Jenis-jenis Kain Batik

No Comments
Riuzinfo.com - Sahabat Riuzinfo.com pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai Jenis-jenis kain yang di pakai untuk membuat Batik. Mungkin dari sahabat semua sudah tahu apa saja jenis kain yang digunakan untuk membuat Batik, tetapi mungkin juga dari beberapa dari sahabat ada yang belum memahami secara detail jenis kain yang di butuhkan untuk membuat batik.



Kain batik yang digunakan Untuk membatik bukanlah kain sembarangan, hanya kain tertentu saja yang bisa di gunakan untuk membuat batik. Maka dari itu, kita tidak heran jika harga batik yang kita jumpai di berbagai daerah mempunyai harga yang sangat tinggi, semakin bagus kain yang digunakan untuk membuat batik semakin tinggi juga harga yang ditawarkan untuk sebuah batik tersebut. Batik terkenal sampai ke Manca Negara karena bentuk corak dan tekstur yang ada pada batik sangatlah menawan, sehingga setiap mata yang melihatnya ingin memilikinya.

Lain dengan kaos oblong, kain yang digunakan untuk membuat batik adalah kain yang mempunyai kriteria dan tekstur yang bagus. Berikut adalah jenis-jenis kain yang digunakan untuk membuat batik.

Kain Sutera

Siapa yang tidak mengenal kain sutera, kain sutera adalah salah satu kain terindah di Dunia. Kain Sutera juga memiliki harga yang sangat fantastis, bagaimana tidak, kain Sutera terbuat dari serat kepompong yang dihasilkan dari larva ulat sutra  murbei. Kain sutera terkenal dengan ciri khas kainnya yang memiliki tekstur sangat lembut dan mulus, dan juga di tambah dengan kilauan yang di pancarkan oleh kain ini yang menambah kemewahan baju yang terbuat dari sutra.

Kain Katun

Selanjutnya kain yang digunakan untuk membatik adalah kain katun. Kain katun sudah sangat familiar di semua kalangan, karena bahan kain yang satu ini banyak digunakan untuk membuat sebuah baju kaos ataupun kemeja. Kain katun juga mempunyai tekstur kain yang lembut dan dingin, kain katun atau nama lainnya cotton meruapakan kain yang terbuat dari tumbuhan kapas yang di olah sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah kain dengan kualitas sangat tinggi. Kain katun juga tersiri dari berbagai jenis diantaranya sebagai berikut
Baca Juga : Yuk kenali batik Indonesia beserta jenisnya

  • Bahan Grey, Bahan kain batik yang digunakan untuk membuat batik yang prosesnya masih setengah jadi, dikarenakan untuk memotong harga dari kain batik yang digunakan.
  • Bahan Prima 60/70, kain batik yang digunakan untuk harga yang lebih ekonomis, namun tidak berarti batik ini jelek
  • Bahan Prima Super, bahan kain batik yang biasanya digunakan untuk pembuatan seragam sekolah, yang tentunya mempunyai harga yang lebih relatif murah dan bahannya lebih tebal dari prima biasa karena pintalan benangnya lebih banyak.
  • Bahan Prima Mercerize Sanforized, Bahan kain batik prima mercerize sanforized memiliki tekstur yang lembut, namun yang membedakan kain ini dengan yang lainnya adalah benang yang digunakan agak lebih tipis, sehingga kainnya rapat.

Kain Serat Nanas

Kain Serat Nanas juga sering digunakan untuk pembuatan batik. Ciri khas yang ada pada kain ini adalah bentuk kainnya yang mengkilap dan sangat mewah jika dilihat oleh mata.

Kain Mori

Kain batik yang di gunakan untuk pembuatan batik selanjutnya adalah kain Mori. Kain Mori merupakan kain putih hasil tenun dari kapas. Kain Mori yang biasanya digunakan untuk membuat batik terdiri dari 2 jenis kain yaitu kain yang sudah mengalami proses pemutihan (bleaching) dan kain mori yang belum di putihkan atau Blacu. Kain Mori sering di jadikan sebagai kain pembuatan Batik karena bentuk tekstur kain ini sangat lembut, jadi sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan kain Batik.

Itulah jenis-jenis kain yang digunakan untuk membuat batik, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang batik Indonesia.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Jenis-jenis Kain Batik . Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar