7 Hal yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Menghadapi Ujian

No Comments
Riuzinfo.com - Jika saat ini anda masih pelajar, baik yang muda maupun yang tua, Anda perlu membaca sampai akhir artikel ini karena akan sangat membantu anda dalam menghadapi ujian dengan hasil yang memuaskan tentunya. Menjadi seorang pelajar bahkan Mahasiswa, hal utama yang paling di khawatirkan adalah saat mengahadapi ujian, bagaimana tidak ini adalah langkah terakhir yang harus anda tempuh untuk mendapatkan nilai yang bagus, selepas dari kegiatan belajar mengajar anda tiap hari, karena saya juga seorang pelajar saya juga merasakan kekhawatiran yang anda alami.

7 Hal yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Menghadapi Ujian


Suka atau tidak suka hal yang harus kamu lakukan untuk mengatasi segala kekhawatiranmu adalah memiliki kemauan untuk belajar, jika anda belajar tanpa ada kemauan, semuanya akan sia-sia. Karena yang ada di dalam pikiran kita belajar cuma sebagai salah satu syarat dan tidak melakukannya dengan sungguh-sungguh.

Tapi, semuanya itu akan percuma jika tidak disertai dengan jadwal dan panduan yang tepat. Jadi intinya, sebelum kamu melakukan segala hal harus ada perencanaan sebelumnya. Untuk apa? supaya yang kamu inginkan bisa tercapai dan mendapat hasil yang memuaskan. Sama halnya dengan belajar, kalau anda menginginkan nilai yang bagus, anda juga harus mempunyai panduan atau perencanaan yang memadai sebagai persiapan atau alat utama anda dalama menghadapi ujian.

Nah, hal-hal apa saja yang perlu kamu perhatikan sebelum mengahadapi ujian? berikut ulasannya untuk anda.

Meditasi/Penenangan Diri

Mengapa harus tenangkan diri? langkah pertama ini sangat ampuh untuk kita dalam mempersiapkan diri sebelum menghadapi ujian. Jika selama ini kamu adalah tipe orang yang selalu khawatir dalam menghadapi segala hal termasuk ujian, panik, perasaan gugup kerap kali mendatangi kita. Sebenarnya hal itu tidak akan terjadi, jika kita telah melakukan hal pertama ini dengan baik, buang semua perasaan gugup, kepanikan anda, kekhawatiran anda dengan melakukan hal di atas.

Yakin dan percaya perasaan gugup hanya akan membawa anda dalam situasi yang semakin buruk. Dengan melakukan meditasi diharapkan kamu membangun sebuah pemikiran yang tenang dan pikiran positif, bahwa saya bisa melakukannya. Ya, memang kamu bisa melakukannya. Tips yang harus kamu lakukan pada cara pertama ini, jauhkan aktivitas yang bisa mengganggu fokus kamu, misalnya sering memeriksa HP, main game, ataupun hal lainnya yang bisa merusak fokus anda.

Membuat Planning pembelajaran

Planning atau perencanaan adalah kunci sukses untuk mendapatkan sesuatu. Rencanakan apa yang harus kamu pelajari hari ini dan hari seterusnya, karena pada dasarnya perencanaan yang benar dan praktis akan memberikan anda kemudahan dalam mempelajari sesuatu hal karena sudah terencana dengan baik. Sehingga pola belajar anda teratur dan anda tentunya akan mendapatkan waktu santai yang teratur juga.

Tipsnya untuk anda, tentuka pelajaran yang sulit dan mudah untuk anda pahami. Kalau saya sendiri lebih sulit memahami pelajaran hitung-hitungan, bahasa asing sangat sulit sekali masuk dalam pemikiran saya. Tapi kalau pelajaran lainnya seperti mengarang, buat puisi, saya jagoannya. Setelah menentukan keduanya, Perbanyak memahami pelajaran yang sulit untuk kamu cerna, tapi ingat jangan memaksakan dirimu, biarkan mengalir dengan sendirinya. Kenapa demikian? untuk menghindati stres belajar.

Tentukan Materi-materi yang Kamu Percaya Bakal keluar Sebagai Soal

Nah, kalau saya dulu waktu masih duduk di Sekolah. Saya pahami dulu bagaima setiap sifat dan perilaku guru yang mengajar di kelas saya, hal apa yang sering di ulang-ulang oleh guru tersebut saya buat coretan-coretan kecil dan acak, tapi saya bisa memahaminya. Dan juga sebelum kita mengahadapi kadang-kadang Guru saya memberikan kisi-kisi sebagai bahan belajar kita pas Ujian nantinya.

Jika kamu sudah ada pandangan soal apa yang ada kemungkinan keluar, pelajari terus secara baik dan  benar agar kamu benar-benar memahami apa yang sedang kamum pelajari. Yakin dan percaya kamu akan siap untuk menghadapi ujian kamu dengan bekal dan persiapan yang telah kamu lakukan.

Tentukan Metode Belajar yang Kamu Sukai

Setiap manusia berbeda-beda tingkat kecepatan pemahamannya tentang sesuatu hal, ada yang mudah mengerti dan memahami, ada juga yag sangat sulit memahami sesuatu hal meskipun itu kita anggap sesuatu hal yang mudah. Karna tingkat pemahaman setiap orang berbeda-beda, tentunya juga kita mempunyai satu pola pembelajaran ynag membuat kita mudah memahami atau mengingat sesuatu. Untuk itu sebelum memulai belajar tentukan metode belajar kamu.

Kalau misalnya anda adalah tipe orang yang tidak suka membaca, tipe metode pembelajaran yang mungkin anda sukai adalah membuat bagan atau struktur yang isinya pelajaran, sehingga anda mudah untuk mengingatnya. Salah satu cara ini sangat ampuh buat anda yang tidak suka membaca, tetapi ingin menguasai satu hal dengan cepat dan benar.

Cari Sumber Rujukan Belajar

Sumber rujukan belajar sangat penting untuk kamu perhatikan sebelum menghadapi ujian, rujukan belajar kamu tidak harus kamu beli buku-buku yang mahal dari gramed, cukup dengan catatan kamu selama di sekolah, atau bahkan meminjam kepada teman yang mungkin ada buku yang sedang kamu cari, teman sekelas, ataupun jika bisa kamu memfotocopy buku guru kamu. Biasanya soal-soal ujian yang sering muncul juga bisa di ambil contoh soal yang pernah di berikan sama kamu apada saat dikelas. Pelajari ulang contoh-contoh tersebut yang bisa membantu kamu sebagai bahan rujukan belajar.

Menghafal

Langkah berikutnya adalah menghafalkan materi yang pernah di ajarkan. Mau tidak mau kamu harus melakukan hal ini, jika ingin ujian kamu sukses dan mendapatkan nilai yang maksimal. Metode menghafal memang cara yang ampuh untuk mengahadapi ujian, tapi untuk beberapa orang mungkin hal itu tidak mereka butuhkan, karena tipe belajar mereka berbeda dari anda.

Ada beberapa metode yang bisa kamu gunakan supaya teknik menghal kamu lebih cepat dan relevan dengan apa yang kamu inginkan. Metode pertama yaitu pengulangan, metode ini sangat ampuh untuk cepat mengahafalkan suatu hal. Misalkan pengertian dari blogger apa? Nah, kamu bisa mengulang-ulang terus pengertian dari blogger tersebut sampai kamu bisa manghafalkannya. Metode kedua yaitu menulis kembali catatanmu untuk di pelajari, ulangi secara terus menerus sampai kamu menulis tanpa melihat salinan teks anda.

Makanlah dengan Teratur

Atur pola makanan kamu sebaik mungkin, otak juga membutuhkan nutrisi yang baik untuk bisa mengingat sesuatu hal dengan baik, uasakan semaksimal mungkin nutrisi makanan kamu cukup buat menunjang kemampuan otak kamu dalam mengingat suatu hal. Sarapan pagi dengan gizi yang cukup sangat ampuh untuk menambah sumber Nutrisi yang dibutuhkan oleh otak.

Itulah 7 langkah yang harus kamu lakukan sebelum menghadapi ujian.



Terimakasih telah membaca artikel berjudul 7 Hal yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Menghadapi Ujian . Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar