7 Daftar Oleh-oleh Khas Nias yang Wajib Kamu Coba

No Comments
Riuzinfo.com - Setiap daerah memiliki kekhasan tersendiri, yang tidak dimiliki oleh daerah lainnya. Misalnya, daerah jawa khususnya semarang, terkenal dengan bangunan Lawang sewunya, dan dikenal sebagai Kota Atlas. Kalau Nias terkenal dengan Lompat Batu dan Budayanya. Nias memiliki sejuta kekayaan alam, yang kebanyakan orang tidak mengetahui, bahwa Nias mempunyai surga tersembunyi yang belum tereksplor.

Jika kamu memiliki rencana untuk berlibur ke Nias, banyak sekali spot-spot wisata yang wajib kamu kunjungi. Namun, pada kesempatan kali kita akan membahas tentang Oleh-oleh khas Nias yang harus kamu tahu, jikalau ingin berkunjung ke tempat ini. Tentunya tidak afdol, jikalau kita berkunjung ke suatu tempat, tanpa membawa oleh-oleh dari suatu daerah, untuk di berikan kepada keluarga,dan teman-teman.

Berikut adalah oleh-oleh khas dari Nias yang wajib kamu coba yang bisa menggugah nafsu makan kamu.

Gowi Nifufu


Gowi Nifufu merupakan makanan khas dari Nias. Gowi nifufu terbuat dari bahan dasar singkong yang memiliki rasa yang sangat unik, cara pembuatannya pun tidak sama dengan cara memasak singkong pada umumnya. Pantas saja jika Makanan khas dari Nias ini memiliki rasa yang enak dan nikmat tentunya. Gowi Nifufu adalah makanan Pokok masyarakat Nias pada zaman dahulu, dimana di Nias pada masa itu, tidak memiliki stok beras yang cukup untuk sehari-hari, karena beras disini sangat langka pada saat itu. Makanya Gowi Nifufu menjadi makanan pokok masyarakat Nias. Tetapi setelah beberapa tahun selanjutnya, ketersediaan beras pada tempat ini tercukupi, sehingga kebiasaan memakan Gowi Nifufu sebagai makanan pokok mulai di lupakan oleh masyarakat Nias. Langkah yang di ambil untuk tetap mempertahankan Gowi Nifufu, supaya tidak hilang sampai beberapa Generasi, Gowi Nifufu di Jadikan sebagai Makanan khas Nias sampai pada saat ini.

Ni'owuru

Makanan khas Nias selanjutnya adalah Ni'owuru. Ni'owuru sudah menjadi makanan khas Nias dari dulu, dan setiap orang yang datang ke tempat ini pasti membeli Ni'owuru sebagai oleh-oleh khas Nias. Ni'owuru merupakan daging babi yang di asinkan, yang bisa bertahan lama, namun tidak menghilangkan rasa yang melekat dari daging ini.

Hambae Nititi


Mendengar namanya saja, terbesik di benak bagaimana rasa makanan khas nias yang satu ini. Hambae Nititi merupakan makanan khas nias yang terbuat dari kepiting, dimana cara memasaknya menggunakan santan kelapa. Kepiting dan santan kelapa di masak secara bersamaan sampai kering, sehingga hambae nititi mirip dengan abon. Kalau masalah rasa, Hambae nititi sudah tidak diragukan lagi, rasa gurih menjadi ciri khas makanan ini, Hambae Nititi biasanya di jadikan sebagai lauk. Untuk wisatawan yang mau mencicipi Hambae Nititi ini, bulan Mei, Juni, dan Juli adalah waktu yang tepat untuk bisa mencicipi makanan khas nias ini.

Kofö-kofö

Kofö-kofö merupakan makanan khas nias yang terbuat dari ikan. Ikan yang digunakan untuk membuat Kofö-kofö terlebih dahulu di kupas kulitnya, lalu daging ikan akan dimasak dengan santan kelapa yang telah diperas. Sebelum ikan ini di masak menggunakan santan kelapa ,terlebih dulu digoreng, untuk menciptakan cita rasa yang berbeda dari oleh-oleh khas nias. Teknik dan cara memasak Kofö-kofö memiliki berbagai macam cara, cara yang pertama adalah dengan menggoreng dan setelah itu di masak dengan santan kelapa. Selanjutnya cara kedua adalah dengan ditumbuk, ikan sebelum di goreng akan ditumbuk sampai halus, lalu dicampur dengan telur setelah itu baru di steam.

Kain Khas Nias

Nias juga memiliki kain yang bagus untuk dijadikan oleh-oleh. Baju khas Nias memiliki warna yang begitu mencolok, yaitu perpaduan antara warna merah, kuning, dan hitam. Setiap daerah atau kabupaten yang ada di pulau nias memiliki bentuk dan warna tersendiri dari bajunya. Nias juga memiliki kain Batik yang memiliki desain yang cukup unik dan berbeda dengan yang lainnya. Bahan dari kain batik nias tidak sembarangan, dimana bahan kain ini asli di ambil dari kapas yang telah di pintal, sehingga kain batik Nias memiliki harga yang sangat mahal.

Lehe Dalö Nifangae



Lehe dalo Nifange adalah kuliner yang cukup terkenal di Nias. Kuliner ini terbuat dari talas yang direndang. Kuliner satu ini sering menjadi lauk para warga Nias dan biasanya dinikmati dengan sagu.
Rasanya cukup bikin ngiler meskipun bahannya terbuat dari talas.

Silio Guro

Makanan khas nias yang mirip dengan pepes ini, memiliki nama yang unik yaitu Silio Guro. Dengan ciri khas di masak menggunakan daun pisang, silio guro merupakan makanan khas nias yang sangat terkenal dengan rasanya yang sangat enak. Jika penasaran dengan silio guro, datanglah ke Pulau Nias. Silio Guro terbuat dari daging udang yang segar, dimasak dengan cara di panggang di atas bara api, dan di campur dengan kelapa yang telah di campur dengan bumbu.

Itulah 7 daftar Oleh-oleh khas Nias yang wajib kamu coba, semoga bermanfaat.

 

Terimakasih telah membaca artikel berjudul 7 Daftar Oleh-oleh Khas Nias yang Wajib Kamu Coba. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar