Tips Cara Cepat Baca Jurnal Ilmiah

No Comments
Riuzinfo.com - Jurnal merupakan bagian dari kehidupan mahasiswa, bagaimana tidak, setiap tugas yang di berikan oleh Dosen selalu berkaitan dengan Jurnal. Tidak sedikit tugas yang diberikan oleh Dosen selalu berkaitan dengan jurnal. Kenapa? karena referensi dari jurnal lebih banyak dari sumber yang lainnya. Lagi pula Data dari setiap jurnal selalu up to date. Sehingga wawasan setiap mahasiswa akan hal-hal terbaru selalu terbuka. Disisi lain, Mahasiswa yang baru mulai meraba-raba dengan jurnal tentunya akan kewalahan, jika tidak bisa membaca jurnal tersebut dengan baik



Membaca jurnal merupakan sebuah kewajiban bagi setiap mahasiswa yang duduk di perkuliahan, tetapi diantara beberapa mahasiswa juga tentunya ada yang masih belum mengetahui bagaimana sih membaca jurnal dengan cepat dan benar? Bagi kamu yang masih belum terlalu bisa membaca jurna dengan cepat dan benar, jangan khawatir. Kali ini Riuzinfo.com akan membagikan tips membaca Jurnal dengan cepat dan baik, percayalah tips ini akan sangat membantu kamu dan teman-teman lainnya.

Berikut adalah Tips dan Trik Cara cepat baca jurnal Ilmiah :

Mulai dengan membaca Abstrack 

Abstrack merupakan penjelasan singkat dari sebuah jurnal maupun artikel. Nah, kalau di dalam jurnal biasanya pada bagian akhir terdapat Keyword (kata kunci), kamu harus mengetahui kata kunci dari jurnal tersebut untuk memudahkan kamu membaca isi jurnal selanjutnya.

Baca bagian Introduction (Pendahuluan)

Pada bagian Introduction, kamu tidak perlu membaca semua isi dari tulisan jurnal yang kamu teliti, itu akan membuang banyak waktu kamu. Tips untuk membaca cepat bagian Indtroduction yaitu kamu cukup membaca bagian Alinea pertama, selanjutnya Alinea Ke-Dua, dan Alinea Ke-Tiga. Cara ini sangat ampuh untuk membaca cepat jurnal, karena biasanya inti kalimat dari Introduction berada pada alinea-alinea tersebut. Sehingga kamu tidak perlu capek-capek membaca semua bagian Introduction yang ada di jurnal.

Pahami Hipotesis

Apa itu Hipotesis? Hipotesis adalah sebuah anggapan dasar atau jawaban sementara terhadap salah satu masalah yang bersifat praduga dan masih dibutuhkan pembuktiannya atau pembenaran akana masalah tersebut, dengan cara mengumpulkan data melalui penelitian. Jika kamu sudah memahami Hipotesis dari jurnal yang akan kamu teliti, selanjutnya akan memudahkan kamu untuk bisa mengerti isi jurnal yang sedang kamu teliti.

Pahami Alur pikir atau KPT jurnal 

Cara cepat untuk membaca jurnal selanjutnya adalah dengan memahami kerangka pikir teoritis sebuah jurnal tersebut. Pada KPT sebuah jurnal kamu harus mengetahui apa saja yang menjadi Variabel Dependen dan Variabel Independen pada jurnal. Jika kamu sudah mengetahui dua hal ini, akan memudahkan kamu untuk memahami penjelasan yang ada di dalam jurnal. Apa saja yang sudah dia lakukan dalam jurnal tersebut, apa yang dia teliti pastinya akan di cantumkan.

Result

Nah, selanjutnya tips yang kamu lakukan adalah dengan membaca result dari jurnal yang kamu teliti. Dari hasil ini, kita bisa mengetahui apa saja hasil dari penelitian yang di lakukan oleh peneliti. Apakah dalam hasil penelitiannya terdapat sebuah pengaruh yang signifikan atau pun sebaliknya, dan tentunya akan di barengi dengan data real yang peneliti kumpulkan selama ia melakukan penelitian.

Baca Sumarry

Sumarry atau kesimpulan merupakan sebuah bagian yang harus kamu baca dalam jurnal. Dalam kesimpulan ini, peneliti akan menuangkan ide kreatifnya tentang sesuatu hal yang ia teliti, bagaimana hal tersebut bisa berpengaruh signifikan atau tidak signifikan. Dari keseluruhan isi jurnal akan kita lihat hasilnya di sumarry. Setelah kamu membaca sumarry dari jurnal tersebut, selanjutnya buat catatan kecil atau rangkuman dari hasil jurnal yang telah kamu baca tadi.

Tips, jika kamu sudah membaca jurnal dari awal Inroduction sampai Sumarry, kamu harus kembali lagi ke abstrack, untuk memastikan apakah yang kamu tangkap dari isi jurnal sesuai atau tidak, jika tidak kamu membaca lagi isi jurnal yang tidak sesuai dengan yang kamu baca.





Terimakasih telah membaca artikel berjudul Tips Cara Cepat Baca Jurnal Ilmiah. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar