Manfaat Konsumsi Garam dan Jumlah Kebutuhannya Bagi Anak-Anak

No Comments
Setiap menu makanan pastinya membutuhkan bahan tambahan berupa garam. Mungkin selama ini Anda belum mengetahui bahwa ada manfaat terbaik dari kandungan garam di setiap makanan, bahkan dari berbagai penelitian mengungkapkan bahwa kandungan iodium di dalam garam benar-benar memberi manfaat terbaik bagi tubuh manusia. Tidak hanya sebagai bahan tambahan di setiap menu makanan saja, akan tetapi ada beberapa manfaat konsumsi garam yang selama ini belum banyak diketahui.

Kandungan iodium di dalam garam benar-benar memberi solusi terbaik bagi siapa saja bahkan dari berbagai kalangan usia juga bisa merasakan manfaatnya. Oleh sebab itu banyak kalangan terutama pakar kesehatan menyarankan bagi tubuh manusia untuk mengkonsumsi garam secara stabil agar produksi hormon torid bisa lebih stabil. Maka dari itu langsung saja kita lihat seperti apa manfaat dari knsumsi garam tersebut.

Manfaat Konsumsi Garam dan Jumlah Kebutuhannya Bagi Anak-Anak
Manfaat Konsumsi Garam dan Jumlah Kebutuhannya Bagi Anak-Anak


Manfaat Konsumsi Garam Bagi Anak-Anak


Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh
Pada manfaat pertama ketika tubuh manusia mengkonsumsi ataupun mendapat asupan garam setiap harinya yakni mampu menjaga keseimbangan cairan tubuh yang selama ini memberi manfaat bagi metabolsme tubuh. Garam membuat seseorang dapat berkeringat bahkan sanggup menjaga suhu tubuh tetap stabil hingga terhindar dari dehidrasi maka dari itu sangat penting untuk konsumsi garam setiap harinya.

Mengurangi Potensi Gangguan Pertumbuhan
Pada usia anak-anak sampai remaja sangat membutuhkan asupan garam yang mana sanggup memberikan perkembangan lebih baik terhadap anak-anak hingga kalangan dewasa. Sebenarnya tidak hanya di kalangan anak-anak saja, akan tetapi pada ibu hamil juga harus mendapatkan manfaat terbaik dari garam. Yodium sangat baik untuk memberi dukungan terhadap perkembangan otak hingga mencegah terjadinya gangguan mental secara fisik. Jadi sudah bisa kita lihat bahwa yodium di dalam garam sangat berperan penting bagi semua usia.


Mengurangi Resiko IQ Rendah
Kita bisa melihat bahwa manfaat konsumsi garam sangat baik untuk mendukung kemampuan otak dalam masa perkembangannya. Yodium memang sangat penting karena baik untuk mendukung pertumbuhan IQ dari usia anak-anak 3 sampai 5 tahun. Maka dari itu banyak pusat studi sudah mengumumkan bahwa Intelligence Quotient yang memberi pengaruh terhadap kecerdasan seseorang. Bisa kita bayangkan jika tingkat IQ seseorang terutama anak-anak tidak terlalu tinggi bahkan berkembang karena kekurangan kandungan yodium.

Memelihara Fungsi Organ Tubuh
Menjadi salah satu manfaat terbaik dari garam terhadap tubuh, salah satunya manfaat konsumsi garam adalah mampu memelihara fungsi organ tubuh lebih baik. Kandungan natrium di dalam garam sangat berperan untuk pengiriman impuls saraf pada bagian otak ke semua tubuh hingga memberikan koordinasi jaringan otot. Semua fungsi garam sangat menarik terutama dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh hingga lebih stabil.

Selain mencermati manfaat konsumsi garam sebaiknya Anda melihat seperti apa jumlah kebutuhan garam yang harus disesuaikan hingga direkomendasikan berdasarkan usia terutama anak-anak dari 1 tahun sampai 11 tahun. Bila Anda memiliki anak-anak berusia 1 sampai 11 tahun sebaiknya cermati dahulu dari jumlah kebutuhan garam seperti berikut ini.

Usia di Bawah 1 Tahun
Pada anak-anak berusia di bawah satu tahun dianjurkan untuk memberikan asupan garam setidaknya kurang dari satu gram per hari. Pemberian kandungan garam pada usia bayi di bawah 1 tahun memang tidak sama seperti usia lebih dari 1 tahun sehingga harus diperhatikan agar tak kekurangan nutrisi garam yang sangat penting bagi perkembangan tubuhnya.
Usia Anak 1-3 Tahun
Berikutnya dari usia anak-anak 1 sampai 3 tahun juga harus mengkonsumsi garam yang selama ini direkomendasikan tidak melebihi batas 2 gram perharinya atau setidaknya diberikan asupan garam sebanyak 0,8 gram natrium sehingga semua fungsi organ tubuhnya tetap berjalan seimbang hingga sanggup menjaga cairan tubuh lebih baik.

Usia Anak 4-6 Tahun
Manfaat konsumsi garam pada usia anak 4-6 tahun juga sangat baik bagi tubuh terutama dalam kadar sekitar 3 gram per hari atau bisa juga sebanyak 1,2 gram natrium. Ketika anak-anak sudah memasuki usia 4 sampai 6 tahun maka perkembangan sistem organ tubuhnya semakin aktif bahkan aktivitas anak-anak di usia 4 sampai 6 tahun juga mulai lebih sering bergerak sehingga butuh asupan garam lebih tinggi.

Usia Anak 7-10 Tahun
Tidak hanya usia anak 4 sampai 6 tahun saja, akan tetapi ketika memasuki usia 7 sampai 10 tahun konsumsi garam yang direkomendasikan tidak melebihi 5 gram per harinya atau bisa juga setara dengan 2 gram natrium. Maka dari itu ketika manfaat konsumsi garam tidak dimaksimalkan pada usia anak 7 sampai 10 tahun maka potensi kekurangan yodium dapat mengganggu tingkat kecerdasan otak anak tersebut.

Usia Anak 11 Tahun Ke Atas dan Dewasa
Terakhir dari anak-anak usia 11 tahun ke atas atau masuk ke usia dewasa yang mana rekomendasi dari manfaat konsumsi garam tidak boleh lebih dari 6 gram per hari atau bisa setara dengan 2,3 gram natrium. Pengecualian bagi pencerita gangguan jantung disarankan membatasi asupan natrium hingga 1,5 gram per harinya agar tak menimbulkan masalah serius pada organ jantung.

Mengetahui berbagai macam manfaat konsumsi garam memang sangat penting hingga sekarang ini berguna untuk menambah kecerdasan otak hingga mengatur fungsi organ-organ di dalam tubuh agar tetap bekerja lebih stabil. Jadi jangan sepelekan konsumsi garam yang mana peran dan fungsinya sangat baik untuk menunjang semua aktivitas sehari-hari hingga dapat memberi solusi bagi anak-anak usia 1 tahun sampai usia dewasa.
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Manfaat Konsumsi Garam dan Jumlah Kebutuhannya Bagi Anak-Anak. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar