Pantangan Bagi Ibu Hamil yang Harus Diketahui

1 comment
Seorang ibu hamil memang membutuhkan banyak solusi untuk menjaga kesehatan si janin. Dalam beberapa usia trisemester kehamilan memang tingkah laku atau aktivitas si ibu harus dijaga agar tak mengakibatkan gangguan kepada janin. Meksipun ada beberapa kegiatan yang sepele namun ternyata memberi dampak kurang baik terhadap kesehatan bayi. Maka dari itu ada pantangan bagi ibu hamil yang kerap disepelekan padahal sangat penting diketahui oleh berbagai kalangan.

Jika selama ini Anda belum mengetahui berbagai pantangan bagi ibu hamil sebaiknya cermati dari beberapa ulasan penting seperti berikut ini.

Pantangan Bagi Ibu Hamil yang Harus Diketahui
Pantangan Bagi Ibu Hamil yang Harus Diketahui


Pantangan Bagi Ibu Hamil yang Harus Diketahui


Merokok
Pastinya dari aktivitas merokok sudah tidak diperbolehkan lagi dilakukan oleh seorang ibu hamil. Dampak buruk dari kebiasaan merokok sudah bisa memberi efek terhadap bayi terutama berat badan si kecil akan rendah ketika dilahirkan sehingga meningkatkan resiko bayi prematur ataupun kekurangan nutrisi ketika lahir nanti. Tidak hanya itu saja, ketika ibu hamil terlalu banyak terpapar asap rokok juga memberi resiko terjadinya infeksi pada masa kembang si bayi, sehingga diperlukan upaya untuk tidak mendekati asap rokok bahkan sebisa mungkin berhenti dari kebiasaan merokok karena sudah tak baik bagi kesehatan janin.


Mengkonsumsi Makanan Kurang Matang
Tidak hanya merokok saja, pantangan bagi ibu hamil juga tak diperbolehkan mengkonsumsi makanan yang kurang matang. Hal ini mengakibatkan janin terkontaminasi oleh bakter salmonella, e.coli, parasit toxoplasma, hingga listeria yang membuat potensi keguguran menjadi lebih tinggi. Hal buruknya lagi jika seorang ibu hamil sering mengkonsumsi makanan kurang matang baik dalam bentuk daging ataupun sayuran akan mengakibatkan bayi cacat serius ketika dilahirkan. Maka dari itu sebisa mungkin konsumsi makanan yang matang hingga diproses secara benar.

Konsumsi Alkohol
Minuman keras yang mengandung banyak alkohol sebenarnya tak diperbolehkan bagi siapapun termasuk ibu hamil. Sekarang ini masih ada beberapa gangguan pada bayi terutama terjadinya sindrom alkohol janin yang mana bisa terlihat dengan adanya berat badan yang sangat rendah ketika lahir, hingga memiliki gangguan perilaku, hambatan dalam pertumbuhan hingga tidakmampuan belajar.

Bila seorang wanita yang sebelum melahirkan sudah memiliki hobi konsumsi minuman beralkohol sebaiknya menghentikan kebiasaan tersebut terutama ketika mengandung. Pada trismester pertama biasanya perkembangan bayi masih sangat baik sehingga jangan konsumsi minuman alkohol karena akan menganggu proses pembentukan sistem saraf si janin.

Berendam Air Panas
Salah satu pantangan bagi ibu hamil lainnya adalah berendam air panas atau sauna. Meskipun sauna baik untuk kesehatan kulit dan menghilangkan rasa stress, akan tetapi saat masa-masa hamil terutama pada trimester pertama sebaiknya jangan melakukan kebiasaan mandi air panas atau berendam di dalam air panas hingga sauna karena memang memberi resiko keguguran lebih tinggi hingga membuat bayi lahir cacat permanen. Berbagai studi memperlihatkan bahwa kebiasaan berendam air panas atau sauna memang membuat resiko bayi lahir cacat meningkat lebih dari 2 kali lipat. Maka dari itu disarankan ketika ingin mandi air panas batasi waktu kurang dari 15 menit tanpa harus berendam.

Kurang Istrirahat
Tidur juga menjadi kebutuhan penting bagi ibu hamil. Maka dari itu salah satu pantangan bagi ibu hamil adalah jangan sampai kekurangan istirahat atau tidur terutama pada trimester ketiga kehamilan. Bila dibiarkan terus-terusan maka terjadi resiko hipertensi hingga diabetes dalam kehamilan bahkan memberikan rasa depresi ketika melahirkan. Maka dari itu diperlukan cara-cara untuk bisa memberi waktu tidur lebih lama bagi ibu hamil salah satunya rutin berolahraga ringan selama hamil, menghindari rasa stress, membuat tempat tidur lebih nyaman, hingga mengatur jadwal tidur.

Berat Badan Terlalu Berlebihan
Hingga sekarang masih saja ada beberapa ibu hamil yang belum mengatur berat badan mereka. Pantangan bagi ibu hamil salah satunya berat badan tidak boleh terlalu berlebihan sehingga membuat resiko kenaikan tekanan darah ataupun terjadinya diabetes pada masa kehamilan semakin tinggi. Maka dari itu salah satu siklus ibu hamil yang perlu diketahui adalah menambahkan 340 kalori per hari sehingga jumlah kalori totalnya mencapai 450 per hari untuk menjaga pertumbuhan janin tetap stabil.

Membersihkan Kotoran Kucing
Jika selama ini Anda memelihara kucing sebaiknya berhati-hati dari kotorannya yang mana sangat tak disarankan bagi ibu hamil untuk membersihkan kotorannya. Salah satu pantangan bagi ibu hamil salah satunya membersihkan kotoran kuci karena memang terdapat kadar parasit Toxoplasma gondii terlalu tinggi sehingga berbahaya bagi ibu hamil. Adapun gejala infeksi dari parasit yang tidak disadari bagi ibu hamil, akan tetapi ketika sudah terjangkit parasit tersebut maka potensi keguguran bisa lebih tinggi bahkan membuat bayi mengalami cacat mental hingga membuat bayi kejang-kejang. Oleh sebab itu bagi ibu hamil sebaiknya hindari memelihara kucing.

Pergi Ke Salon
Mengunjungi tempat kecantikan seperti salon juga tidak diperkenankan bagi seorang ibu hamil. Hingga kini aktivitas ke salon memang menjadi pantangan bagi ibu hamil sehingga sampai sekarang memang tak diperbolehkan untuk menjadi aktivitas rutin bagi seorang ibu hamil. Dampak buruk terhadap janin dari penggunaan obat-obatan ataupun bau dari obat kosmetik menyebabkan resiko keguguran lebih tinggi, maka dari itu jangan terlalu sering mendatangi salon kencatikan saat hamil.

Berbagai macam pantangan bagi ibu hamil memang tidak diperkenankan untuk menjadi rutinitas karena berdampak kurang baik terhadap kesehatan janin hingga ibu hamil sendiri. Maka dari itu gunakan gaya hidup sehat dari menu makanan, minuman, hingga aktivitas jangan terlalu berlebihan.

1 komentar:

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Pantangan Bagi Ibu Hamil yang Harus Diketahui. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar