Pentingnya Medical Check Up Bagi Organ Tubuh Manusia

No Comments
Pernahkah Anda mendengar istilah medis yakni medical chek up? Banyak kalangan merasa beruntung ketika melakukan medical chekc up tersebut karena memang sudah merasakan betapa mahalnya kesehatan sehingga perlu adanya pengecekan rutin untuk menjadi langkah pencegahan. Maka dari itu medical check up sendiri sebenarnya menjadi hal wajib dilakukan oleh setiap kalangan baik muda ataupun tua sehingga dapat mendeteksi penyakit sejak dini. Kini pentingnya medical check up untuk berbagai organ tubuh manusia benar-benar bermanfaat, maka dari itu sebisa mungkin Anda harus mendapat manfaatnya.

Semakin dini Anda melakukan pencegahan maka semakin baik dan mudah bila terjadi sebuah gangguan kesehatan. Oleh sebab itu kenali dahulu seperti apa pentingnya melakukan medical check up yang akan kita ulas dalam beberapa opsi berikut ini.

Pentingnya Medicak Check Up Bagi Organ Tubuh Manusia
Pentingnya Medical Check Up Bagi Organ Tubuh Manusia

Pentingnya Medical Check Up


Check Up Tekanan Darah
Seperti kita tahu bahwa tekanan darah menjadi salah satu penyumbang masalah kesehatan bagi usia 30 tahun ke atas hingga di bawah 60 tahun. Ketika tekanan darah normal untuk usia 60 tahun masih kurang dari 10mm Hg, kemudian pada bilangan bawahnya di bawah 90 dan biasanya dibaca 140/90. Akan tetapi pada check up tekanana darah di atas usia 60 tahun memiliki standar normal yakni kurang dari 150/90mm yang mana menjadi batas normal dan kalau lebih dari patokan tersebut sudah dikatakan hipertensi sehingga diperlukan penanganan medis secara cepat.

Gula Darah
Sudah jelas pengecekan gula darah menjadi hal penting yang mana masuk dalam daftar pentingnya medical check up.Pengecekan gula darah sendiri biasa dilakukan pada seseorang berusia 45 tahun ke atas dengan frekuensi sektiar 3 tahun sekali untuk mencegah terjadinya diabetes. Akan tetapi bagi penderita diabetes sebaiknya melakukan pengecekan kadar gula darah secara rutin hingga melakukan konsultasi ke pihak dokter. Untuk kadar gula darah normal masuk dalam angka 70-100mg/dL, sedangkan Pradiabetes yakni 100-125mg/dL, kemudian diabetes kurang lebih 126mg/dL.

Check Up Berat Badan
Salah satu pentingnya medical check up yang kini sering diterapkan atau dilakukan adalah check up berat badan. Hingga kini berat badan mampu menyumbang penuh terhadap jenis penyakit tertentu. Maka dari itu gangguan stroke, jantung, hingga diabetes tipe 2, kanker, hipertensi dan gangguan lainnya bisa disebabkan oleh berat badan terlalu berlebihan. Maka dari itu pemeriksaan BMI harus dilakukan setiap 2 tahun sekali untuk orang berusia di bawah 50 tahun, sedangkan untuk usia di atas 50 tahun harus cek setidaknya satu tahun sekali.


Kadar Kolesterol
Salah satu faktor gangguan kesehatan terutama yang memberi sumbatan pada pembulu darah hingga memicu penyakit jantung dan stroke yakni kadar kolesterol jahat harus dilakukan pengecekan secara rutin hingga akhirnya bisa mencegah berbagai gangguan kesehatan. Untuk melihat pentingnya medical check up harus melhat dari golongan atau kategori kadar kolestero yang baik dan jahat. Untuk kolesterol baik masuk dalam batas 60mg/dL, kemudian kolesterol jahat di bawah 100mg/dL. Sedangkan dari trigliserida sebaiknya di bawah 150mg/dL, sedangkan total kolesterol baik di bawah 200mg/dL.

Check Up Kesehatan Kulit
Hingga kini kesehatan kulit juga menjadi faktor penting yang membuat seseorang bisa mendapatkan kesehatan secara optimal. Pemeriksaan kulit dilakukan dengan cara mengambil sampel kulit atau dilakukan biopsi. Biopsi sangat berguna jika terjadi sel kanker kulit yang timbuh tidak terkontrol, maka dari itu ketika ada benjolan hingga tahi lalat yang memiliki warna sering berubah hingga berdarah sebaiknya segera lakukan pengecekan. Tidak sedikit kalangan anak muda hingga orang tua tak memperhitungkan pentingnya medical check up.

Check Up Kepadatan Tulang
Usia 60 tahun ke atas sudah rentan terhahdap gangguan persendian hingga kekuatan tulang yang semakin berkurang. Maka dari itu melakukan tes kepadatan tulang dapat bertujuan mengetahui kekuatan tulang hingga membantu diagnosa osteoporosis ataupun pengeroposan tulang. Proses medical check up pada tulang dilakukan memakai sinar Xray ataupun bisa memakai CT Scan. Sedangkan dari usia pengecekan tulang untuk kaum pria di atas 70 tahun sedangkan kalangan wanita di atas 65 tahun. Biasanya osteoporosis terjadi karena efek jangka panjang seperti terlalu sering merokok, konsumsi minuman keras, berat badan terlalu ringan, hingga faktor keturunan.

Check Up Kesehatan Paru-Paru
Hingga kini kesehatan paru-paru juga menjadi manfaat dari pentingnya medical check up. Kesehatan paru-paru memang sering mengalami gangguan seperti asma, bronkitis, hingga knker. Pengecekan pada organ paru-paru bisa menggunakan dua cara yakni Xray dan CT Scan. Maka dari itu jika Anda sering merokok sebaiknya lakukan pengecekan agar tidak terjadi masalah kesehatan lebih dalam. Terdapat pula tes paru-paru terutama dalam mengukur jumlah udara yang ada di dalam paru-paru kemudian kecepatan masuk keluarnya udara.

Kesehatan Jantung
Terakhir ada pengecekan organ jantung yang mana menjadi salah satu organ vital yang berperan penting di dalam tubuh manusia. Dari pentingnya medical check up organ jantung sangat baik untuk mencegah terjadinya gangguan seperti tersumbatnya pembuluh darah hingga gangguan lainnya. Untuk mengecek kesehatan jantung bisa menggunakan tes elektrokardiogram atau EKG sehingga mampu merekam detak jantung secara sempurna hingga mengetahu aktivitas listrik jantung.

Berbagai macam pentingnya medical check up sangat bermanfaat untuk semua usia dari dewasa sampai usia senja. Maka dari itu jangan sepelekan proses medical check up karena bisa memberi solusi tepat terutama mengatur dan mencegah penyakit mematikan berkembang di dalam tubuh.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Pentingnya Medical Check Up Bagi Organ Tubuh Manusia. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar