Nias Maju!!! Nias Sebagai Tuan Rumah Sail Indonesia 2019

No Comments
Riuzinfo.com - Yaahowu!!! Nias Maju, nias di nobatkan sebagai tuan rumah sail nias 2019. Berita kali ini datang dari Sumatera Utara, khususnya Pulau Nias. Pulau Nias di kenal dengan keanekaragaman Budayanya yang sangat luar biasa, kekayaan budaya Nias menjadi sorotan bagi para pemerintah untuk terus mengembangkan apa yang ada di Nias. Bukan karena hanya Lompat Batu nya, Nias di kenal juga dengan Keindahan Pariwisatanya, khususnya pantai.

Sail Nias 2019

Pantai Pulau Nias dikenal sebagai pantai terindah yang dimiliki oleh Indonesia, bagaimana tidak salah satu pantai yang ada di Nias yaitu Pantai Sorake di gadang-gadang sebagai pantai terbaik untuk melakukan Surfing tingkat Internasional, Ombaknya yang mencapai tinggi hingga 10-15 meter memacu adrenalin para peselancar dari Mancanegara untuk menjajal ketinggian ombak Pantai Sorake.

Oleh beberapa Menteri Republik Indonesia meliputi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman melalui Deputi Bidang Koordinasi SDM, IPTEK, dan Budaya Maritim Pada acara Launching Sail Nias 2019, dengan Tema "Nias Menuju Destinasi Gerbang Wisata Bahari" Jakarta, 14 Maret 2019 meresmikan Nias sebagai Tuan Rumah Sail Indonesia 2019.

Baca Juga : 8 Destinasi Wisata Jawa Tengah yang Bikin Kamu Terpana

"Penunjukan Nias sebagai kandidat tuan rumah Sail Indonesia ini pun tentu bukan tanpa alasan. Hal ini dinilai dari sejumlah atraksi-atraksi yang disuguhkan oleh masyarakat Nias," kata Asisten Deputi Budaya, Seni dan Olahraga Bahari, Kemenko Bidang Kemaritiman, Kosmas Harefa dalam sambutannya saat membuka Diskusi Persiapan kegiatan Sail Indonesia 2019 melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (20/11/2018) sumber : KOMPAS.com

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoli yang sekaligus sebagai Panitia Sail Nias 2019, mengatakan Penunjukkan Nias sebagai tuan rumah tidak terlepas dari keindahan Wisata Bahari yang dimiliki oleh Pulau Nias. Beberapa diantaranya yaitu Potensi laut, Pariwisata, dan Perikanan yang sangat besar. Nah, dengan di selenggarakannya acara Sail Nias 2019 ini, kita berharap Nias akan menjadi Gerbang destinasi wisata Dunia. Untuk itu dibutuhkan kerjasama atau Kolaborasi  dari berbagai pihak, ujarnya.

Baca Juga : 10 Tips berpergian ke Luar Negeri Bagi Pemula

Berbagai Apresiasi juga muncul dari para Pemerintah daerah, salah satunya adalah Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan. Semantara itu, Bupati Kabupaten Nias Selatan Hilarius Duha mempunyai harapan yang baik terhadap Sail Nias 2019 ini, dia berharap Sail Nias 2019 lebih besar daripada Nias Pro yang telah beberapa kali di adakan di Pulau Nias sebelumnya.

Pantai Sorake Nias

Menteri Puan Maharani juga memberikan Apresiasi yang sangat Luar biasa pada Sail  Nias 2019 ini, terlebih-lebih kepada semua lembaga yang telah mendukung dan menyukseskan berjalannya acara ini nantinya. " Setahu saya, hingga saat ini belum ada tempat menginap yang representatif untuk mempromosikan nias. Ini menjadi tantangan kita untuk menarik para investor supaya tertarik menanam investasinya". Ujar Menteri Puan Maharani.

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan selama Sail Nias berlangsung yaitu Festival Lompat Batu Sekepulauan Nias, Parade Kapal Nelayan Tradisional, Kuliner, Wonderfull foto tourism expo, wind surfing, Fishing tournament sail Nias, Free diving competition, Gebyar Kopi, dan Masih banyak lagi acara yang bisa dinikmati selama acara ini berlangsung.

"Nias Menuju Destinasi Gerbang Wisata Bahari" tema Sail Nias 2019, akan dimeriahkan oleh 18 rangkain kegiatan menarik dan tentunya sangat seru. Sail Nias 2019 akan berlangsung selama 3 bulan di 5 Kabupaten kota Pulau Nias, mulai bulan Juli hingga September 2019 mendatang.







Terimakasih telah membaca artikel berjudul Nias Maju!!! Nias Sebagai Tuan Rumah Sail Indonesia 2019. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar