Menu Makanan Pantangan Penderita Diabetes

No Comments
Berbagai macam penyakit seperti Diabetes hingga asam urat diharuskan mengontrol asupan makanan secara detail. Kejelian dalam konsumsi makanan ternyata berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, maka dari itu diperlukan kontrol menu makanan yang lebih baik sehingga tak menimbulkan masalah. Tidak hanya pantang konsumsi nasi putih berlebihan saja, akan tetapi ada beberpaa menu makanan pantangan penderita diabetes yang harus diperhitungkan.

Penderita diabetes memang disarankan tidak konsumsi makanan mengandung gula berlebihan, karena itulah setiap penderita diabetes harus mengetahui seperti apa menu makanan yang penting untuk mengontrol gula darah agar tetap stabil dan tidak memberi banyak gangguan kepada tubuh. Maka dari itu diperlukan berbagai macam informasi penting untuk mengatur menu makanan yang harus dihindari bagi penderita diabetes seperti berikut ini.

Menu Makanan Pantangan Penderita Diabetes
Menu Makanan Pantangan Penderita Diabetes

Menu Makanan Pantangan Penderita Diabetes


Penderita diabetes harus mengatur asupan makanan terutama dalam proses pengobatan yang harus dilakukan. Maka dari itu aturlah pola makan dengan mengkonsumsi menu makanan yang tidak buruk bagi tubuh seperti berikut ini.

Menu Karbohidrat
Pada kandungan karbohidrat bisa dipastikan menjadi pantangan pertama yang harus diatur asupannya oleh penderita diabetes. Hingga sekarang menu karbohidrat sendiri bisa memberikan manfaat bagi tubuh terutama dalam mengatur energi yang baik dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Maka dari itu beberapa menu seperti nasi putih, kentang goreng, dan roti putih harus dikurangi sejak dini.
Hindari juga menu makanan seereal yang mengandung gula terlalu banyak akan tetapi sedikit serat. Untuk menghindari gangguan seperti kadar gula darah yang melonjak sebaiknya konsumsi beras merah, ubi jalar yang dipanggang, kemudian roti dengan biji-bijian utuh agar tak menganggu kadar gula darah yang berlebihan.


Makanan Berprotein
Selanjuutnya dari menu makanan pantangan penderita diabetes juga harus memperhitungkan aspek protesin yang mana tidak boleh terlalu tinggi ataupun proes memasaknya secara digoreng ataupun dipanggang. Beberapa menu pantangan bagi penderita diabetes yang mengandung protein diantaranya daging yang digoreng, ikan goreng, tahu goreng, hingga kulit unggas.
maka dari itu penderita diabetes harus mendapatkan menu berprotein tinggi dari daging dada tanpa ada kulitnya, tahu kukus atau rebu, ikan panggang, telur, kacang-kacangan, hingga daging rebus. Meskipun protesin sangat baik bagi tubuh, namun penderita diabetes juga tak bisa mengkonsumsi menu makanan berprotein tinggi karena bisa mengganggu kadar gula darah.

Produk Susu
Hingga kini produk susu menjadi sala satu menu makanan pantangan penderita diabetes. Sebisa mungkin bagi penderita diabetes harus mengatur asupan susu mulai dari susu full cream, keju, yoghurt, hingga es krim. Akan tetapi ada beberapa penderita diabetes masih bisa mengkonsumsi menu susu lainnya mulai dari yoghurt, susu krim hingga keju rendah lemak yang sampai sekarang bisa dikonsumsi untuk mengatur stabilnya gula darah yang selama ini jadi solusi bagi penderita diabetes.
Berbagai macam produk susu di pasaran memang menjadi salah satu menu makanan pantangan penderita diabetes. Akan tetapi sebaiknya pilihlah produk susu yang sudah direkomendasikan oleh pihak dokter ataupun pakar gizi sehingga dapat dikonsumsi secara aman bahkan dianjurkan selalu rutin mengkonsumsi susu tersebut.

Minuman dan Buah
Sebagai asupan penting bagi tubuh ternyata buah-buahan juga memiliki pantangan yang juga harus diatur konsumsinya. Produk selai buah yang sudah mendapat tambahan gula memang jangan dikonsumsi terlalu banyak bahkan adapun yang ditambah dengan sirup gula sehingga kadar pemanis di dalam selai tersebut terlalu tinggi dan berakibat fatal bagi kadar gula darah.
Maka dari itu sebagai alternatif terbaik pilih menu buah yang segar dan asli tanpa ada tambahan pemanis sehingga dapat memberikan pemnanis alami dan tidak memberikan dampak buruk terhadap kadar gula darah di dalam tubuh.
Tidak hanya buah saja, akan tetapi minuman selain susu juga harus diperhatikan kadar gulanya. Beberapa minuman seperti teh, kopi, minuman beralkohol, hingga minuman bersoda sebaiknya dihindari karena bisa memberi efek buruk bagi penderita diabetes. Biasanya minuman kopi dan teh tidak diberikan gula tambahan agar tak memberi dampak buruk kemudian dari susu rendah lemak juga bisa dijadikan subtitusi dari kopi ataupun teh yang sama-sama memberi manfaat terbaik bagi tubuh.

Sayuran
Menu makanan pantangan penderita diabetes juga tak lepas dari sayuran. Akan tetapi dari sayuran yang harus dikonsumsi sebisa mungkin tak memiliki kandungan garam terlalu tinggi. Hindari juga konsumsi sayuran yang dibarengi dengan menu susu ataupun keju hingga mentega karena berdampak buruk terhadap kadar gula darah di dalam tubuh. Cobalah hentikan konsumsi sayuran kaleng karena mengandung banyak garam. Sebaiknya konsumsi sayuran harus lebih segar bahkan bisa dimakan mentah atau diolah menggunakan teknis kukusan ataupun dipanggang. Sayuran sangat baik dalam mengatur kadar gula darah, konsultasilah bersama pakar kesehatan atau dokter yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Tidak sedikit penderita diabetes tak memperhatikan menu pantangannya sehingga berbagai macam masalah kerap muncul seperti terjadi gejala kesemutan di bagian ujung jari kaki hingga tangan, kemudian member efek nyeri di beberapa persendian hingga menyebar ke bagian tungkai atas. Ketika menu makanan pantangan penderita diabetes tidak diperhatikan maka komplikasi akibat kadar gula darah terlalu tingi akan membuat dinding kapiler menjadi rusak. Bahkan hal buruk juga bisa terjadi terutama adanya kerusakan saraf hingga gangguan pencernaan sampai menyebabkan disfungsi ereksi pada pria karena kerusakan syaraf tersebut.

Jadi perlu diatur dalam hal menu makanan pantangan penderita diabetes yang mana bisa mengatur dan menstabilkan kadar gula darah di dalam tubuh sehingga tak menimbulkan berbagai ancaman buruk hingga terjadi komplikasi.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Menu Makanan Pantangan Penderita Diabetes. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar