3 Tips Memotivasi Diri Sendiri

No Comments

Riuzinfo.com – Sahabat Riuzinfo.com seringkali dalam hidup ini kita sering mengalami kegagalan, dan kegagalan itu membuat kita down dan kita semakin jauh dari goal yang ingin kita capai. Tentunya dalam hal ini kita membutuhkan motivasi-motivasi yang bisa membantu mengembalikan semangat kita untuk kembali bisa mengejar impian kita. Namun, setelah itu tidak ada kemajuan sama sekali sekalipun kita sudah mendapatkan motivasi yang sangat menggebu-gebu, tapi tetap hasilnya nihil. Secara tidak sadar manusia pada umumnya belum bisa mengenal dirinya terlalu dalam, Kenapa? Karena dia tidak pernah memberikan dirinya berekspresi sesuai yang dirinya inginkan, dia selalu terhipnotis akan hal-hal yang disekitarnya yang notabenya tidak bisa dia lakukan.

Sebenarnya, motivasi yang baik dan benar itu harus dimulai dari dalam diri kita masing-masing, apa goal yang ingin saya capai? Apakah saya bisa melakukan hal tersebut? Semuanya butuh pertimbangan yang matang. Nah, setelah itu baru kita bisa mendapatkan gambaran arah dan tujuan kita melangkah. Memotivasi diri sendiri berarti kita mau berdiskusi dan focus serta tujuannya terarah, memang untuk melakukan hal tersebut tidak semudah yang kita pikirkan. Banyak sekali godaan yang akan menghalangi langkah kita untuk bisa mencapai hal tersebut.

Namun, kabar baiknya kali ini Riuzinfo.com akan memberikan kepada kita 3 tips memotivasi diri sendiri

Tips I : Bentuk Pola Pikir Yang Sehat

Bangun rasa percaya diri Buat diri anda mempunyai rasa percaya diri yang tinggi, jangan lihat kegagalaan masa lalu anda sebagai hal yang negative, tetapi anggalah itu sebagai batu loncatan yang sangat tinggi untuk membentuk rasa percaya diri anda. Bilang seperti ini pada diri anda, kenapa saya terus melakukan sesuatu hal yang merepotkan diri saya? Jawabannya karena anda mampu. Membangun rasa percaya diri tidak harus kita bisa melakukan semua hal, dari kegagalan-kegagalan kita bisa membangun rasa percaya diri. Teruslah berpikiran yang positif bahwa saya bisa melakukannya dan saya mampu menaklukkannya. 

Baca juga : 7 Hal yang perlu kamu siapkan sebelum menghadapi ujian

Berpikiran yang positif Buang jauh-jauh perasaan negatif anda yang terlalu tinggi, takut gagal, tidak mau mencoba. Itu hanya menjadi kendala yang menghambat anda melakukan sesuatu hal yang sebenarnya anda mampu lakukan, tetapi karena perasaan yang demikian anda tidak bisa berbuat apa-apa. Teruslah berpikiran positif, saya pasti bisa melakukannya, saya pasti bisa, dan saya akan berhasil dengan kemampuan saya. Jangan meremehkan kemampuan yang kamu miliki, tetapi kembangkanlah kemampuan yang kamu miliki, sehingga kamu bisa menaklukkan apa yang kamu inginkan.

Jangan menghindari setiap kendala Tentunya, dalam melakukan segala hal, banyak sekali kendala yang akan menghalangi kita. Jika kamu sudah mempunyai tekad yang kuat untuk mendapatkan sesuatu hal yang besar, maka kendala yang besar juga aka nada di depan anda. Jangan pernah mundur karena ada kendala yang akan menghalangi pergerakan anda, karena kendala atau masalah yang akan mendewasakan anda bagaimana menyelesaikan sesuatu dengan baik dan benar. Tetapi sebaliknya, jika anda selalu menghindar dari kendala yang akan anda hadapi, yakin dan percaya anda selamanya tidak akan pernah tahu bagaimana kelebihan yang ada di dalam diri anda sebenarnya.

Tips II : Ciptakan Momentum

Tentukan tujuan akhir anda yang positif Seringkali, manusia dalam menentukan tujuan akhir selalu berujung pada pikiran yang negatif. Bagaimana kalau hasilnya tidak sesuia dengan yang saya inginkan? Pikiran khawatir terus menghantui, sehingga kita lupa apa sih yang sedang kita perjuangkan?. Lucu kan? Yang dia perjuangkan saja dia tidak ketahui, bagaimana mungkin itu bisa terwujud. Buanglah hal-hal negatif dalam pikiran anda, yang perlu anda lakukan adalah pikirkan bagaimana cara saya agar bisa mencapai tujuan yang saya inginkan. Misalnya anda bertekad 3 tahun saya sudah harus lulus S1, percaya dan yakin anda mampu melakukannya, maka anda akan mendapatkannya.

Buat progress Catat apa saja yang pernah anda lakukan selama ini, baik itu kegagalan anda, keberhasilan anda, apa pun itu catat. Sehingga suatu saat nanti anda akan mengetahui bagaimana kualitas kamu yang sesungguhnya. Cara ini juga sangat ampuh unutk memotivasi diri sendiri, dengan anda mengetahui kelemahan diri anda, maka anda akan focus untuk terus membenahi kelemahan anda menjadi kekuatan anda. Dan juga yang menjadi kelebihan kita, bagaimana kita terus mempertahankannya, bahkan bagaiamana cara agar kita semakin berkembang, apa yang akan anda lakukan pasti anda sudah mengetahui dengan progress yang anda catat sebelumnya.

Lakukan apa yang kamu sukai Dengan membiarkan diri anda, melakukan apa yang disukai oleh diri anda sendiri. Dengan sadar anda sedang membiarkan diri anda untuk menemukan jati diri anda sesungguhnya, banyak orang diluar sana tidak membiarkan dirinya melakukan yang dirinya sukai, karena mengingat resiko yang sangat besar, mereka tidak mengetahui dibalik resiko tersebut, ada sebuah jati diri yang sangat besar yang sedang menanti anda. Jangan membatasi diri anda untuk melakukan sesuatu hal yang positif jika anda ingin mendapatkan sesuatu hal yang tidak akan pernah didapatkan oleh orang lain.

Tips III : Pertahankan Motivasi

Belajar terus Perbanyak wawasan anda dengan cara mempelajari hal-hal yang baru, semakin banyak anda mengetahui sesuatu hal, semakin bertambah pula wawasan yang anda miliki. Dengan demikian anda akan bisa terus mempertahankan motivasi yang anda punya, karena anda tahu bahwa yang anda lakukan adalah suatu yang benar, meskipun samping kiri kananmu mengatai dirimu. Tetap fokus dengan motivasi yang ada dan percaya anda bisa melakukannya dan tunjukkan kepada mereka bahwa anda bisa melakukannya dan mereka salah menilai anda.

Biasakan berbicara seakan-akan Anda sudah menjadi apa yang Anda inginkan. Alih-alih berkata “Aku ingin menjadi orang yang positif”, lebih baik katakan “Aku adalah orang yang positif.”





Terimakasih telah membaca artikel berjudul 3 Tips Memotivasi Diri Sendiri. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar