8 Penyebab Kulit Kering Harus Kamu Pahami

No Comments
Setiap pria dan wanita pastinya menginginkan kondisi kulit lebih sehat dan tetap terjaga. Berbagai aktivitas di luar maupun dalam ruangan bisa memberi dampak buruk terhadap kesehatan kulit sehingga diperlukan perawatan rutin untuk mencegah terjadinya gangguan. Hingga kini sudah terbukti bahwa ada penyebab kulit kering yang membuat infeksi hingga iritasi lebih cepat terjadi. Maka dari itu bila selama ini kamu belum mengetahui karakter kulit hingga bagaimana cara mencegah gangguan kulit kering, perhatikan dari ulasan berikut ini.

Penyebab Kulit Kering yang Harus Dipahami


Kondisi kulit kering memang membuat iritasi lebih mudah terjadi. Maka dari itu jika selama ini Anda lebih sering mengalami iritasi sebaiknya lihat dari berbagai penyebabnya seperti berikut.

Perubahan Cuaca
Selama ini perubahan cuaca sering menjadi penyebab kulit kering dan harus bisa kamu atasi. Ketika kelembapan udara di sekitar kamu mulai rendah maka membuat suhu udara juga semakin kering maka dari itu kondisi kulit akan lebih mudah kering. Tidak hanya itu, ketika suhu dingin dan lembab sering berubah-ubah juga membuat kulit sulit beradaptasi sehingga membutuhkan tambahan lotion khusus untuk mencegah terjadinya iristasi kulit yang membuat ruam merah ataupun bersisik.

8 Penyebab Kulit Kering Harus Kamu Pahami
Penyebab Kulit Kering Harus Kamu Pahami

Penggunaan Sabun Kecantikan
Hingga kini produk kecantikan tak semuanya cocok untuk jenis kulit tertentu. Salah satu penyebab kulit kering adalah penggunaan sabun kecantikan yang salah. Menggunakan sabun khusus kulit kering memang butuh ketelitian dalam memilih komposisi zat di dalamnya. Maka dari itu dengan adanya sabun berformulasi kuat seperti adanya unsur antiseptik akan membuat kulit cepat kering. Jadi berkonsultasilah dengan pakar kesehatan kulit untuk menentukan jenis sabun apa yang cocok digunakan untuk karakter kulit kering.


Mandi Uap
Sejauh ini aktivitas mandi uap juga memberi dampak kurang baik terhadap kulit kering. Rata-rata aktivitas mandi uap justru memberi dampak ke bagian kulit sehingga lebih cepat kering. Temperatur air ataupun uap panas akan memberi efek buruk terhadap minyak alami di dalam kulit sehngga memberikan efek kering hingga memudahkan iritasi hingga ruam merah. Untuk menghindari kulit kering sebaiknya kurangi frekuensi mandi uap.

Menggosok Handuk Terlalu Kuat
Kebiasaan menggosok badan menggunakan handuk setelah mandi memang menjadi satu kenyamanan tersendiri. Akan tetapi pernahkah kamu sadari bahwa aktivitas menggosok tubuh menggunakan handuk kering terlalu kuat bisa memberi dampak buruk terutama membuat kulit kering menjadi iritasi hingga muncul ruam merah. Kelembapan pada kulit yang hilang akibat penggunaan handuk kering akan memberi efek terutama kulit menjadi lebih kering hingga memunculkan iritasi kulit sehingga perlu adanya penggunaan handuk lebih halus agar terhindar dari iritasi.

Bertambahnya Usia
Seiring bertambahnya usia ternyata memberi dampak buruk terhadap kesehatan kulit. Hingga sekarang penyebab kulit kering bagi pria dan wanita bisa terlihat terutama semakin tua seseorang akan berkurangnya hormon yang diproduksi tubuh. Sedangkan dari penurunan hormon tersebut menyangkut soal kesehatan kulit. Maka dari itu ketika bertambahnya usia sebaiknya cobalah lihat dari perawatan kulit yang harus dilakukan seperti mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran hingga banyak mengkonsumsi air putih untuk menjaga kesehatan kulit.

Menggosok Kulit
Hingga saat ini salah satu penyebab kulit kering bisa disebabkan oleh aktivitas menggosok kulit yang mana mengugnakan perangkat gosok salah satunya spons. Hingga sekarang efek dari gesekan di alat gosok akan membuat kerusakan lapisan kelembapan di permukaan kulit, sehingga menyebabkan kekeringan di beberapa bagian kulit. Biasanya aktivias penggosokan kulit menggunakan spons bisa dirasakan dampaknya sehingga harus berhati-hati dalam melakukannya, ataupun tidak melakukan penggosokan ke bagian kulit terlalu kuat.

Iritasi
Hingga saat ini penyebab kulit kering bisa terjadi karena adanya iritasi yang bisa bermula dari salah penggunaan sabun mandi, hingga salah menggunakan pelembap kulit, sampai-sampai penggunaan parfum. Oleh sebab itu ada banyak penyebab terjadinya iritasi salah satunya penggunaan kain tertentu sehingga memberi dampak kurang baik ke bagian kulit. Seringkali pada kaum wanita adalah penggunaan deterjen yang bisa berdampak buruk seperti membuat kulit menjadi iritasi hingga tidak sehat. Maka dari itu hindari dan lakukan langkah-langkah antisipasi yang sekarang sudah banyak dilakukan seperti melakukan perawatan secara rutin seperti penggunaan vitamin hingga pelembap yang sudah dikonsultasikan ke pakar kesehatan kulit.

Kondisi Kesehatan Lainnya
Tidak semua orang memiliki karakter kulit yang sama, bahkan seseorang bisa terlalu mudah mengalami iritasi karena perubahan suhu hingga terlalu sering terpapar sinar matahari. Maka dari itu berbagai pakar kesehatan kulit menyarankan agar proses perawatan kulit dilakukan secara benar dan tepat agar terhindar dari iritasi kulit seperti ruam merah, bersisik, hingga terjadinya iritasi pada beberapa bagian kulit lainnya.

Mengatasi gangguan kesehatan pada kulit seperti terjadinya iritasi memang memberi banyak solusi terbaik. Maka dari itu untuk mencegah terjadinya iritasi sebaiknya jangan mandi terlalu lama setidaknya lakukan sekitar waktu 10 ataupun 5 menit saja sehingga kulit tidak terlalu banyak terpapar sabun. Penggunaan pelembab hingga sabun juga memerlukan ketelitian, maka dari itu gunakan produk pelembab sabun ataupun lainnya yang sudah melalui tahapan konsultasi ke pakar kesehatan kulit.

Sedangkan dari penyebab kulit kering akibat terlau kuat menggosok kulit memakai handuk juga harus dicegah dengan cara penggunaan handuk halus untuk menggosok kulit agar tak terjadi iritasi seperti ruan merah atau terasa gatal. Bagi wanita dan pria yang sering bekerja di luar ruangan sebaiknya gunakan pelindung sinar matahari ataupun seringlah konsumsi air minum setidaknya 2 sampai 3 liter per hari.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul 8 Penyebab Kulit Kering Harus Kamu Pahami. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar