8 Destinasi Wisata di Jawa Tengah Bikin Kamu Terpana

No Comments
Jawa Tengah menjadi satu propinsi dengan daerah lebih luas bahkan kondisi geografisnya lebih beragam. Berbagai macam kondisi geografis di Jawa Tengah mulai dari pegunungan, gunung, pantai, dan dataran rendah membuat daftar tempat wisatanya terbilang cukup banyak, sehingga mampu menghadirkan keistimewaan lebih baik dibandingkan daerah lainnya. Hingga sekarang destinasi wisata di Jawa Tengah dapat memberi banyak pengalaman menarik kepada para traveller, sehingga tak heran bila sampai sekarang masih terus dikunjungi oleh banyak wisatawan. Lalu seperti apa daftar 8 tempat wisata di Jawa Tengah yang pasti membuat kamu terpana?

 Destinasi Wisata di Jawa Tengah Bikin Kamu Terpana
 Destinasi Wisata di Jawa Tengah Bikin Kamu Terpana

8 Destinasi Wisata di Jawa Tengah


Destinasi wisata di Jawa Tengah memang menghadirkan banyak keunikan bahkan sudah berhasil menjadi satu ikon Indonesia di kancah dunia. Maka dari itu bagi traveller haru melihat seperti apa daftar tempat wisata terbaik di Jawa Tengah berikut ini:

Candi Borobudur
Salah satu candi terbesar di Indonesia bahkan du dunia ini sudah populer hingga ke mancanegara. Lagi-lagi Jawa Tengah menjadi satu daerah lokasi candi Borobudurini. Lokasinya berada di Magelang dan tak jauh dari pusat kota Yogyakarta atau tepatnya mencapai 40km saja. Candi Borobudur pernah menjadi salah satu keajaiban dunia bahkan total candinya bisa mencapai 1460 relief hingga 504 stupa yang sampai sekarang masih dijaga kelestariannya.

Candi Prambanan
Setelah Candi Borobudur cobalah berkunjung ke Candi Prambanan dimana menjadi satu lokasi wisata dengan segala keindahan dan keunikannya. Candi satu ini memang berada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah bahkan sampai sekarang menjadi ikon wisata Yogyakarta dan Jawa Tengah. Mengenai keindahannya juga sudah tersedia beberapa candi lainnya yang juga menghadirkan keindahan.

Lawang Sewu
Jawa Tengah masih memiliki salah satu destinasi wisata menarik bahkan menjadi ikon kota Semarang yakni Lawang Sewu. Pada tempat wisata Lawang Sewu ini sudah jelas menjadi satu bangunan peninggalan zaman kolonial sehingga memberikan kesan lebih unik karena destinasi wisata di Jawa Tengah ini memiliki banyak pintu. Lawang Sewu ini dulungan berfungsi sebagai kantor pusat kereta api di Semarang kemudian sampai sekarang pun masih identik dengan aura mistis di malam hari karena memang terdapat ruang bawang tanahnya.


Dataran Tinggi Dieng
Bila kamu masih penasaran dengan tempat-tempat wisata di Jawa Tengah cobalah lihat Dataran Tinggi Dieng yang mana lokasinya di Wonosobo. Daerah Dieng memang terkenal memiliki kesejukan tersendiri karena memang ketinggiannya berada di 2000 meter dpl sehingga menyajikan keindahan memukau hingga memberi suatu pemandangan langka di mata kamu. Terdapat juga sebuah candi Hindu di sekitar lokasi yang juga menghadirkan tiga ikon Dieng yakni Bukit Sikunir, Sumur Jalatunda, hingga Telaga Warna. Maka dari itu destinasi wisata di Jawa Tengah satu ini masih dikenal memberikan pemandangan berkelas dunia.

Karimunjawa
Patinya traveller sudah pernh mendengar ataupun mengunjungi tempat wisata Karimunjawa dimana menjadi salah satu tempat paling indah dan dikenal sebagai surga bawah lautnya. Karimunjawa memang jadi satu cagar alam laut yang sampai sekarang masih dilindungi. Gari pantai di Karimunjawa terbilang menawan karena berhasil menyajikan kekayaan laut luar biasa mulai dari ikan, terumbu karang, dan masih banyak lainnya. Lokasi destinasi wisata di Jawa Tengah ini berada di Jepara atau tepatnya berjarak 83km dari pusat kota. Ada banyak aktivias bisa kamu lakukan mulai dari memancing hingga menyelam.

Brown Canyon
Tak jarang para pelancong mancanegara hingga lokal mengunjungi salah satu tempat wisata terkenal di Jawa Tengah yakni Brown Canyon. Tempat satu ini memang dikenal sebagai Grand Canyon seperti di Amerika Serikat bahkan sampai sekarang menjadi satu spot wisata alam populer di Jawa Tengah. Panorama di atas Brown Canyon menjadi satu spot utama yang banyak banyak dicari, berhasil menawarkan sebuah pemandangan kota ataupun kawasan sekitar Brown Canyon. Tempat wisata alam satu ini berada di perbatasan Kabupaten Demak dan Semarang atau tepatnya di Rowosari, Tembalang.

Gua Jatijajar
Destinasi wisata di Jawa Tengah lainnya yang tak kalah menarik dan menjadi trend di media sosial adalah Gua Jatijajar dimana menjadi satu tempat wisata alam berupa gua. Ternyata ada kisah sejarah bahkan rumor dimana pada zaman dahulu menjadi tempat bertapa Raden Kamandaka yang menjadi Putra Mahkota Kerajaan Pajajaran. Untuk mengisahkan pertapaan Raden Kamandaka maka pihak pengembang tempat wisata membuat 32 patuh di dalam gua. Kamu bisa melihat 7 sungai mengalir di dalam gua akan tetapi setiap traveller tk diperbolehkan mandi di dalam gua.

Pantai Karang Bolong
Masih ada destinasi wisata di Jawa Tengah yang membuat mata kamu terpana berupa pemandangan pantai Karang Bolong. Salah satu pantai indah di Kebumen ini berhasil memberi daya tarik tersendiri berupa bukit karang indah, ditambah lagi garis pantai cukup panjang dengan berbagai bentuk batuan karangnya. Menariknya lagi, Pantai Karang Bolong menjadi spot bagi para pemburu sarang walet sehingga sesekali traveller bisa melihat proses memanen air luir walet tersebut dan biasanya petani walet menggelar upacara ritual khusus dengan tujuan meminta mohon keselamataan saat memanen.

Jadi ada banyak tempat wisata menarik di Jawa Tengah bisa kamu pilih sebagai tempat liburan bersama keluarga ataupun menjadi single traveller. Ternyata tak hanya tempat wisata di atas saja, akan tetapi masih ada banyak tempat-tempat menarik yang membuat banyak kalangan merasa tertarik untuk melihat keunikan hingga pemandangan langka yang hanya bisa dilihat di Jawa Tengah.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul 8 Destinasi Wisata di Jawa Tengah Bikin Kamu Terpana. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar