga membutuhkan strategi dalam memilih bekal makanan yang dibawa saat travelling. Hingga kini bentuk persiapan dari para traveller bisa memberi solusi terbaik sehingga tak banyak menguras energi karena beban makanan yang dibawa tidak terlalu tinggi. Jika bekal makanan sudah menipis maka aturlah waktu konsumsi ataupun bisa dengan menambah menu makanan lainnya sebagai pelengkap bekal makanan kamu selama liburan.

Tetap Jalankan Sahur dan Buka Puasa
Masih dalam kondisi bulan puasa pastinya membutuhkan berbagai macam asupan penting salah satunya saat berbuka puasa hingga sahur. Daru dua hal utama tersebut tak boleh kamu tinggalkan karena memberi manfaat terhadap kesehatan tubuh. Tak cukup disitu saja karena kamu juga wajib mencermati menu makanan berbuka puasa ataupun sahur yang membuat kondisi tubuh kamu tetap stabil meskipun melakukan aktivitas travelling. 

Jangan Pakai Waktu Mudik
Tips liburan lebih bahagia saat Ramadhan adalah jangan memakai waktu mudik untuk kegiatan travelling. Ada banyak hal yang membuat kamu kesulitan dalam travelling saat masa Lebaran ataupun mudik, salah satunya dari sisi akomodasi tiket biasanya akan lebih mahal dibanding hari biasa. Kemudian dari sisi perjalanan juga bisa mendapat pengaruh karena berangkat pada saat arus mudik maksimal akan memakan waktu cukup lama, sehingga kamu bisa memilih liburan setelah arus mudik untuk mengindari kemacetan.

Jangan Lupa Istirahat
Dalam tips liburan lebih bahagia saat Ramadhan adalah jangan melupakan istirahat yang mana sampai sekarang masih memberi pengaruh terhadap kondisi kesehatan tubuh selama menjalankan ibadah puasa. Meskipun dalam aktivitas liburan, cobalah atur waktu dan berikan waktu untuk istirahat sehingga kondisi tubuh akan pulih kembali.

Jangan Lupakan Ibadah
Waktu untuk sholat hingga menjalankan ibadah lainnya juga perlu kamu perhitungkan. Oleh sebab itu perjalanan travelling pada masa-masa Ramadhan akan lebih menyenangkan bila kamu tak melupakan aspek ibadah di dalamnya.

Jadi dalam tips liburan lebih bahagia saat Ramadhan dapat ditentukan dari banyak hal sehingga sampai detik ini mampu memperlihatkan keuntungan baik dari segi waktu ataupun dari sisi efisiensi biaya untuk memberi manfaat setelah melakukan travelling.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Tips Liburan Lebih Bahagia Saat Ramadhan . Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar