Cara Ampuh Menyembuhkan Radang Mulut

No Comments
Riuzinfo.com - Sahabat Riuzinfo.com kesehatan adalah hal yang paling utama dan terpenting bagi kehidupan manusia. Namun, seringkali kita lalai dalam menjaga kesehatan tubuh kita, sehingga berbagai macam penyakit mudah menyerang bagian tubuh kita yang rentan terhadap penyakit. Kita memang tidak mengetahui kapan penyakit bisa menyerang tubuh kita, pada kondisi seperti apa dan bentuknya seperti apa?


Kadang-kadang penyakit datang karena tingkah dan kegiatan kita sendiri, mungkin kita sudah menjaga kesehatan selama ini dengan mengatur segala pola hidup sehat untuk kita jalankan sehari-hari. Mulai dari pengaturan pola makan, olahraga, tidur yang teratur. Tapi, seketika semuanya itu hancur karena ulah kita sendiri, kenapa? Mungkin bisa dijawab masing-masing dari kita, apa kegiatan yang kita lakukan sehingga merugikan kesehatan kita.

Salah satu penyakit yang sering menyerang kita adalah penyakit radang. Radang atau dalam bahasa inggrisnya Inflammation merupakan kondisi dimana respon utama sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi dan iritasi yang disebabkan oleh beragam hal, mulai dari infeksi virus herpes yang mengakibatkan luka berupa cairan, ulkus mulut, gingivitis dan beberapa penyebab lainnya.

Untuk sahabat Riuzinfo.com yang sering mengalami penyakit radang, berikut adalah cara ampuh menyembuhkan radang mulut yang bisa anda lakukan dirumah.

Mengatasi luka Mulut karena Gigi

Seringkali radang mulut menyerang karena keadaan gigi kita yang tidak sehat, sehingga mengakibatkan luka di sekitar mulut. Ini disebut dengan Gingvitis dan penyakit gusi yang menyebabkan iritasi dan infeksi pada gusi yang bisa menyebabkan respon peradangan dan nyeri pada mulut. Jika dibiarkan dan tidak segera di obati iritasi ini akan terus berkembang dan membentuk sebuah kantong atau lubang yang sering kita alami semakin terinfeksi dan membesar.

Langkah utama yang harus anda lakukan setelah merasakan gejala radang yaitu dengan mengendalikan infeksi yang bisa memicu peradangan yang semakin parah, cara yang pertama adalah bersihkan sela gigi anda dengan tali (anjuran dokter) dilakukan setiap hari dan sebelum tidur, cara kedua kurangi konsumsi minuman beralkohol yang bisa menjadi pemicu peradangan, cara ketiga hindari pemakaian obat kumur, cara keempat hindari rokok.

Jika radang terjadi di area gigi yang berlubang, anda di anjurkan menggunakan obat antibiotik untuk menyembuhkan peradangan anda, lubang pada gigi juga bisa menjadi penyebab rasa tidak nyaman pada mulut. Di anjurkan untuk menambal bagian gigi yang berlubang yang menjadi sarang virus dalam mulut anda. Jika anda sedang memakai kawat gigi, di anjurkan untuk sering-sering berkumur menggunakan air garam, karena komponen kawat gigi sering kali melukai mulut yang bisa menyebabkan sariawan pada mulut anda.

Mengobati Ulkus atau luka Mulut

Ulkus mulut bisa terjadi karena beberapa hal misalnya mulai dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Luka pada mulut sangat rentan sekali terhadap radang, jika anda merasakan gejala radang hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang panas-panas, pedas atau asem. Hal ini bisa mengatasi ulkus pada mulut dan mengobati peradangan, mengurangi rasa nyeri, perih, dan bisa mempercepat pemulihan kesehatan ulkus anda.

Jika anda perokok, di anjurkan untuk menghentikan mengonsumsi semua kegiatan yang mengandung tembakau, karena tembakau bisa menjadi pemicu penghambat penyembuhan radang  mulut anda, sehat itu pilihan jika kita menjaganya dengan baik, penyakit akan hilang dengan sendirinya.

Ulkus juga bisa disembuhkan dengan meminum jenis obat antibiotik dan antikanker. Jenis obat seperti ini bisa membunuh sel jahat dalam mulut, namun tidak menyerang sel kanker secara khusus, akibatnya sel dalam mulut bertumbuh semakin banyak dan membunuh sel penyebab radang.

Mengonsumsi Obat-obatan

Jenis obat yang ampuh untuk meyembuhkan radang adalah obat pereda nyeri, obat pereda nyeri bisa mengurangi ulkus mulut dan penyakit radang. Namun, semua upaya tersebut tidak dengan otomatis langsung menyembuhkan radang anda, bisa saja memakan waktu 5 sampai 14 hari baru sembuh. Rasa tidak nyaman dalam mulut yang disebabkan oleh radang memang sangat mengganggu, tetapi jika anda rutin menggunakan obat-obatan dari resep dokter maupun resep sendiri, mampu mempercepat proses penyembuhan.

Obat Alami dan Perawatan

Untuk mengobati radang juga bisa dilakukan dengan melakukan perawatan yang sehat terhadap mulut anda, caranya yang pertama yang bisa anda lakukan yaitu dengan mengonsumsi air sebanyak-banyaknya. Minum air sebanyak-banyaknya bisa mempercepat proses penyembuhan radang mulut, dan lebih di anjurkan untuk mencampur garam ke dalam air lalu di kumur-kumur (lakukan setiap hari).

Cara kedua alami yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan lidah buaya. LIdah buaya mengandung antibakteri dan saponin yang merupakan senyawa yang dapat membunuh bakteri atau virus dalam mulut, caranya cukup oleskan lidah buaya pada bagian mulut yang sedang luka akibat radang. Cara ketiga dengan menggunakan es batu, es batu dapat membantu meredakan rasa nnyeri akibat radang mulut dan mempercepat proses pemulihan.

Itulah bebera cara yang ampuh untuk menyembhkan penyakit radang mulut yang sering mengganggu aktivitas anda sehari-hari, semoga bermanfaat.



Terimakasih telah membaca artikel berjudul Cara Ampuh Menyembuhkan Radang Mulut. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar